Plat Genap Ganjil

Kemarin, dalam perjalanan menuju Kantor salah satu klien, dari salah satu stasiun radio ada obrolan mengenai pemberlakuan plat genap-ganjil yang rencananya akan diberlakukan mulai Maret 2013. Rencana ini merupakan tindak lanjut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan Kepolisian dalam mengupayakan penguraian kemacetan. Saya pribadi setuju dengan rencana ini mengingat Jakarta sehari-hari benar-benar memikul beban kemacetan yang semakin hari semakin parah.

Dari obrolan di radio itu, beberapa orang dimintai pendapat. Bisa saya katakan sebagian besar menolak. Ada yang alasannya bisa saya mengerti, seperti kondisi transportasi publik yang tidak memadai, tidak layak jalan, penuh sesak, hingga supir yang ugal-ugalan. Tetapi ada juga yang menolak dengan alasan yang tidak bisa saya mengerti. Seperti ini, “wah, saya tidak ,Mau, kendaraan yang saya punya platnya segenap semua”. Asli, saya terperangah mendengar jawaban itu. Wow, yang sedang kita bicarakan adalah seminimal mungkin menggunakan kendaraan pribadi untik mengurangi kemacetan, bukan mencari altermatif kendaraan pribadi lainnya.

Saya pribadi setuju dengan rencana tersebut. Asalkan, segala sesuatunya jelas tertera hitam di atas putih. Harus jelas, kebijakan ini ditujukan pada siapa. Perbedaan tentunya tidak berdasarkan materi atau jabatan. Misalnya, pengecualian untuk kendaraan umum, ambulans, Mobil pemadam kebakaran, Mobil jenazah, Dan kendaraam diplomatik.

Perlu kerjasama dari seluruh masyarakat untuk menciptakan Jakarta yang bebas macet,. Sahabat-sahabatku, ikut mendukug.

Warmest Regars,
Me – the Web Owner

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.