Melina Sekarsari

Menuliskan Masa Lalu, Hari Ini, dan Masa Depan
Bimbel Online Murah Favoritku, Ruang Guru

Bimbel Online Murah Favoritku, Ruang Guru

Kedai makanan di sebuah stasiun yang saya masuki sudah dipenuhi pelanggan. Maklum, menjelang jam berbuka puasa, banyak calon penumpang yang memilih membatalkan puasa dulu sambil menunggu kedatangan kereta berikutnya. Sambil membawa segelas teh manis yang asapnya masih mengepul, mata saya memandang berkeliling, mencari kursi kosong.

Seorang perempuan muda berkerudung biru tua mempersilakan duduk saat saya menanyakan apakah kursi di sampingnya kosong. Kami duduk dan bersisian lalu sibuk dengan aktivitas masing-masing. Dia yang tampak sibuk dengan gawainya dan saya yang tengah sibuk dengan pikiran sendiri. Mengingat anak-anak di rumah yang tengah menempuh Ujian Kenaikan Kelas (UKK).

Sebagian teman-teman mereka mengikuti pelajaran tambahan di luar sekolah, seperti les bahasa Inggris dan matematika. Tapi biayanya tidak murah. Saya pun tentu harus meluangkan waktu untuk mengantar jemput padahal punya kewajiban bekerja nine to five. Tidak enak rasanya kalau terus-terusan ijin ke kantor.

Source: Ruangguru

Pemandangan layar gawai perempuan muda itu menarik perhatian. Sebuah aplikasi yang baru pertama kali saya lihat dan akhirnya membuka percakapan di antara kami.

Darinya saya tahu bahwa dia adalah sulung dari tiga bersaudara. Bekerja di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang ekspedisi pengiriman barang. Sebelumnya, dia menyelesaikan studi sebagai sarjana manajemen bisnis di sebuah universitas negeri di Jakarta.

Kenapa Ruangguru?

Bukan datang dari keluarga yang berkecukupan, ibunya seorang pedagang kue musiman saat lebaran dan natal saja. Sedangkan ayahnya berprofesi sebagai sopir ojek online. Kedua adiknya masih berada di bangku sekolah. Adik yang tepat di bawahnya sedang menempuh kelas 12 di SMA Negeri di Jakarta Selatan.

Dia bercerita dulu menyelesaikan sekolah dengan bantuan beasiswa. Begitu juga dengan kegiatan lain seperti ekskul, outing class serta bimbel. Menyadari bahwa penambahan materi di luar sekolah adalah hal yang penting, apalagi jika waktu sudah mendekati ujian, maka belajar di sekolah saja tidak cukup. Adiknya itu sudah tiga kali mencoba tes untuk beasiswa pengurangan biaya bimbingan belajar tapi belum beruntung juga. Mungkin rezeki setiap orang berbeda-beda.

Dia berniat untuk membantu orang tuanya membayarkan bimbel untuk adiknya itu. Mulailah mencari bimbingan belajar mana yang bagus namun harganya masih terjangkau. Karena gaji bulanannya masih harus dibagi dengan adik yang paling kecil.

Ketika sedang mencari-cari informasi tentang bimbel, dia menemukan satu bimbel yang harganya lumayan murah, tapi masih ragu adalah karena jaraknya yang jauh dari rumah. Setelah dihitung-hitung dengan transport adiknya setiap bimbel, totalnya sama saja dengan bimbel lain yang lebih mahal tapi jaraknya dekat dengan rumah.

Akhirnya dia masih mencari-cari lagi, lalu rekan kerjanya tak sengaja mendengarnya sedang berbicara dengan rekan kerja yang lain mengenai sekolah anaknya yang juga sama dengan adiknya, yaitu berada di kelas 12. Dia pun menghampiri dan mencoba ikut dalam obrolan itu. Alhamdulillah dari obrolan itu dia memperoleh referensi baru tentang bimbel.

Baru pertama kali mengetahui ada bimbel jarak jauh yang bisa dilakukan secara online, yaitu Ruangguru ini, saya penasaran. Apa saja coba kelebihan bimbel seperti ini? Dia tertawa dan bilang kalau kedua orangtuanya juga melemparkan pertanyaan yang sama. Dijelaskannya keunggulan dari aplikasi tersebut dari segi harga dibandingkan bimbel konvensional lain. Di antaranya :

 

Source: Ruangguru

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam paket langganan Ruangbelajar, di mana kita dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita, apakah untuk satu tahun ajaran atau hanya satu semester atau bahkan hanya satu bulan saja.

Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Dikarenakan online, siswa tidak perlu membeli buku cetak. Selain itu bimbel online ini dapat dilakukan di mana saja, tidak mengharuskan siswa datang ke sebuah tempat. Tentunya lebih murah karena menghemat transportasi.  

Aplikasi Ruangguru ini juga menawarkan berbagai latihan soal dan Try out gratis, tidak perlu tambahan biaya lagi. Dengan demikian siswa dapat banyak berlatih soal-soal Try out tanpa harus membeli buku dan mengikuti Try out di tempat lain.

Menarik sekali ya aplikasi Ruangguru ini. Sangat membantu para orangtua atau wali yang sedang mencari bimbel dengan budget yang tidak terlalu mahal. Orangtua hanya perlu mencari tambahan biaya untuk berlangganan internet di rumah. Keuntungan lain yang ikut dirasakan adalah, siswa tidak sering keluar rumah, maka jam belajarnya dapat dikontrol oleh orangtua. Jadi berandai-andai Ruangguru sudah ada waktu jaman saya sekolah dulu. Eh, tapi kan dulu perkembangan dunia digital belum seperti sekarang.

Bagaimana Cara Bergabung di Ruangguru?

Adzan maghrib berkumandang. Kami segera membatalkan puasa dengan menyeruput teh manis di atas meja. Luar biasa berkah puasa hari ini. Saya memperoleh teman baru sekaligus informasi bimbel untuk anak-anak di rumah. Jadi ingin segera mendaftar supaya anak-anak bisa segera mulai di tahun akademik yang baru nanti.

Kalau teman-teman juga tengah mencari informasi bimbel online untuk putra-putrinya, informasi selengkapnya bisa diperoleh melalui https://www.ruangguru.com.

Mulailah registrasi, lalu pilih paket belajar sesuai kebutuhan. Asyik, kan?

 

 

Salam,

Melina Sekarsari

76 comments found

  1. Pas baca ini..makin yakin deh mau pakai bimbel online ruangguru ini untuk anakku yang bentar kagi kekas 9.

    Mau bimbel konvensional kasihan..sekolah saja sudah sampai sore..bisa-bisa seharian belajar di luar rumah..hiks
    TFS mbak

  2. Ponakanku juga pada pakek Ruang Guru, Mbak. Emang sih ngebantu banget dari segi biaya dan waktu. Cuma banyak juga ortu yang tetap memilih kursus tatap muka. Salah satunya karena anak-anak mereka susah berkonsentrasi ketika belajar secara online. Ya, hanya soal pilihan saja sih. Tapi harus kuakui kehadiran Ruang Guru ini memang solusi bagi sebgai siswa.

  3. Yah sayang, dulu zaman anak² remaja blm ada aplikasi Ruang Guru. Emang PR banget deh wira-wiri ke tempat les. Mana pulang sekolah, capek, macet, harus pergi lagi…Alhamdulillah membantu banget ada aplikasinya…

  4. Wow, pernah dengar, sih tentang ruangguru Ini, Tapi belum pernah Coba akses. Kalo saya dulu Les nya di primagama, pulangnya selalu saja menjelang maghrib. Hadeuh. Kalo Ada dulu udah ada ruangguru mah enak yaa bisa akses secara online gak perlu bolak-balik hehe

  5. Wah bisa dicoba nih mb…klu bimbel online di ruangguru lebih terjangkaukah? Baru tahu mba. Bener sih kita jd bs ngawasin krn di rmh ya. Ga hrs kluar rumah, hk antar jemput. Berarti lebih hemat ya…emak2 suka yang inihh…hiho

  6. kelihatannya asyik banget nih, bisa bimbel online. Kemarin anakku ikutan bimbel, tapi hanya bertahan sebentar karena katanya gurunya galak. Hehehe.
    Btw, langsung cung ke ruang guru…

  7. wah keren juga ya jaman sekarang ada beginian segala.
    jaman sekolah dulu sih saya nggek pernah ikut bimbel, cuma ngandelin diajarin sama bapak aja.

  8. Seandainya dulu waktu zamanku sekolah udah ada aplikasi ruang guru pasti aku udah jadi member aplikasi keren nih. Next.. moga beberapa tahun lagi bisa aku gunain buat ngedampingi anak belajar.

  9. Saya termasuk salah satu guru yg terdaftar di ruang guru. Skrg kita dimudahkan ada aplikasi ruang guru nih. Anak2 bisa belajar materinya terlebih dahulu, baru deh private kalau ada yg bingung nanya ke kita gurunya.

  10. belajar bisa dimana aja ya
    asik juga ruang guru
    aku dulu ga pernha kepikiran untuk buat bimbel kayak gini
    cung jempol deh buat pendiri ruag guru

  11. Saya memang terkagum dengan cara kerja ruang guru ini. Memanfaatkan teknologi internet untuk menciptakan media belajar online yang ramah kantong. Salut. BTW pernah lihat kantornya di Sahardjo

  12. Saya sudah lama dengar tentang aplikasi ruangguru, tapi belum pernah mencobanya. Kayaknya asyik ya … ngomong2, kalau kayak kelas tahfidz gitu ada nggak ya ..

  13. Asik seneng banget ya jaman skrng anak anak bisa mudah belajar dengan pantauan ortu dirumah karena ada ruang guru ini

  14. Ruang guru ini membantu banget buat anak belajar pelajaran sekolah tanpa meninggalkan rmh ya… perkembangan teknologi saat ini keren ya…apa saja ada di smartphone

  15. Zaman sekarang anak2 enak banget ya bisa manfaatin bimbel online. Kalau zamanku dulu kyknya kud les pulang sore bahkan malam haha.
    Jd rugi banget kalau ada anak sekolahan yg gak manfatin ruang guru ini.

  16. Adikku pakai Ruangguru buat belajar materi2 yg dia gak pahami di sekolah. Dan, menurutnya ini cara asyik buat belajar di luar kelas.

  17. Enak ya bimbel zaman skrng, beda dulu hehe. Ini ortu yang anaknya udah SD-SMA kudu kasi fasilitas ruang guru ini ke anak2nya supaya gadget gak dipakai main game oleh anak2nya mulu ya 😀

    1. Era digital, semua bisa dilakukan tanpa kita perlu berpindah tempat. Iya ya, android anak-anak dikasih memori terbatas aja, dan aplikasi ini kudu ada di dalamnya.

  18. Seandainya dulu pas jamanku ada beginian ya :””””) Aku jenis yang susah belajar sekali-dua kali. Harus berkali2 dan biasanya beda jenis belajar sama yang lain. Jadi, meski bimbel offline pun harus nambah extra time di luar kelas. Sedih

  19. asik ya ada distance learning yang mudah dijangkau seperti Ruangguru. Dulu aku bimbel harus ke luar kota. Kalau begini tinggal self-dicipline untuk rajin belajar aja dan ga tergoda main game.

  20. Waw banget anak jaman now yaa…
    Bener-bener memanfaatkan gadgt sebagai sarana untuk menggapai cita-cita.
    Ruangguru memberikan pengalaman belajar yang efisien.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.