Perkebunan Aquaponic Kuntum Farmfield

Dari Teras Air Sampai Kuntum Farmfield, Tempat Dolan Ini Tetap Jadi Favorit Keluarga

Dulu waktu pertama kali berkunjung ke tempat ini, namanya masih Teras Air. Saya tidak ingat persis kapan tempat ini kemudian berganti nama menjadi Kuntum Farmfield. Tapi, mau dengan nama Teras Air maupun Kuntum Farmfield, kami tetap suka main-main kesini.

Kode dari anak-anak saat mengajak kesini, selalu, “Kasih makan ikan yuk, Ma.” Padahal sampai di lokasi, melebar ke kasih makan yang lain-lain, hahaha …

Kuntum Farmfield
Feeding the fish, yuuuk …

Kenapa sih, saya dan anak-anak suka sekali jalan-jalan ke tempat ini?

LOKASI STRATEGIS

Ini penting sekali karena lokasi yang jauh apalagi macet seringkali membuat selera piknik menguap begitu saja. Jadi kalau bisa yang dekat sajalah. Hemat biaya transportasi dan waktu, kan?

Bagi kami yang tinggal di daerah Katulampa, Bogor Timur, Kuntum Farmfield yang berlokasi di Jalan Raya Tajur ini dekat sekali. Kalau mau melewati jalan raya, mungkin sedikit memutar dan akan berhadapan dengan kemacetan akhir pekan di sekitar Jalan Pajajaran menuju Jalan Raya Tajur. Tapi, kami punya alternatif lain dengan melewati jembatan pintu air Katulampa, syaratnya hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Kalau mau membawa kendaraan roda empat, pintar-pintar deh, menumpang masuk lewat tempat wisata Sumber Karya Indah (SKI).

NUANSA NYAMAN, DAN ASRI

Meskipun tinggal di kota hujan, harus diakui bahwa temperatur udara di kota ini semakin bertambah naik. Jadi kalau mau piknik apalagi membawa anak-anak yang mood-nya begitu mudah berubah kalau merasa tidak nyaman, tempat yang nyaman, dan asri, pasti jadi syarat utama juga.

Sebatas masuk ke kawasan tempat makan di pinggir kolam, memberi makan ikan, menikmati taman-taman bunga, sampai ke kawasan pameran, pengunjung bisa menikmatinya secara gratis. Kecuali kalau membayar makan ikan, harus membayar pakan ikan seharga Rp 5.000 per kantong. Kalau mau berhemat ria, bolehlah ya, jalan-jalan sampai di sini saja, sambil berbelanja aneka hasil perkebunan yang dijamin segar-segar. Ada sayuran, buah-buahan, bumbu dapur, tanaman hias, sampai aneka kudapan asli Bogor.

Nah, kalau mau menikmati full piknik di sini, jangan dilewatkan untuk masuk ke kawasan perkebunan sayuran akuaponik dan kandang-kandang hewan ternaknya. Pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk seharga Rp 45.000 di weekdays dan Rp 50.000 di weekend. Terakhir kali kesini, tiket masuknya masih seharga Rp 30.000 di akhir pekan. Kami yang sudah terlalu lama tidak main kesini, atau Kuntum Farmfield punya kejutan-kejutan baru di dalam, ya?

Tiket Masuk Kuntum Farmfield
Tiket Masuk Kuntum Farmfield

Begitu melewati bagian pengecekan tiket, jangan lupa untuk mengambil caping (topi yang terbuat dari bambu ala Pak Tani) karena di dalam nanti, kita akan bertemu dengan sinar matahari yang wow, deh.

FASILITAS LENGKAP

Kuntum Farmfield menyediakan lahan parkir yang cukup luas,mesin ATM, sarana pembayaran menggunakan kartu debet atau kredit, toilet, musholla, tempat-tempat sampah, kran-kran air untuk mencuci tangan, sampai pemandangan cantik.

Pemandangan cantik di sini terdiri atas bermacam-macam model, mulai dari perkebunan, peternakan, pemancingan, sarana berkuda untuk anak-anak, sampai area terbuka luas yang menghadap langsung ke arah perbukitan.

Perkebunan Sayuran Akuaponik

Ini dia pemandangan perkebunan sayuran akuaponik di Kuntum Farmfield. Jadi, teknik perkebunan di sini menggunakan dua komponen penting, yaitu:

  • Bagian hidroponik, di mana tanaman tumbuh
  • Bagian akuakultur, di mana ikan dipelihara

Asyik ya, menanam sayuran sambil memelihara ikan.

Peternakan Hewan Jinak dan Imut

Coba, siapa anak-anak Moms di rumah yang suka dengan aneka hewan jinak? Kalau belum pernah kesini, ajak dan pasti mereka suka. Kandang-kandang di Kuntum Farmfield ini didesain sedemikian rupa sehingga baik hewan maupun pengunjung sama-sama nyaman. Kuntum Farmfield menyediakan meja khusus yang menjual pakan ternak seperti sayuran, pelet, dan susu. Jadi, jangan sembarangan memberi makan ya, Moms. Sayuran dihargai Rp 5.000 per bakul, cocok untuk kelinci, hamster, dan anak-anak kambing. Pelet dihargai Rp 5.000 per kantong, cocok untuk hamster. Susu botol kecil dihargai Rp 5.000 per botol, cocok untuk anak-anak kambing dan susu di botol besar dihargai Rp 10.000 per botol, cocok untuk anak-anak sapi.

Kalau sudah punya pakan ternaknya, saatnya bermain-main dengan mereka, yuk.

Pemandangan Cantik untuk Berfoto

Kuntum Farmfield masih mempunyai lahan luas yang belum diolah. Dibandingkan dengan kunjungan kami kesini sebelumnya, perkebunan sayuran sudah semakin luas. Saat kami datang kemarin, wow! Hijaaauu sejauh mata memandang. Rasa hati ingin memetik dan makan siang pakai nasi hangat dan sambal deh rasanya.

Sssttt, ada hewan ternak baru lho di sini. Apa coba? Ayam Arab! Ada sekitar 500 ekor ayam Arab yang diternakkan di sini. Ini adalah jenis ayam petelur.

Pemandangan Hijau Kuntum Farmfield
Kandang Ayam Baru, nih.

Menurut pengelola kandang, kualitas telur ayam Arab ini sama dengan telur ayam kampung. Telur-telurnya dijual seharga Rp 2.500 per butir. Ternyata ayam-ayam ini hanya dapat mengeluarkan telur sebanyak satu butir saja per hari. Itu pun dengan catatan mereka sudah dewasa dan tidak dalam kondisi stress.

Itu sebabnya kandang ayam Arab ini diletakkan di belakang, jauh dari keramaian pengunjung.

TIPS BERPIKNIK DI KUNTUM FARMFIELD

Menghabiskan liburan di tempat ini memang menyenangkan sekali, tapi saya mau kasih tips juga ya, supaya acara piknik teman-teman di sini nanti menyenangkan juga.

  1. Datang pagi-pagi karena udara bersihnya sayang sekali untuk dilewatkan. Lokasi ini sudah dibuka mulai pukul 06.00 WIB.
  2. Membawa bekal mulai dari minuman dan cemilan. Di lokasi juga menyediakan, tapi tentunya akan lebih hemat kalau membawa sendiri. Untuk makanan besar, di lokasi tersedia restoran dengan banyak sekali pilihan menu. Kalau mau membawa, secukup saja ya, Moms. Mempertimbangkan lokasi untuk bersantapnya juga, kan.
  3. Membawa pakaian ganti untuk anak-anak karena besar kemungkinan pakaian mereka akan kotor ketika masuk ke kandang, terkena cipratan susu untuk ternak, atau basah ketika mencuci tangan dan kaki yang umumnya berujung ke main-main air.
  4. Kalau risih mengenakan caping, jangan lupa membawa penahan panas matahari seperti topi atau payung karena banyak lokasi terbuka.
  5. Selalu ingat membuang sampah pada tempatnya ya, Moms. Lokasi Kuntum Farmfield ini sangat rapi dan bersih. Jangan sampai kotor dan rusak karena ulah pengunjung.
  6. Membawa kantong belanja berukuran besar kalau-kalau mau berbelanja sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian.
  7. Tetap mengawasi buah hati kita tercinta terutama balita karena banyak terdapat kolam air.

Kuntum Farmfield menjadi wisata dekat rumah favorit yang sudah saya ulas. Berikutnya nanti saya ceritakan lagi ya, lokasi wisata favorit yang pastinya bisa untuk keluarga juga. Maklum deh, pemilik blognya kan sudah jadi Mommy juga.

Kapanpun berkunjung ke Bogor, yuk singgah ke tempat ini.

The Happier Me,

Melina Sekarsari

Facebook Comments

Posted by melinase

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

12 thoughts on “Dari Teras Air Sampai Kuntum Farmfield, Tempat Dolan Ini Tetap Jadi Favorit Keluarga”

  1. Mbak ini tempat keren banget buat pembelajaran anak yang hidup di kota. Kasih makan hewan jinak dan belajar aneka tanaman. MashaAllah. Duh, aku bookmark tulisan ini. Semoga bs ajak anakku kesini suatu hari.

  2. Suami saya pernah ke Bogor, saya cuma lewat aja, hehe. Semoga suatu hari saya ada kesempatan ke Kuntum Farmfield ya. Keren banget ini. Di tempat saya ada juga tapi belum semegah dan sekomplit ini. Makasih infonya, Mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.