KAYA

Apakah menjadi kaya adalah impian setiap orang? Impian saya, anda, dan banyak orang lainnya. Ada orang yang merasa bahwa hidup ya seharusnya kaya, supaya bisa memenuhi semua kebutuhan dan keinginan. Ada pula orang yang beranggapan, tak perlu kaya, yang penting cukup. Cukup untuk makan, minum, pendidikan, tempat tinggal, hiburan, wah… cukup untuk semuanya pokoknya. Ada lagi orang yang berpikir bahwa kaya secara materi itu tidak perlu, yang penting kaya hati.

Setiap usai menunaikan ibadah sholat, salah satu doa saya seperti ini:

Ya Allah.. Jadikan putera-puteriku sebagai anak-anak yang shalih dan shalihat

Jadikan mereka generasi penerus negeri ini yang kaya, hebat, dan bermanfaat bagi bangsa dan umat

 

Bagi saya, negeri ini memang harus diisi oleh tunas muda bangsa yang kaya, mengapa? Tak bisa dipungkiri, pembangunan negeri, kesejahteraan memerlukan modal secara materi. Negeri ini juga memerlukan generasi muda yang hebat. Putera-puteri bangsa yang cerdas namun tetap rendah hati. Tentunya, kekayaaan dan kecerdasan tersebut haruslah bermanfaat, tidka hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain, orang banyak, masyarakat luas, hingga saya sebut untuk bangsa dan umat.

Namun, sayangnya ada orang yang masih saja merasa dirinya miskin sehingga perlu dikasihani. Naudzubillahi min dzalik. Kaya adalah masalah mental. Bukan hanya melihat dari banyak tidaknya harta seseorang. Merasa miskin sehingga memerlukan beragam surat ini dan itu agar dapat memperoleh sesuatu dengan biaya murah, bahkan kalau perlu – GRATIS. Alangkah ruginya orang-orang yang seperti ini. Di saat jutaan masyarakat miskin negeri ini memerlukan kepedulian dari orang-orang yang dirasa jauh lebih mampu, ternyata ada segelintir orang mampu yang mundur dari barisannya dan memilih untuk terjun dan berbaur dengan orang yang tak mampu dalam arti sebenarnya.

Bagaimanapun keadaan kita, tetaplah merasa kaya. Agar dengan sendirinya kita tak pernah merasa berat untuk mengeluarkan sedekah. Kaya berarti banyak harta, banyak kesempatan berderma. Mengutip kalimat dari Inspirator Sukses Mulia – Jamil Azzaini, “merasalah kaya, agar Allah kayakan kita”. Bagaimana pendapat teman-teman?

 

Warmest Regards,

Me – The Web Owner

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

No Comments

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.