Mengintip Keajaiban Poin dari Produk Teknologi Digital; Nikmati Kenyamanan di Merchant Favorit

Bagi sebagian orang, akhir pekan selalu menjadi hari yang ditunggu-tunggu. Ya dong, setelah seminggu penuh melakukan aktivitas yang biasanya menguras otak, tenaga, dan juga kesabaran, akhirnya hari yang sah – at least bagi saya – buat bersenang-senang datang juga. Hasyek. Lebih senang lagi kalau bersenang-senangnya totalitas alias gratis. Bisa? Bisa banget, tapi pastikan kita melakukannya secara elegan. Mengintip keajaiban poin dari produk digital adalah salah satunya.

Bagi saya dan anak-anak, bersenang-senang itu sederhana saja, kok. Makan dan jajan di luar rumah itu sudah bahagia banget. Saya dan anak-anak sukanya malah makan di tempat yang itu lagi-itu lagi. Kami biasa makan saat perut mulai terasa lapar. Kalau sudah lapar, biasanya kami mulai malas mikir, termasuk urusan menu. Bayangkan kalau pada saat itu kami berada di restoran yang menunya belum pernah kami cicipi atau malah namanya baru tahu hari itu. Wah, bisa demo cacing-cacing di perut. Anak-anak sepertinya juga begitu, deh. Yah, beginilah kami, sudahlah tempatnya itu lagi-itu lagi, menu yang dipilih pun itu lagi-itu lagi.

Solaria menjadi salah satu restoran keluarga langganan kami. Habis gimana dong, menu-menu di sana itu tuh gampang banget bersosialisasi dengan lidah kami. Harap dimaklumi, lidah saya itu Indonesia banget. Dikasih makanan yang ngeropa atau ngamrik sedikit langsung panik, hahaha …

Apalagi nih, kami bisa makan-makan di sana dengan gratis. Lhooo, kok bisa? Beneran gratis? Hu-um, kalau pun bayar, hanya perlu menambah sedikit saja, kok.

Gimana Caranya Makan Gratis?

Di era digital seperti sekarang, ada nggak sih yang nggak punya android atau IOS? Sebagian besar dari kita pasti punya. Dulu banget, saya sering nyinyir (duh pernah begini) sama teman-teman yang punya ponsel mahal, “Beli ponsel mahal, ngapain kalau nggak bisa jadiin duit?”

Kalau ingat itu, rasanya bibir ini pengen saya rantai saja biar nggak suka ikut usil sama urusan orang. Meskipun jauh di lubuk hati, teteuuup merasa benar. Ada yang mau nimpuk nggak, nih?

Urusan ponsel mahal itu jadi duit atau nggak, ya terserah pemiliknya lah ya. Tapi sudah dimaksimalkan penggunaannya, belum? Dipakai untuk berselancar di media sosial, memanfaatkan aplikasi transportasi online, atau belanja di e-commerce, sah-sah saja, kok. Saya juga begitu. Tapi saya nggak mau kalau hanya sampai di situ. Suka kepo gitu ngubek-ngubek apalagi sih yang bisa saya terima dengan terlibat di sana?

Dan, menghitung kepingan koin eh poin beserta manfaatnya jadi salah satu hal menyenangkan buat saya, ibu-ibu yang memeras keringat membanting tulang #Ngenes, banyak kebutuhan, tapi hobi banget jajan.

Ayo, Berbahagia dengan Poin!

Kartu Halo by Telkomsel

Sebagai pengguna Kartu Halo yang setia, saya rajin banget memanfaatkan fasilitas poinnya. Layanan pasca bayar dari Telkomsel ini kalau dari sisi harga memang relatif mahal. Suka pengen manyun deh kalau dengar cerita teman-teman yang menggunakan provider lain lalu cuma mengeluarkan sekian puluh ribu untuk dapat paket data sekian GB. Saya sih belum pernah mencoba provider lain. Kalau dari sinyal, Kartu Halo ini kuat banget. Selama menggunakannya, jarang banget deh saya kehilangan sinyal. Kecuali di tempat-tempat tertentu yang sinyal memang suka main petak umpet sama kita, ya.

Biarpun tergolong mahal, nyatanya saya masih pakai juga. Kurang setia gimana, coba? Paling mata mendelik beberapa detik sih saat melihat tagihan bulan datang. Makanya, sekarang saya downgrade deh tuh ke paket yang lebih murah, hahaha … #MulaiNgirit

Setiap selesai melakukan pembayaran, saya tinggal mengecek ke aplikasi My Telkomsel untuk mengecek jumlah poin yang diterima. Setelah itu, mulai deh hitung-hitung. “Ini mau ditukar apa, ya?”

Daripada pusing mahalnya tapi toh nggak pindah ke yang lain juga, kenapa coba saya nggak melihat sisi lain yang bisa dimanfaatkan. Apalagi kalau bukan fasilitas poin Telkomsel itu? Ini dia dua merchant yang jadi langganan dengan bertransaksi menggunakan poin Telkomsel:

Voucher Gramedia

Untuk memperoleh voucher Gramedia, kita harus menukarkan 350 poin Telkomsel menjadi voucher senilai Rp 50 ribu. Caranya gampang banget, seperti berikut:

  1. Ketik *700#
  2. Pilih No.4 untuk Merchant. Cukup ketik ‘4’ lalu klik ‘send’. 
  3. Pilih No.3 untuk Belanja. Cukup ketik ‘3’ lalu klik ‘send’. 
  4. Pilih No.3 untuk Gramedia. Cukup ketik ‘2’ lalu klik ‘send’. Telkomsel akan mengirimkan pesan melalui SMS berisi informasi kode voucher. 

Saat datang ke Gramedia dengan sejumlah voucher, tanyakan dulu ke kasir hal-hal di bawah ini:

a. Apakah voucher tersebut diterima di Gramedia yang dimaksud? Sekedar info, Gramedia yang kecil-kecil biasanya nggak menerima voucher. Jadi sebaiknya pilih Gramedia yang besar, ya.

b. Barang apa saja yang bisa dibeli dengan voucher tersebut? Umumnya voucher hanya berlaku untuk belanja buku. Buat saya sih justru itu yang penting. Kapan lagi coba, bisa bawa pulang buku incaran dengan cara elegan? #Tsaaahh

Beberapa buku yang pernah dibeli dengan poin Telkomsel.

c. Buku seperti apa yang bisa dibeli dengan voucher tersebut? Ada sebagian Gramedia yang hanya memberlakukan voucher untuk belanja buku dari penerbit Gramedia group saja. Ada juga yang membolehkan dari semua penerbit. Tapi setahu saya, biasanya voucher nggak berlaku untuk pembelian kitab dari agama manapun.

d. Berapa batas maksimal penggunaan voucher? Saya pernah menukarkan 15 voucher, jadi total belanja saat itu Rp 750 ribu lebih. Itu gabungan voucher dari ponsel pribadi dan ponsel fasilitas kantor yang sama-sama pakai Kartu Halo. Indah banget kan, dunia ini?

e. Kalau semuanya sudah oke, tunjukkan kode voucher yang ada di ponsel. Kasir harus melakukan proses verifikasi sebelum transaksi dilakukan. Mesti sedikit sabar ya, sebab verifikasi dilakukan satu persatu, per kode voucher.

Voucher Solaria

Sebagai restoran andalan bareng anak-anak, semakin lengkaplah kebahagiaan manakala kami bisa makan gratis atau makan murah karena tinggal membayar sebagian saja. Diperlukan 210 poin Telkomsel untuk ditukarkan dengan voucher Solaria senilai Rp 25 ribu. Cara penukaran poinnya sama untuk setiap merchant, seperti ini:

  1. Ketik *700#
  2. Pilih No.4 untuk Merchant. Cukup ketik ‘4’ lalu klik ‘send’. 
  3. Pilih No.2 untuk Belanja. Cukup ketik ‘2’ lalu klik ‘send’. 
  4. Pilih No.2 untuk Solaria. Cukup ketik ‘2’ lalu klik ‘send’. 
  5. Telkomsel akan mengirimkan pesan melalui SMS berisi informasi kode voucher.

Saat datang ke Solaria dengan sejumlah voucher, tanyakan dulu ke kasir hal-hal di bawah ini:

a. Apakah voucher tersebut diterima di Solaria yang dimaksud? Saya baru mencoba di dua tempat, sih, Botani Square dan Plaza Ekalokasari. Dua-duanya di Bogor. Di Botani Square boleh menukarkan maksimal tiga voucher saja, sedangkan di Plaza Ekalokasari boleh menukarkan maksimal lima voucher. Semoga ke depannya Solaria di Plaza Ekalokasari nggak menurunkan jumlah voucher yang boleh ditukar, ya? #IbuIbuNggakMauRugi

b. Apakah pembeli wajib memesan makanan dan minuman seharga voucher atau boleh kurang? Kalau di Botani Square, saya pernah memesan dengan nominal di bawah voucher dan boleh. Tapi jangan minta kembalian lho, ya. Nah, kalau di Plaza Ekalokasari, kurang nggak boleh, lebih tinggal menambahkan kekurangannya. Sekedar tips, kalau masih ada sisa sedikit mendingan pesan teh manis saja. Jadi uang yang harus dibayarkan cukup recehan. #IbuIbuEkonomis

c. Kalau semuanya sudah oke, tunjukkan kode voucher yang ada di ponsel. Kasir harus melakukan proses verifikasi sebelum transaksi dilakukan. Mesti sedikit sabar ya, sebab verifikasi dilakukan satu persatu, per kode voucher.

Layanan Transportasi Berbasis Aplikasi Online (Grab dan Go-Jek)

Sebagai perempuan bermental nyonya yang maunya duduk di belakang sopir, mau pergi kemana-mana asyiknya tinggal ambil ponsel, buka aplikasi, pilih tujuan dan bandingkan harganya antara dua perusahaan itu. Duh, padahal yang namanya dibanding-bandingkan itu nggak enak, ya.

Saya lebih sering menggunakan deposit dengan Go-Pay untuk Go-Jek dan OVO untuk Grab karena harganya lebih murah atau kadang-kadang jauh lebih murah. Tapi tetap, saat memesan, saya pasti tetap membandingkan mana yang lebih murah. #IbuIbuPenuhPertimbangan

Selain memanfaatkan jasa pengantarannya, saya juga rajin banget menikmati poinnya. Mau tahu?

Grab

Ada banyak penawaran menarik mulai dari kategori Food & Beverage, Shopping, Services, Grab, Play, Travel, dan Others. Tapi sebagai traveler sejati alias tukang wara-wiri, saya lebih membutuhkan bepergian keluar rumah secara gratis, deh.

Di Grab, poin dari nasabah disebut dengan Grab Rewards. Bukan Grab Awards, ya, ini mungkin nanti kalau Grab mengadakan acara penghargaan nasabah paling loyal sedunia.

Makanya saya lebih memilih menukarkan poin Grab yang ada dengan voucher Grab juga atau voucher Indomaret. Ini sebenarnya kebut-kebutan karena saya punya banyak poin yang akan hangus di 31 Desember 2018. Namanya juga masuk kategori Platinum. Jadi di Grab ini ada kategori nasabah, mulai dari Silver, Gold, lalu Platinum. Ibarat bank, saya ini nasabah prioritas kali, yaaa. Jadi kebayang kan ya, seberapa sering saya ngalor-ngidul entah kemana itu?

Caranya gampang banget. Ikuti yuk, langkah-langkah di bawah ini:

  1. Ambil ponselmu (jangan ponsel tetangga) lalu masuk ke aplikasi Grab.
  2. Pilih “Rewards”
  3. Pilih “Grab”. Tersedia hadiah bebas menikmati GrabBike mulai dari nominal Rp 1.500, Rp 3.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, sampai Rp 40.000.

Perjalanan mengantar ibu ke RS untuk kontrol selama sebulan terakhir ini, terbantu banget dengan free Grab Ride dari Grab Rewards. Kalau sedang nggak sempat memasak di pagi hari, pengiriman bekal makan siang anak-anak pakai ini juga. Buat ibu-ibu kan ini asyik banget. Sssttt, ini bisa digunakan untuk Grab Bike maupun Grab Car, lho.

Untuk memperoleh voucher Indomaret, diawali dengan cara yang sama:

  1. Ambil ponselmu (ponsel tetangga juga boleh kalau dikasih ijin) lalu masuk ke aplikasi Grab.
  2. Pilih “Rewards”
  3. Pilih “Shopping”
  4. Pilih “Voucher Indomaret Rp 5.000.” Minimal menukarkan 250 poin Grab, ya. Maksimal penukaran adalah 10 voucher. Jadi lumayan bisa belanja di Indomaret senilai Rp 50.000. Buat jajan ibu dan anak cukup, dong. Tinggal jalan kaki juga dari rumah. Asyiknya lagi, bisa dipakai untuk membayar tagihan PLN/PAM, Tiket KAI, dan tiket pertunjukan di Indomaret. Eh, tapi ada gitu tagihan PLN senilai Rp 50 ribu? #SeriusTanya
Tunjukkan kode voucher ini ke kasir sebelum bertransaksi.

Grab juga mempunyai penawaran menarik voucher Gramedia dan Solaria tapi buat saya kurang manis karena poin yang ditukar banyak. Mau menikmati gratisan pun pertimbangannya bulat-bulat begini, ya. #LagiLagiPenuhPertimbangan

Masih banyak banget promo menarik lainnya dengan menukarkan Grab Rewards kita. Pilih-pilih saja mana yang sesuai ya, Buibu.

Go-Jek

Poin di Go-Jek juga punya banyak penawaran menarik dalam penukaran poinnya. Ada pilihan diskon dengan persentase antara 10-50 persen di berbagai merchant, kemudahan menikmati fasilitas di merchant tertentu dengan harga lebih murah, dari kuliner, travel, entertainment, shopping, sampai jasa cuci sepatu, AC, termasuk penyewaan wifi.

Tapi, berhubung belum ada yang gratis, saya tunda dulu deh penukaran poinnya. Biasanya perusahaan akan membuat perubahan-perubahan juga. Apalagi lokasinya nggak ada yang di kota yang sama dengan saya, di Bogor. Kan harus memikirkan biaya transportasi lagi, ya. Mau bahagia memang harus punya stok sabar, wkwkwkwk …

Rambu-Rambu yang Wajib Diketahui

Saya pribadi tetap punya rambu-rambu ya dalam memanfaatkan fasilitas tambahan seperti ini. Informasi di bawah, boleh dijadikan referensi:

Source: AdobeStock
  1. Memanfaatkan fasilitas tambahan berupa penukaran poin ini boleh banget, tapi jangan membuat kita jadi konsumtif demi memperoleh tambahan poin sebanyak-banyaknya. Sudah pasti kan, bahwa poin kita peroleh karena kita mengonsumsi fasilitas utamanya. Misalnya, menggunakan pulsa telepon atau paket data secara konsumtif demi mengejar poin. Jangan, gunakan fasilitas utama secukupnya dan manfaatkan fasilitas tambahan semaksimalnya.
  2. Bijaksana dalam memanfaatkan fasilitas. Seperti yang saya lakukan, promonya menarik tapi ada efforts lain yang harus dikeluarkan apalagi terkait jarak, sebaiknya jangan dipilih. Menikmati diskon 50% di restoran A kalau harus melakukan perjalanan ke luar kota sih nggak bijaksana, ya. Kecuali kalau kita memang kebetulan ada rencana ke sana. Sekalian jalan deh, ya.
  3. Selalu membaca T&C (Term and Conditions) yang berlaku di setiap promonya. Biasanya tertera, kok, di aplikasinya. Jangan buru-buru, rajin-rajinlah membaca. Sebagai contoh, promo diskon hotel biasanya hanya berlaku selama satu (1) bulan sejak aktivasi voucher. Penukaran voucher ke aktivasinya sendiri biasanya memerlukan waktu 24 jam. Kalau kita merencanakan menggunakan voucher tersebut untuk akomodasi di luar kota, jangan sampai ya, tanggal keberangkatan dan menginap jadi nggak match gara-gara kita nggak membaca T&C-nya.

Bisa jadi, bukan hanya produk teknologi digital di atas yang menyediakan fasilitas lain untuk nasabah di samping layanan utamanya. Coba cek deh, android dan IOS kamu, siapa tahu ada layanan lain yang kamu ikuti dan ternyata punya fasilitas tambahan juga. Eksplor saja biar maksimal manfaatnya.

Kalau kita bisa memperoleh manfaat lain dari produk yang kita gunakan, why not?

The Happier Me,

Melina Sekarsari

Facebook Comments

Posted by melinase

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

18 thoughts on “Mengintip Keajaiban Poin dari Produk Teknologi Digital; Nikmati Kenyamanan di Merchant Favorit”

  1. Pagi-pagi gini baca tentang poin2an jadi ikutan seger, Mbak. Apalagi Liat tumpukan buku itu. Ngiler, deh..
    Btw, sy pake provider sebelah, blm pernah manfaatin promonya. Intip lagi, ah. Pernah sih pake poin kartu member A*fa dan manfaatin promonya juga. Gojek jarang pake krn biasa dianter ojek pribadi 😅 Makasih udah diingetin tentang hidup yg semakin mudah dan meriah.

  2. Sering dapat sms tentang jumlah poin, tapi dasar saya yang kurang ngeh jadinya berlalu begitu saja de.
    Padahal banyak banget ya manfaatnya. Terima kasih infonya ya mbak.

  3. Waaah menarik banget yak promo2nya kartu halo, pantesan mahal wakakkaka.. Aku jg baru pake Grab, ternyata rewardnya mayan yaaa, jadi semangat wakakakka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.