Review Hotel; Meeting Room di Yello Hotel Manggarai

Menyelenggarakan suatu event, ada poin penting yang harus dipertimbangkan, salah satunya 'venue'.

Sebagai salah satu orang yang kegiatan bekerjanya adalah menyelenggarakan training event, saya pastinya harus menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Mulai dari kesiapan internal tim, pencatatan jumlah peserta, sampai urusan ‘venue’. Kesalahan memilih ‘venue’ bisa berakibat fatal. Ini akan menyangkut kenyamanan peserta, tim, dan nama baik dari tim penyelenggara itu sendiri.

Jakarta menjadi salah satu kota yang saya dan teman-teman rutin membuka kelas di sana. Kenapa? Sudah tentu karena berstatus sebagai ibukota. Diharapkan juga Jakarta bisa menjadi daerah yang lebih strategis untuk dijangkau oleh peserta dari wilayah penyangga, seperti Bekasi, Bogor, Depok, dan Jakarta.

Berulangkali saya dan teman-teman mencoba ‘venue’ baru. Tentunya berharap bisa memperoleh ‘venue’ yang lebih pas buat kami. Awal Maret lalu pertama kalinya kami mencoba di Yello Hotel Manggarai. Sebenarnya sih saya sudah pernah mencoba di tempat lain dan nggak tertarik. Tapi saat punya pengalaman menyenangkan di Yello Hotel Jemursari, Surabaya, kenapa ya nggak mencoba di hotel yang sama di Jakarta? Siapa tahu cocok.

Source: Skyscanner

A. LOKASI

Yello Hotel Manggarai berlokasi di Jl. Minangkabau No.9, Setiabudi, Jakarta Selatan. Berjarak sekitar 1 km dari Stasiun Manggarai dan Halte TransJakarta Pasaraya Manggarai. Cukup strategis ya untuk dijangkau dengan transportasi umum. Training event kami biasa diselenggarakan pada akhir pekan. Di akhir pekan begini, akses dari stasiun dan halte menuju lokasi juga lancar.

Yello Hotel berada di bawah jaringan manajemen Tauzia Hotel. Bersama-sama dengan Preference Hotels, Harris Vertu Hotels, Harris Hotels, Fox Harris Hotels, Yello Hotels, dan Pop! Hotels.

B. FASILITAS

Seperti ruangan pertemuan pada umumnya, Yello Hotel Manggarai menyediakan fasilitas standar seperti:

  1. LCD dan Screen Portable
  2. Flip Chart (5 ply) dan marker

Kami biasa meminta ekstra kertas karena ada praktek dari peserta di kelas. Boleh? Boleh banget. Untuk marker, kami juga biasa minta tiga (3) warna. Boleh? Boleh juga, dong.

  1. Wifi

Koneksi internet terbilang cukup lancar meskipun saat dua kali kami mengadakan kelas di sana, beberapa kali tersendat. Tapi masalah ini bisa cepat ditangani dan kegiatan saya dan tim kembali berlanjut dengan lancar.

  1. Meeting Pad and pencil

Buat saya sih ini dua benda maha penting saat belajar. Jadi buat teman-teman peserta yang lupa membawa peralatan tulis, jangan khawatir. Apalagi meeting pad dan pensilnya lucuuu, kuning unyu-unyu gitu, hihihi …

  1. Candy

Ini lumayan ya untuk membantu menahan kantuk. Siapa ayo yang kalau ikutan training gampang banget ngantuk? Cung coba!

  1. Free flow mineral water

Beberapa kali kami kehabisan air mineral. Ya bukan apa-apa sih, saking hausnya gitu bagaikan habis berjalan kaki jauh di padang pasir #Halah. Tapi boleh banget lho minta ekstra air mineral.

  1. Two (2) wireless microphone
  2. Portable sound system for presentation

C. COFFEE BREAK AND LUNCH

Sehubungan training event kami menggunakan paket full day meeting, maka kami memperoleh fasilitas dua (2) kali coffee break dan satu (1) kali lunch. Seperti hotel-hotel pada umumnya, waktu penyediaan coffee break dan lunch sesuai permintaan kita. Kalau saya biasa meminta coffee break pertama di pukul 09.00, lunch di pukul 12.00, dan coffee break kedua di pukul 14.30.

Untuk coffee break, tersedia kopi dan teh lengkap dengan gula pasir, gula merah, dan krimmer – sachetan. Menu kudapannya sendiri terdiri atas tiga (3) item. Kami malah pernah diberi bonus aneka kudapan dalam satu piring gitu.

Tapi maaf banget, menu coffee break nggak sempat saya foto. Saat keluar ruangan, keburu habis sama teman-teman peserta, hahaha … Ya ya ya, belajar di kelasnya saya dan teman-teman memang berpotensi membuat lapar, sih, hihihi …

Bagaimana dengan lunch-nya?

Kegiatan makan berat ditempatkan di restoran Wok N’ Tok yang berlokasi di lantai dasar. Untuk standard hotel bintang tiga, menu lunch di Yello Hotel Manggarai ini lengkap dan banyak. Hehehe … Kondisi seperti ini nih yang saya ngarep suka banget. Rasanya juga enak-enak. Tapi kemarin saya merasakan es campurnya sedikit kurang susu gitu. Mungkin sengaja ya karena sudah ada banyak kue yang rasanya manis. 

Ruangan makannya juga nyaman meskipun kecil. Ada banyak meja kursi juga yang bisa digunakan meskipun kalau saya lihat, itu adalah area lobi, bukan termasuk restorannya. 

D. STAFF

Saat menggunakan jasa, pelayanan dari staf biasanya menjadi prioritas utama saya. Kalau sejak awal penanganan cepat dan ramah, saya pasti mau lanjut ke pertanyaan-pertanyaan berikutnya. Tapi kalau di awal sudah terkesan acuh, saya akan memprioritaskan yang lain.

Di Yello Hotel Manggarai ini, pelayanan cepat dan ramah sangat saya rasakan. Bahkan sejak baru berkomunikasi melalui pesan tertulis saja. Dalam hal ini melalui WhatsApp. Penggunaan meeting room biasanya ditangani oleh Sales Department. Nah, orang yang berada di bagian ini sangat komunikatif.

Memilih Yello Hotel Manggarai Atau Nggak?

Buat teman-teman yang membutuhkan ruangan untuk rapat, seminar, atau training di kawasan Jakarta Selatan, Yello Hotel Manggarai bisa dijadikan pilihan. Kalau mau memesan ruangan di sini, ada beberapa info penting nih yang layak teman-teman pertimbangkan:

  1. Hindari mengadakan kegiatan di hari Minggu karena meeting room di sini biasa digunakan untuk acara kebaktian.
  2. Teman-teman yang suka berswafoto, ada banyak spot menarik di sini, mulai dari teras, lobi, restoran, sampai ke ruangan wilayah meeting room di lantai satu. Jangan lewatkan juga mengambil foto di lantai 9 saat sore sebentar lagi beranjak. Ada pemandangan berlatar belakang sunset yang cantik banget.
  3. Minimal pemesanan 10 pax. Kalau hanya membutuhkan paket kurang dari itu, bisa dikomunikasikan saja dengan bagian Sales. Tapi tentunya harga per pax akan dikenakan lebih mahal, ya.
  4. Bagi muslimah, pastikan membawa perlengkapan sholat (mukena) sendiri, ya. Toilet, mushola termasuk tempat berwudhunya sangat bersih. Tetapi musholanya berukuran kecil saja. Saya perkirakan hanya memuat sekitar 10 orang, tanpa pembatas laki-laki dan perempuan. Jadi lebih baik membawa mukena sendiri ya daripada antri.

Salam,

Melina Sekarsari

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

4 Comments

  • Nining Prasetyaningtyas April 11, 2019 at 7:19 pm Reply

    serba kuning cerah😊😊😊 komplit juga untuk penyelenggaraan sebuah event

    • melinase April 12, 2019 at 3:50 pm Reply

      Lumayan komplit, Mbak. Boleh dicoba kalau butuh meeting room di Jakarta. Jangan lupa ya kostumnya biar makin gonjreng hasil fotonya, hihihi …

  • Tatiek Purwanti April 11, 2019 at 7:36 pm Reply

    Venue memang penting banget dipertimbangkan dlm sebuah meeting atau pertemuan. Zaman now, meeting room hotel menjadi salah satu pilihan terbaik disamping ‘hall meeting yang asli’. Ikut seneng Mbak Mel udah nemu yg pas dan akhirnya jadi bahan info penting.

    Btw, kalau Yello Hotel yg di Surabaya juga bintang tiga kah?

    • melinase April 12, 2019 at 3:51 pm Reply

      Nggak ngerti aku ya kalau Yello Hotel Jemursari. Itu juga bagus. Sayangnya waktu itu sibuk sama event jadi nggak sempat ambil foto buat ulasan, hahaha …

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.