Melina Sekarsari

Menuliskan Masa Lalu, Hari Ini, dan Masa Depan

Tujuh (7) Tips Berpetualang Seru dan Nyaman di Bogor Mini Zoo

Di kepala saya, The Zoo akan selalu menjadi tempat menarik untuk segala usia. Terutama anak-anak. Sejak kecil sampai jadi ibu-ibu, tidak terhitung berapa kali saya main ke Kebun Binatang Ragunan. Murah meriah. Ya, dong. Taman Safari, sudah pasti jadi kebun binatang favorit. Pemandangannya bagus, udaranya pun segar. Kalau Bogor Mini Zoo? Wah, saya yang tinggal di Bogor pun baru tahu. Berawal dari flyer dari salah satu WA Group, meluncurlah kami ke sana. Mau tahu serunya?

 Bogor Mini Zoo berlokasi di Jl. RE. Soemantadiredja No.99, Pamoyanan, Bogor Selatan, Kota Bogor. Tempat wisata ini terintegrasi dengan kawasan The Forest Resort Hotel di Bogor Green Forest. Kami menginap satu malam di The Forest Resort Hotel. Hitung-hitung mencari suasana akhir pekan yang berbeda. Sejak sebelum hari H, anak-anak sudah ramai mau berenang dan naik kuda poni. Mengingat kegiatan akan banyak, saya sengaja menyiapkan banyak pakaian ganti untuk anak-anak. Hasilnya, tas terasa berat, hohoho … Di tengah perjalanan, baru teringat kalau terlupa membawa krayon dan gunting. Akhirnya, mau tidak mau kembali lagi ke rumah. Lho, katanya mau berenang dan naik kuda poni, kok bawa-bawa krayon dan gunting? Tunggu ya, nanti saya ceritakan.

  1. Jarak dari rumah kami ke Bogor Mini Zoo tidak terlalu jauh. Sekitar 8,3 km saja. Begitu tiba di lokasi, anak-anak sudah kegirangan. Tidak sabar lagi mau berenang. Salah satu teman saya dan keluarganya ikut menginap di sini. Saat check in, saya mencoba meminta kamar yang berdekatan. Keputusan saya memilih kamar dengan pemandangan pegunungan, tepat sekali. Cantik!
  2. Kolam renang di The Forest Resort Hotel ini cukup nyaman untuk anak-anak dan dewasa. Pastikan saja bahwa anak-anak tidak ikut masuk ke kolam renang dewasa. Ada dua ayunan berkapasitas masing-masing dua orang. Banyak tersedia juga meja beserta kursinya jika hanya ingin menikmati udara segar. Cuaca agak mendung saat kami tiba di sana. Anginnya juga cukup kencang. Anak-anak sih bersikeras mau berenang sementara saya sibuk menahan barang bawaan berupa handuk dan sandal dari terpaan angin. Padahal rasa hati ingin duduk-duduk di ayunan sambil membaca novel.
  3. The Forest Resort Hotel tidak menyediakan fasilitas restoran 24 jam. Jadilah, selepas maghrib kami mencari makan malam di luar. Cari, cari, cari, diputuskanlah makan di Warung Ngariung di daerah Bondongan, masih di Bogor Selatan. Jaraknya sekitar 4,2 km dari hotel. Ini menjadi acara makan malamnya para orang dewasa karena anak-anak sudah cemberut, ribut kembali ke hotel karena mengantuk. Akhirnya pulanglah kami dengan perut sangat kenyang. Harus segera istirahat karena acara intinya ada di esok hari. Ngapain, ya?
  4. Sabtu, 6 Januari 2018 merupakan acara inti dengan judul Ameng Bareng Sekar yang diadakan di Bogor Mini Zoo. Nah, ini alasannya kami memutuskan menginap di kawasan yang sama. Ameng Bareng Sekar merupakan salah satu program outing yang diperuntukkan anak-anak usia 2 – 11 tahun. Ada kegiatan mengeksplorasi 25 satwa, menunggang kuda poni, menangkap ikan, serta mewarnai dan membuat topeng bertema satwa. Anak-anak cukup membayar Rp 85.000/orang dan dewasa Rp 30.000/orang.
  5. Dari area parker The Forest Resort Hotel, kami masih harus menempuh perjalanan ke arah bawah. Informasi dari petugas, rombongan yang akan berkunjung ke Bogor Mini Zoo difasilitasi kendaraan dari hotel berupa angkutan kota untuk menuju lokasi. Tidak diperkenankan membawa kendaraan pribadi karena tidak tersedia lahan parkir di bawah sana. Naik angkutan kota kalau ramai-ramai dan mau piknik, seru juga, lho. Jalanan menuju Bogor Mini Zoo sudah menggunakan conblock rapi. Jalurnya wow … menurun dan menikung tajam. Harus ekstra hati-hati melintasinya. Sampai di pintu gerbang bertuliskan Bogor Mini Zoo, keasyikan sudah terasa. Pertama kali, kami disambut kawasan domba yang lucu-lucu.
  6. Ameng Bareng Sekar baru akan dimulai pukul 08.30, kami tiba terlalu awal. Setelah melakukan registrasi, anak-anak bermain-main dulu. Tersedia permainan perosotan, jungkat-jungkit, ayunan, dan trampolin. Anak-anak Sensing saya semangat sekali berlarian mondar-mandir main perosotan dan entah berapa kali lompat-lompat di trampolin. Acara belum dimulai, keringat sudah berleleran.
  7. Acara terdiri dari tiga sesi dan dibagi menjadi tiga kelompok, bergantian. Anak-anak saya dan teman, masuk ke dalam kelompok yang sama. Menunggang kuda poni, mewarnai dan membuat topeng bertema satwa, dan eksplorasi aneka satwa. Ada dua kuda poni di sana, yang berwarna hitam lebih lincah, sedang kan yang berwarna cokelat jalannya agak-agak kesusahan, menurut saya. Mungkin karena postur tubuhnya yang aduhai berisi.
  8. Acara paling lama tentu di bagian eksplorasi aneka satwa. Semula saya kira areanya kecil saja. Ternyata luas, treknya naik turun, ditambah matahari yang sinarnya mulai tepat di atas kepala. Panas tapi seru. Di sana ada koleksi burung nuri dari Afrika yang jinak. Anak-anak bolak-balik minta burung-burung itu hinggap di tangan mereka. Ada juga koleksi kerbau lokal, kerbau bule, sapi bule, kelinci, marmut, ayam, ayam mutiara, hamster, domba, sapi perah, sapi pembajak, kura-kura, merak, angsa dan aneka ikan.
  9. Sambil jalan-jalan menikmati suasana, saya sibuk mengambil gambar, dan buru-buru upload ke Instagram. Ada doorprize dari Ameng Bareng Sekar untuk postingan dengan gambar dan caption yang paling seru. Setelah berhasil mengunggah beberapa foto, akhirnya saya menyerah. Menikmati piknik yang sesungguhnya tentu lebih asyik. Hasilnya, kami tidak menang. Tidak masalah, acara intinya sangat dinikmati oleh anak-anak. Mereka senang, ibu juga senang dong, ya.

Untuk teman-teman yang mau berkunjung ke Bogor Mini Zoo, berikut beberapa tips untuk dipertimbangkan:

  1. Stay Overnight

Kalau tempat tinggal berjauhan dengan lokasi ini, disarankan untuk menginap saja di The Forest Resort Bogor. Kawasan yang terintegrasi membuat kegiatan lebih praktis. Udaranya masih bersih dan suasananya tenang. Seperti penginapan pada umumnya, check in dimulai pukul 14.00. Sore harinya bisa memilik kegiatan berenang atau langsung jalan-jalan ke Bogor Mini Zoo. Bisa juga sebaliknya. Di Bogor Mini Zoo memang banyak pepohonan dan hijau banget, tapi kalau sudah mulai siang, panasnya tetap terasa. Lebih enak mengeksplor aneka satwa saat sedang adem, kan?

2. Choose Your View

Bagi yang mau menginap di The Forest Resort Hotel, penginapan ini menyediakan dua pemandangan, ke arah kota dan ke arah pegunungan. Bagi yang memilih ke arah kota, jangan khawatir, pemandangan pegunungannya tetap terlihat. Bagi yang memilih pemandangan pegunungan, selamat! Kamu sudah memutuskan pilihan yang tepat. Begitu membuka jendela, berdiri di balkon, indaaah sekali menyaksikan pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede di sisi kiri dan kanan. Tapi hati-hati ya, di kejauhan ada komplek kuburan Cina yang luas. Kalau takut, pilih pemandangan kota saja, deh.

3. Sediakan Topi Lebar, Payung, dan Pakaian Ganti

Pastikan membawa topi lebar dan payung. Untuk berjaga-jaga saat terik matahari mulai menyapa atau hujan tiba-tiba turun. Kemarin saya membawa dua topi lebar juga. Agak repot, tapi bermanfaat. Saat panas dan tubuh berkeringat, anak-anak pasti sudah merasa tidak nyaman. Pastikan membawa pakaian ganti ya, teman-teman. Belum lagi kalau anak-anak mau ikutan menangkap ikan. Sudah deh, pokoknya topi lebar, payung, dan pakaian ganti, wajib dibawa.

4. Bekal Air Minum yang Cukup

Namanya jalan-jalan, panas, apalagi kalau diselingi dengan permainan seperti anak-anak saya itu, judul akhirnya selain lelah pasti haus. Pastikan membawa bekal air minum yang cukup ya, teman-teman. Pilih air mineral saja supaya lebih sehat. Hindari minuman dingin dan berwarna di bawah terik matahari. Dahaga hanya hilang sesaat, tapi setelah itu jadi mudah terserang batuk atau pilek.

5. Aktif Membaca Papan Nama

Pengelola Bogor Mini Zoo telah menyediakan papan nama di setiap kandang untuk memberikan informasi mengenai satwa di kandang tersebut. Para orangtua disarankan aktif membacakan untuk putra-putrinya, ya. Apalagi kalau mereka sudah bisa membaca sendiri. Yuk, kita dorong untuk gemar membaca. Pasti lebih asyik kalau liburannya bukan hanya seru tapi juga edukatif. Hati senang, wawasan bertambah. Jangan ragu untuk bertanya atau meminta informasi lebih kepada petugas. Rasa ingin tahu anak-anak biasanya tinggi sekali. Pastikan mereka memperoleh informasi yang benar.

6. Feeding the Animals

Di Bogor Mini Zoo, pengunjung boleh lho ikut memberi makan satwa. Anak-anak pasti suka. Ada beberapa anak yang mungkin takut. Tapi boleh dong, dirayu untuk ikutan juga. Kapan lagi coba ikutan memberi makan kerbau, sapi, kelinci, domba, dan teman-temannya? Tentu sesuai dengan makanan mereka yang sudah disediakan oleh pengelola, ya. Awas, jangan sampai memberikan makanan yang tidak diperuntukkan bagi mereka seperti biskuis, roti, keripik, dan yang lainnya. Jaga satwa-satwa itu tetap sehat, yuk.

7. Acara Pribadi atau Komunitas? Sama Serunya, Kok!

Berkunjung ke Bogor Mini Zoo dengan keluarga inti atau keluarga besar, sama okenya. Untuk yang membawa orang yang sudah berusia lanjut, dipertimbangkan lagi ya teman-teman, sebab treknya yang naik turun sehingga pastinya membuat lelah. Tiket masuk seharga Rp 35.000/orang (usia 2,5 – 8 tahun) dan Rp 40.000/orang untuk dewasa. Informasi mengenai Bogor Mini Zoo bisa diakses melalui www.bogorminizoo.com. Saat ini fasilitas kendaraan yang disediakan hotel menuju lokasi masih berupa angkutan umum. Kabarnya, nantinya Bogor Mini Zoo juga akan menyediakan fasilitas mobil keliling, becak, dan sepeda sewaan. Kita tunggu saja, ya.

Mau ikut acara komunitas seperti Ameng Bareng Sekar ini juga oke. Anak-anak bertemu dan dapat berinteraksi dengan teman-teman yang lain. Ada kakak-kakak guru yang membimbing, memandu, mengajak ngobrol, dan baik hati karena bagi-bagi hadiah. Ameng Bareng Sekar sendiri merupakan program dari SEKAR (Sekolah Keluarga Empat Pilar) yang merupakan komunitas berbasis Pusat Pendidikan dan Pengembangan Keluarga. Cocok untuk para orangtua yang masih memiliki anak-anak berusia antara 2 – 7 tahun. Kegiatan mereka bagus-bagus. Kapan-kapan bolehlah ikutan lagi. Kalau mau tahu informasi mengenai SEKAR ini, follow saja akun Instagram @AmengBarengSekar.

Usailah keseruan kami berpetualang ria di Bogor Mini Zoo. Tidak pakai lama, tidak pakai jauh, tapi InsyaAllah anak-anak suka. Kapan-kapan kamu main ke Bogor Mini Zoo juga, yaaa …

 

The Happier Me,

Melina – A Mom, Trader, Investor, Willing to Write Productively, Making Money from Anywhere & Anytime

 

2 comments found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.