Noly dan Roti Keju

Sepasang mata menatap Noly dari balik keranjang kue. Mulanya Noly tidak peduli. Tetapi lama-kelamaan Noly merasa risih. Sepasang mata itu terus menatapnya. Noly mencoba menyingkir. Ia berjalan ke sebelah kiri. Anehnya, sepasang mata itu ikut melirik ke arah Noly berdiri kini. Noly lalu mencoba bergeser ke kanan. Lagi-lagi sepasang mata itu mengikuti arah kakinya bergerak. Noly takut. Dia bingung, bagaimana mungkin ada sebuah roti keju yang mempunyai mata?

Hari berikutnya, sepasang mata itu kembali mengawasi gerak-gerik Noly. Kali ini, ada sesuatu yang baru disadari Noly. Benda bulat itu mempunyai bibir yang tampak cemberut. Sepasang mata yang mengawasinya itu juga tampak berbeda dari sebelumnya. Ada kesedihan muncul di sana. Noly mulai merasakan keanehan. Tapi dia tidak peduli. Noly terus saja melanjutkan bermain boneka sambil sesekali mengambil potongan pisang goreng di atas piring. Sudah satu jam Noly bermain boneka dan dia merasa sangat bosan. Ditinggalkannya kamar itu. Dua potong pisang goreng yang tersisa tampak berantakan karena tercabik-cabik di sana-sini.

Malam berikutnya, Noly tidak bisa tidur. Ia mendengar suara-suara yang mengganggu. Noly menarik selimut dan membiarkan tubuhnya tertutupi hingga kepala. Dia begitu ketakutan. Suara isakan yang semula terdengar lirih, mulai terdengar sangat jelas. Noly sampai tidak berani membuka kembali selimutnya. Isakan itu terdengar jelas di telinga kirinya.

Bagaimana jika ia membuka selimut lalu makhluk yang menangis itu mencekiknya? Hiyy … Noly tidak bisa membayangkan itu. Tetapi, tunggu! Noly merasakan ada tangan yang begitu kurus dan kecil menarik-narik selimutnya. Sekuat tenaga Noly berusaha melawan. Tetapi tangan kurus itu begitu kuat. Noly memegang erat selimutnya sampai hampir menangis.

Tiba-tiba, selimut itu terlepas dan Noly bisa melihat dengan jelas sesuatu di depan matanya. Sebuah roti keju yang berukuran besar, sebesar kepala Noly. Sepasang matanya mengeluarkan air mata, bibirnya mengerucut sedih. Taburan keju parut di atas kepalanya memanjang dan berubah menjadi tangan. Rupanya ia yang tadi menarik-narik selimut Noly. Gadis kecil itu ketakutan. Dia berteriak memanggil-manggil kedua orangtuanya. Ayah! Ibu!

Kedua orangtua Noly tiba di kamar tak lama kemudian. Noly segera memeluk mereka erat.

“Ada apa?” tanya Ibu sambil mengusap punggung Noly.

“A-Aku takut Ibu. Ada hantu roti keju yang menggangguku,” kata Noly sambil terisak.

“Hantu roti keju?” Ibu merenggangkan pelukan. Dahinya berkerut bingung.

“Iya … Roti keju. Matanya mengeluarkan air mata. Dia bahkan punya tangan.” Noly bercerita.

Ayah tertawa mendengarnya. “Noly pasti sedang bermimpi. Tadi sudah berdoa waktu mau tidur?”

Noly cemberut. Ia kesal karena ayahnya tidak percaya. Dia berusaha keras meyakinkan kedua orangtuanya bahwa ia tidak bermimpi. Semuanya nyata. Sungguh-sungguh terjadi. Noly masih bisa merasakan tangan kurus keju parut tadi di kulit tangannya.

“Sudah, tidak ada apa-apa di sini. Noly tidur lagi, ya.” Ayah membaringkan Noly lagi sambil membantu membetulkan letak bantalnya. Sementara ibu menyelimutinya. Noly memegang erat tangan ibu.

Ayah yang tengah bergerak mundur tiba-tiba hampir terjatuh. Rupanya kaki ayah menginjak sebuah piring yang di atasnya terdapat beberapa makanan yang hanya dimakan setengahnya. Ada pisang goreng, cookies, dan roti keju. Wajah mereka sudah tidak karuan bentuknya. Diangkatnya piring itu ke atas dan menunjukkannya pada Noly.

“Lihat, apa yang kamu lakukan pada makanan-makanan ini?” Ayah bertanya dengan nada tegas.

Noly tidak menjawab. Ia menempelkan tubuhnya pada ibu.

“Sudah berapa kali Ayah bilang? Ambillah makanan secukupnya dan habiskan. Kalau Noly mengambil banyak-banyak, malah begini jadinya.” Ayah memarahi Noly.

Ibu memandang Noly dengan perasaan sedih. “Noly, pantas saja kamu bermimpi didatangi hantu roti keju. Itu peringatan bahwa makanan-makanan itu sedih karena disia-siakan oleh Noly. Lain kali, habiskan makananmu. Ambil sedikit kalau takut tidak habis.”

“Noly tahu, Ayah bekerja keras untuk menafkahi keluarga, termasuk membeli makanan bergizi untuk Noly. Ibu pun juga bekerja kerjas membuatkan masakan yang enak untuk Noly. Di luar sana, banyak saudara-saudara Noly yang kekurangan. Mau makan, tidak punya makanan. Beli, tidak punya uang. Noly harus belajar menghargai makanan.”

Noly terdiam mendengarkan nasihat ayah. Ia sadar, selama ini begitu sering membuang-buang makanan. Entah sudah berapa kali ibu mengingatkan Noly untuk mengambil secukupnya. Berulang kali juga ibu marah melihat kamar Noly yang berantakan, penuh sisa-sisa makanan.

“Maafkan Noly, Ayah. Maafkan Noly, Ibu. Noly janji, Noly tidak akan lagi membuat roti keju dan teman-temannya bersedih. Terima kasih sudah menyayangi Noly.” Dia menghambur ke pelukan ayah dan ibu.

Sejak saat itu, tidak ada lagi sepasang mata yang mengawasi gerak-gerik Noly.

The Happier Me,

Melina

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

55 Comments

  • Eva August 7, 2018 at 6:19 pm Reply

    Maa Syaa Allah….mengajarkan anak2 untuk mengambil makanan secukupnya, tdk menghamburkan nya bahkan smp terbuang percuma….kereen

    Tapi jujur pas baca pertamanya sereem ky baca cerita horor hihihi…

    Tapi kereeen….barokallah ya de’Mel ?

    • melinase August 7, 2018 at 7:54 pm Reply

      Nah … Asyik kalau sudah berhasil menipu pembaca. Nuhun, Teteeeh … Jangan bosan-bosan mampir di sini, yaaa. Baca yang mana aja, boleeeh …

  • Ida Raihan January 2, 2020 at 10:26 am Reply

    Boleh nih buat dicoba ke anakku yang kalo makan maunya diambil semua satu wadah, lepas tu di era takin di lantai dan meja. Gak dimakan.

    • melinase January 2, 2020 at 1:10 pm Reply

      Nanti makanannya sedih lho, kayak si roti keju ituuu … Hihihi …

  • Andrew Pradana January 2, 2020 at 1:13 pm Reply

    belajar dari kecil dengan cara yang menyenangkan. Akh sayangnya aku tidak pernah merasakan hal ini pada masa kecilku. Tapi setidaknya bisa mengajarkan aku kelak. Haaa mantap kali kak

    • melinase January 2, 2020 at 1:28 pm Reply

      Aku juga nggak. Ibuku nggak tahu bisa menulis cerita atau nggak, hihihi …

  • NurulRahma January 2, 2020 at 2:18 pm Reply

    Mba,
    cerpen keren gini kenapa ngga dikirim ke majalah anak2 aja?
    Ke BOBO, misalnya?

    • melinase January 2, 2020 at 2:40 pm Reply

      Aaaa … Kamu membuatku terbang, Mbak. Ini iseng aja bikin cerita buat dongengin anak-anak sebelum tidur, hihihi …

  • Bambang Irwanto January 2, 2020 at 2:52 pm Reply

    idenya pas untuk anak-anak, Mbak Melina. Pesan moralnya juga pas. Hanya ini ceritanya nanggung, mau cerpen atau dongeng. Kalau diizinkan saya mengomentari, kalau untuk cerita realis, tidak perlu ada mata-mata yang mengerikan yang mengawasi Noly. Lebih baik diperlihatkan kepada Noly bahwa masih banyak anak-anak lain yang kekurangan makanan. jadi makanan jangan dibuang-buang atau disisakan.
    Nah, kalau mau sekalian dongeng, maka tokoh Noly bisa diganti jadi kurcaci. Atau tokoh utamanya justru roti keju yang sedih, karena selalu tersisa.

    Ayo, terus semangat menulis cerita anak, Mbak Melina.

    • melinase January 2, 2020 at 3:21 pm Reply

      Nah, ini nih yang saya tunggu-tunggu. Komentar dari suhunya cerita anak, hehehe …

      Siaaap. Makasih banyak ya, Mas. Nanti coba belajar lagi, ahhh …

  • YSalma January 2, 2020 at 3:08 pm Reply

    Ceritanya sangat membnatu anak2 utk menghabiskan makanan yg diambilnya.
    Dan jh belajar menakar kebutuhan perutnya agar tak bersisa. Keren.

    • melinase January 2, 2020 at 3:20 pm Reply

      Hahaha … Iya, Mbak. Makasih, yaaa.

  • ginanelwan January 2, 2020 at 3:44 pm Reply

    kukira horor haha, Oh noly. Nilai yang diambil adalah mengambil secukupnya aja, jangan maruk-maruk aha hehe

    • melinase January 3, 2020 at 12:44 am Reply

      Hihihi … Iya, Kakak … Nanti ada yang sedih ya kayak roti keju.

  • Farida Pane January 2, 2020 at 4:01 pm Reply

    Pinter deh Noly, jadi lebih menghargai makanan, ya. Terima kasih inspirasinya

    • melinase January 3, 2020 at 12:45 am Reply

      Iya, pesannya seperti itu. Terima kasih juga apresiasinya, hihihi ….

  • Fionaz isza January 2, 2020 at 5:54 pm Reply

    Cerpennya keren kak, sarat pembelajaran lagi.. sayang kalo sampe nggak di buku kan

    • melinase January 3, 2020 at 12:43 am Reply

      Masih belajar nih … Nanti kalau udah lebih bagus, baru deh pede dibukukan, hihihi … Makasih, yaaa …

  • Diah Woro Susanti January 2, 2020 at 8:17 pm Reply

    Pesan moralnya jangan buang makanan ya mba. Mubazir. Sipp. Makasih ceritanya. Seger deh blog walkingku kali ini hehehe

    • melinase January 3, 2020 at 12:42 am Reply

      Betuuul … Nanti sedih kayak si roti keju, hihihi … Makasih banyak, Mbak Diah …

  • Nurul Sufitri January 2, 2020 at 8:46 pm Reply

    Noly…Noly… bisa menjadi contoh buat kiddos nih. Bener deh emang kita kudu ajari anak2 sejak dini untuk mengambil sesuatu (makanan) secukupnya jadi ga mubazir kalau kekenyangan jadi dibuang. Nice story ??

    • melinase January 3, 2020 at 12:41 am Reply

      Terima kasih, Mbak. Hihihi … Iseng bikin cerita buat anak-anak di rumah.

  • Maria G Soemitro January 2, 2020 at 9:09 pm Reply

    Kisah yang bagus nih
    Pelajaran dini agar tidak membuang makanan Karena di ujung benua lain masih ada yang kelaparan

    • melinase January 3, 2020 at 12:41 am Reply

      Iya, Ambu. Makasih apresiasinya, Ambu …

  • Kartika January 2, 2020 at 9:17 pm Reply

    Ini dongengnya kekinian ya. Roti keju dan horor. Kalo jamanku dulu masih nasi yang nangis hahaha anak jadul ikih ?

    • melinase January 3, 2020 at 12:40 am Reply

      Hahaha … Dulu kayaknya aku nggak makan keju, Mbak. Mentoknya di Anak Mas, wkwkwk …

  • Vicky Laurentina January 3, 2020 at 5:57 am Reply

    Haastagaaa, Noliiiiieee! Makanya tho Kalo makan itu dihabisin! Itu kan rotinya takut rotinya bakalan dirubung semut..!

    • melinase January 3, 2020 at 5:58 am Reply

      I-iya, Ateuuu … No-Noly janji nggak bakal gitu lagi.

  • Dian January 3, 2020 at 6:48 am Reply

    Ih keren ceritanya. …
    Ini bagus buat diceritakan anak2 yg kadang suka nggak ngabisin makanan

    • melinase January 3, 2020 at 7:33 am Reply

      Hihihi iya, Mbak. Makasih, yaaa …

  • Aprilia January 3, 2020 at 6:48 am Reply

    Wah, idenya bagus sekali ? bisa nih, diceritakan ke anak nanti supaya tidak suka mubadzir.

    • melinase January 3, 2020 at 7:32 am Reply

      Makasih, Mbak … Yuk, kasihan makanannya, nanti sedih …

  • andyhardiyanti January 3, 2020 at 7:44 am Reply

    Anak saya kalau makan dan ambil sendiri, seringnya ngambil tuh sedikiiitt banget. Makanya biasanya saya yang ambilkan banyak-banyak, biar dia makannya banyak. Tapi yang emang jadinya sering dia gak bisa habiskan juga sih. Endingnya mamanya yang habiskan. Yang penting gak dibuang dan mubazzir aja deh.

    • melinase January 3, 2020 at 11:00 am Reply

      Iya, anak juga belajar mengambil secukupnya ya, Mbak.

      • Andy Hardiyanti January 4, 2020 at 7:06 pm Reply

        Bener mbak..padahal si anak sudah belajar mengambil secukupnya. Tapi emaknya kadang malah ngotot nyendokin banyak-banyak ya (saya nih) huhuhu.

  • Hanila PendarBintang January 3, 2020 at 8:15 am Reply

    Ah..bisa diceritakan ke anak ini. Mendidik anak agar selalu habiskan makanan.
    Saya biasanya blg gitu ke anak, karena dia ga bs lihat org sedih saya cukup blg “kalau nasinya ga habis nanti nasinya so sad, mami juga sad” dia langsung semangat habiskan.

    • melinase January 3, 2020 at 11:00 am Reply

      Betuuul … Mama pun sedih juga. Sudah menyediakan makanan, berlelah-lelah, eh nggak dihabiskan.

  • Nurhilmiyah January 3, 2020 at 8:56 am Reply

    Kaget liat kejunya muncul dengan air mata yaaa.. Noly disayang banget sama roti dan keju nah, Noly pun harus sayang juga yaa sama roti dan kejunya… gak boleh disisain.. kan sayang kl harus dibuang..

    Izin tak ceritain ke anak2ku ya Mbak Melina.. nice story

    • melinase January 3, 2020 at 10:59 am Reply

      Terima kasih banyak, Kak Mia. Iya, silakan …

      • Nurhilmiyah January 4, 2020 at 11:20 am Reply

        Saya nulis juga Mbak cernak ini.. Tp dalam bentuk flash fiction. Skuyy ah Mbak kita nulis terus

  • Kang Alee January 3, 2020 at 11:09 am Reply

    Kak, ini sebetulnya cerpen anak apa cerpen umum? Kalau cerpen anak, openingnya kepanjangan banget terus kalimatnya masih banyak yang belum efektif, Kak. Semangat Kak

    • melinase January 3, 2020 at 11:38 am Reply

      Maunya sih cerpen anak. Iyaaa, masih belajar nih aku. Makasih banyak yaaa buat koreksiannya. InsyaAllah nanti diperbaiki. Semangat, yuhuy!

  • Anis January 3, 2020 at 1:12 pm Reply

    Bagus banget ceritanya bisa buat dongeng untuk anak saya Ketika nanti tidur banyak pelajaran yang bisa diambil terutama bagi anak-anak

    • melinase January 3, 2020 at 1:51 pm Reply

      Terima kasih banyak, Mbak. Hihihi … Masih terus belajar, nih.

  • Sumiyati Sapriasih January 4, 2020 at 11:28 am Reply

    Bagus ceritanya, buat dongeng ke anak-anak bila bermain ke rumah, karena rumah sering didatangi anak-anak

  • Susi Ernawati January 4, 2020 at 12:04 pm Reply

    Ini cernak yang bagus, lho. Ada pesan yng kuat juga. Tinggal beberapa kata perlu disesuaikan dengan beberapa kosakata yang tepat untuk anak, dan bisa dikirmkan ke media.

  • Dian Restu Agustina January 4, 2020 at 1:49 pm Reply

    Suka dengan pesan moralnya, penyampaiannya pun ringan dan enggak menggurui. Pas sekali
    Lanjutkeun Mbak Mel, dirimu ternyata jago juga nulis cerita anak. Salut!

  • Rita Asmaraningsih January 4, 2020 at 9:11 pm Reply

    Ahhh… ceritanya keren sekali.. Memberikan edukasi pada anak2 agar tidak membuang2 makanan bersisa seperti itu..Saya mau ceritakan ulang pada ponakan yang masih kecil@ nih…

  • Nanie January 4, 2020 at 10:00 pm Reply

    Anakku nih, lagi di fase ini, sukaaa sekali menyisakan makanan di piringnya. Kadang tersisa satu atau Dua sendok nasi lagi. Terima kasih kisahnya mba, bisa saya ceritakan kembali buat si kecil

  • Vivi January 5, 2020 at 7:22 am Reply

    Kirain horor story.
    Tapi cerita yg bagus sekali. Nanti tak ceritain ke anak- anak ah

  • Siska Dwyta January 6, 2020 at 11:43 am Reply

    Cerpen anak yang bagus dan menarik sekali nih Mbak. Pesannya nangkep banget. Mengajarkan anak2 agar tidak menyisakan makanan.

  • Ulfah Wahyu April 14, 2020 at 5:10 pm Reply

    Bagus ceritanya Mbak. Kalau anak saya yang paling kecil usia 6 tahun kadang masih minta disuapi, jadi bisa menghabiskan makanannya. Kalau dia makan sendiri biasanya ambilnya sedikit, khawatir gak habis hehe. Memang lebih baik nambah kalau kurang daripada ambil banyak sisa.

    • melinase April 17, 2020 at 10:55 am Reply

      Anak saya aja usia delapan tahun masih suka bermanja-manja minta disuapin, Mbak. Apalagi karena sering di rumah, nih. Kadang saya iyain, kadang saya wajibkan makan sendiri. N

  • Santi suhermina May 4, 2020 at 6:51 am Reply

    Ahaha.. Anak2 suka gitu ya. Aku suka ceritanya. Asyik dan suka endingnya. Eh jadi inget novelku ttg anak yg gak suka wortel trus terjebak di dunia kelinci. Dunia anak2 selalu amazing

    • melinase May 4, 2020 at 9:14 am Reply

      Wah, terima kasih banyak ya, Mbak Santi. Aku harus mencontoh dirimu nih yang rutin menerbitkan buku, hihihi …

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.