Menyiapkan Pendidikan Terbaik

Tahun lalu saya berencana memasukkan putra sulung saya ke PAUD di mesjid komplek. Pertimbangan saya, lokasinya sangat dekat dengan rumah – kalau ada apa-apa, gampang jemputnya, biayanya murah – kalau tidak salah ingat Rp 20.000/ bulan, dan pengajarnya adalah tetangga sendiri – kalau mau konsultasi perkembangan anak, lebih mudah juga toh. Tetapi, saya kecewa saat mendaftar pihak pengajarnya menolak – dengan halus sih. Menurut beliau, anak-anak yang belajar di sana usianya minimal 3 tahun (saat itu usia Aidil 3 tahun kurang 4 bulan), sudah bisa duduk manis di depan meja (karena program belajar di sana adalah ‘Calistung’), dan tidak boleh berlari kesana kemari. Dan faktanya, anak saya hobi lari-lari dan loncat kesana kemari.

Akhirnya, saya memutuskan untuk mencarikan dia sekolah yang tidal terlalu dibebani dengam pelajaran mengingat usianya yang masih dini. Saya justru lebih memilih sekolah yang memberikan kesempatan anak mengeksplorasi kesukaannya, diberikan ilmu dasar agama, dan mengasah kemampuan berkomunikasinya -anak saya agak takut dan malu kalau bertemu dengan orang baru.

Setelah tanya sana sini, bertemulah saya dengan sekolah yang menurut saya saat itu – cocok untuk anak saya. Sekolahnya semi sekolah alam, sejak awal orangtua ditekankan untuk tidak berharap putra-putrinya langsung lancar membaca, menulis, dan berhitung saat lulus dari jejang Play Group. Tiga hal utama yang ingin dicapai adalah melatih anak berkomunikasi dengan orang lain, di luar keluarganya, membangun kemandirian anak, dan mengajarkan etika dan tatakrama pada anak. Tiga hal yang sungguh luar biasa menurut saya karena menjadi modal dasar kehidupannya. Sekolah tersebut juga mencanangkan prestasi yang harus dicapai peserta didik saat lulus dari PlayGrup, yakni hafal 5 doa, 5 hadist, dan 5 surat pendek. Subhanallah, semoga kalian berhasil ya, nak. Aamiin.

Kemarin, program dari sekolah adalah Kunjungan Edukasi ke Pasar Swalayan ADA dengan tema “Mengenal Produk Makanan dan Minuman Halal”. Wah, kecil-kecil sudah berhalalria ya….. Anak saya saay ini sudah hafal 3 doa lho, kosakatanya semakin bertambah, dan semakin semangat bersekolah. Semoga kita senantiasa dimudahkan oleh Allah untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putri kita. Dan semoga Allah senantiasa curahkan rahmatNya bagi para pendidik yang telah memberikan ilmu dengan ikhlas. Aamiin.

Warmest Regards,

The New Me Rich Lina

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.