Mendukung Kegiatan Berpuasa Anak Bersama Cosmos

Hampir dua minggu jelang Ramadhan, bungsu yang memang aslinya sudah doyan ngomong, terus-terusan bertanya, “Kapan puasa? Kapan puasa?”

Jawaban saya setiap hari berganti, “Sepuluh hari lagi.” Besoknya menjadi “Sembilan hari lagi.” Begitu terus. Sampai kemudian jawaban saya berganti menjadi, “Besok kita puasa. Nanti malam kita sholat Tarawih, yuk.”

Wuih … Dia langsung bersorak kegirangan, “Asyik, aku puasa! Asyik, aku puasa!”

Anak-Anak dan Berpuasa

Sebagai orangtua, senang dan bangga dong buah hatinya menyambut datangnya bulan Ramadhan dengan gembira. Padahal masih duduk di kelas 1 SD. Ini beda banget sama saya dulu yang kalau mau puasa malah sedih. Soalnya saya tuh susah banget menahan lapar. Kalau sulung sudah lebih enak lagi. Sudah lebih terbiasa berpuasa jadi meskipun nggak se-excited adiknya, berpuasa sebulan penuh bukan sesuatu yang mengerikan baginya.

Ada yang lucu soal rencana berpuasanya bungsu. Katanya, puasa hari pertama dan hari terakhir setengah hari saja, lalu puasa hari ke-2 dan ke-29 mau puasa sehari full. Agak lucu nih jadwalnya. Waktu saya tanya alasannya, katanya karena puasa hari pertama dia masih kaget lalu puasa hari terakhir dia sudah nggak sabar untuk takbiran. Jadi puasa bedug saja maunya. Wedew, alasannya lucu nggak sih, Buibu?

Tantangan Berpuasanya Anak-Anak

Tapi nyatanya semua cerita di atas tinggal cerita. Bungsu di hari pertama sudah merengek lapar di pukul 09.00 pagi. Rengekan yang volumenya semakin lama semakin bertambah kencang. Sampai nggak enak hati sama tetangga depan rumah yang bayinya baru berusia sebulan lebih. Meskipun belum punya kewajiban berpuasa, saya maunya bungsu bisa bersabar menantikan adzan Dzuhur. Kalau terbiasa berpuasa, saat baligh nanti harapan saya dia akan menjalani puasa dengan lebih mudah.

Sulung – dramanya sudah dimulai saat sahur. Makannya lamaaa sekali. Alih-alih menyuapkan nasi dan lauk-pauknya ke dalam mulut, sulung malah sibuk memisahkan irisan bawang dengan jarinya. “Kenapa sih Mama kalau masak selalu pakai bawang?”

Lha dalah, sejak kapan bawang merah dan bawang putih dicoret dari daftar resep masak-memasak? Sudah diberitahu kalau itu bumbu dasarnya memasak, tetap dong dia nggak percaya. Sudah diakali dengan diulek, eh tetap saja kelihatan sama matanya.

Ada satu masalah lain yang sama-sama terjadi pada kedua buah hati saya. Betapa susahnya mengajak mereka menyantap buah-buahan. Saya maunya semua bisa berpuasa dalam kondisi sehat, dong. Terpenuhi nutrisinya termasuk kebutuhan serat. Duh, agenda sahur dan berbuka jadi dilengkapi dengan omelan panjang saya deh, tuh.

Cosmos Hadir Sebagai Solusi

Sebagai working mom from home, sehari-hari saya lumayan sibuk. Bekerja dari Senin sampai Jumat mulai pukul 09.00-16.00. Memang judulnya bekerja dari rumah. Tapi jam kerja saya ini sudah sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan bersama tim yang berada di luar kota. Sesekali saya ijin kalau ada keperluan yang penting sekali. Jadi sebisa mungkin jam kerja tersebut saya patuhi.

Itu masih di luar pekerjaan lain sebagai pedagang online. Membalas pesan-pesan calon pembeli, merekap pesanan, sampai mengemas pesanan dan membawanya ke agen ekspedisi, tentunya menyita waktu juga. Belum lagi kalau saya harus datang ke event blogger dan mengerjakan tugas tulisan. Kalau ditotal-total, jam kerja saya memang belasan jam per hari, sih.

Makanya, urusan di dapur saya kerjakan sebisanya. Memastikan bahwa hidangan sahur dan berbuka ada. Menunya memang nggak komplit, tapi InsyaAllah tetap sehat.

Cosmos Blenz CB-801 membuat bungsu happy ikutan terjun ke dapur

Nah, tantangan yang saya hadapi dari anak-anak selama berpuasa lumayan membuat pening, nih. Alhamdulillah, ada perlengkapan dapur yang kehadirannya sangat membantu kegiatan ngoprek di dapur.

Cosmos Blenz CB-801 bisa membantu saya menyiapkan bumbu masakan sembari bekerja. Biasanya saya mengiris bawang merah dan bawang putih tipis-tipis dan hanya dilakukan usai jam kerja selesai.  Atau menghaluskannya dengan ulekan dan cobek tapi ya nggak sampai halus banget.

Duh, level kemampuan masak saya yang masih beginner ini belum sanggup deh menghaluskan bumbu secepat kilat. Tapi dengan Cosmos Blenze CB-801 ini, bumbu-bumbu bisa halus sampai sehalus-halusnya, sambil saya tetap lanjut bekerja. Kegiatan ini nggak perlu lagi menunggu sampai jam kantor saya usai.

Review Cosmos Blenz CB-801

Kok saya happy banget ya punya Cosmos Blenz CB-801? Ya karena Cosmmos Blenz ini punya banyak keunggulan. Apa saja, tuh? Saya ceritain, ya.

Tersedia dua warna, biru muda dan pink.

Teknologi Canggih; Bisa Berhenti Sendiri

Cosmos Blenz CB-801 ini dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkan motor berhenti sendiri saat bahan sudah halus. Tingkat kehalusan yang diperlukan tentu berbeda-beda, ya. Tapi ini betul-betul membantu saya, sambil menyiapkan bahan masakan, bisa tetap berhadapan dengan laptop. Ya, kan saya cuma punya dua tangan yang seringkali harus melakukan banyak hal bersamaan.

Dengan kemampuan ini, tentunya saya bisa lebih menghemat waktu dan tenaga, kan?

Kapasitas Besar dan Two In One Mill

Plastic Goblet-nya berkapasitas besar, yaitu 1,5 liter. Sangat mendukung saat mau menyediakan minuman segar untuk seluruh anggota keluarga. Apalagi saya tinggal bersama anggota keluarga yang banyak.

Cosmos Blenz CB-901 juga dilengkapi dengan two in one mill untuk menggiling bumbu kering dan basah. Nah, bisa menyiapkan masakan dan minuman segar dengan alat ini.

Teknologi Canggih; Bisa Berhenti Sendiri

Saat kabel sudah terhubung ke stop kontak, lampu indikator akan otomatis menyala. Ini memberi tanda bahwa Cosmos Blenz CB-901 siap digunakan. Kalau lampu belum menyala, kemungkinan ujung kabel nggak terhubung dengan benar ke stop kontak.

Sekali pakai Cosmos Blenz CB-801 ini, kepengannya tuh giling bumbu terus dan membuat minuman segar terus, mulai dari jus buah, smoothies, sampai milkshake. Tapi, kira-kira motornya kuat nggak, ya? Tenang, Cosmos Blenz CB-801 dilengkapi dengan Thermostat Overheat Protection yang mampu melindungi motor dari panas berlebih sehingga lebih awet dan aman. Tenang dong, yaaa.

Cosmos Blenz CB-801 menceriakan dapur saya.

Safety Lock System

Saat menggunakan Cosmos Blenz CB-801 ini, pastikan bahwa plastic goblet dan two in one mill glass sudah terpasang dengan benar. Putar sampai berbunyi ‘klik’. Ini tandanya sudah siap digunakan. Tapi kalau pun teman-teman lupa belum memutar sampai ‘klik’ itu, jangan khawatir. Cosmos Blenz 801-CB dilengkapi dengan Safety Lock System sebagai kunci pengaman. Motor tidak akan bekerja selama belum terkunci.

Komponen Motor Tembaga

Komponen motor dari Cosmos Blenz CB-901 ini terbuat dari 100% gulungan tembaga yang memungkinkan motor lebih kuat bekerja dan tahan lama.

Hemat Listrik

Salah satu hal yang sering membuat saya ragu menggunakan produk elektronik di rumah adalah daya yang digunakan. Maklum deh, saya tinggal di perumahan jaman dulu yang daya listriknya Cuma 900 Watt. Jangan sampai ya, maksud hati mau hidup praktis dengan menggunakan alat elektronik, eh listriknya malah ngejepret alias turun.

Alhamdulillah, Cosmos Blenz CB-801 ini aman di rumah saya karena daya masukannya hanya 250 Watt saja.

Anti Slip (Karet Hisap)

Saya bisa mengajak anak-anak turut serta berkegiatan di dapur misalnya membantu menggiling bumbu atau membuat minuman segar.  Cosmos Blenz CB-801 dilengkapi karet hisap di bagian bawahnya yang membuat produk ini menempel permukaan lantai dengan kuat. Saya nggak perlu khawatir blenz ini bekerja sambil bergeser kesana-kemari.

Oiya, Cosmos akan meluncurkan Cosmos Blenz model terbaru CB-812 G. Kelebihannya apa? Tersedia dua gelas penggiling, untuk bumbu kering dan basah. Jadi kegiatan menyiapkan bumbu masak bakal lebih cepat lagi, nih.

Hidangan Sahur untuk Anak-Anak

Bangun pukul 02.00 pagi, laporan Bos Besar dulu, satu jam kemudian adalah saatnya menyiapkan hidangan sahur untuk anak-anak. Anak-anak pada dasarnya makannya gampang, asal nggak kelihatan ada bawang.  Adiknya suka ikut-ikutan si kakak tuh soal mungutin irisan bawang.

Nggak usah khawatir lagi, kan tinggal menggiling bumbu saja pakai Cosmos Blenz CB-801. Sebagai pemasak pemula – maklum dulu lebih kuat eksistensinya sebagai perempuan bekerja  – saya menyediakan tiga menu ini untuk hidangan sahur beberapa waktu lalu. Saya menyediakan menu Bayam Masak Telur Puyuh, Sambal Peda Sayuran, dan Banana Vanilla Smoothies.

Tiga menu yang hadir dalam satu jam. Sudah menjadi prestasi tersendiri buat saya,

Minuman segar menjadi menu yang paling ditunggu anak-anak. Anak-anak selalu suka minuman dingin kan, ya? Saya pun jadi punya peluang memasukkan menu buah-buahan ke dalam mulut anak-anak tanpa mereka melihat langsung wujudnya.

Saya bagikan sedikit ya, resep membuat Banana Vanilla Smoothies ini:

250 ml susu cair

Satu (1) buah pisang sunpride

100 ml yoghurt tanpa rasa

Lima (5) keping wafer vanilla

Satu (1) sendok susu kental manis

Es batu sesuai selera

Caranya mudah banget. Masukkan semua bahan di atas ke dalam plastic goblet. Saya memilih menggiling dengan high speed supaya lebih halus. Gampang banget dan rasanya enak. Oiya, di hari-hari berikutnya, buah-buahan saya modifikasi. Kadang menggunakan buah pear + wortel.

Selamat mencoba dan jangan lupa gunakan blender Cosmos, ya.

Saya menggunakan pisang sun pride karena teksturnya lebih halus supaya bungsu nggak terlalu sadar kalau ada pisang di dalamnya. Soalnya, dia nggak suka pisang. Jadi ibu memang harus kreatif kan, ya?

Besok-besok saya bakal ketagihan nih membuatkan minuman segar dengan blender terbaik, Cosmos CB-801.

Di Mana Bisa Membeli Cosmos Blenz CB-801?

Buat ibu-ibu yang kesengsem juga sama Cosmos Blenz CB-801 ini, yuk segera gunakan dana THR-nya buat membeli produk ini. Cosmos Blenz CB-801 dan produk-produk Cosmos lainnya bisa dibeli di toko-toko elektronik maupun supermarket. Buat yang nggak mau repot jalan-jalan ke toko, bisa juga dibeli secara online di market place ternama seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee (Official Store Cosmos).

Cosmos sebagai brand produk elektronik yang sudah dikenal lama, masih punya banyak sekali produk-produk elektronik lainnya yang akan menyempurnakan peralatan rumah tangga kita. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk-produk Cosmos lainnya, yuk deh berkunjung langsung ke www.cosmos.id. Di sana, tersedia juga beraneka resep dan tips bermanfaat lainnya.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Bahagiakan keluarga kita dengan Cosmos!

 

Salam,

Melina Sekarsari

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

18 Comments

  • Wiwin Pratiwanggini May 30, 2019 at 8:58 am Reply

    Saya juga cocok pake blender merk Cosmos. Alhamdulillah awet banget.

    • melinase May 30, 2019 at 1:34 pm Reply

      Alhamdulillah … Awetnya itu penting, ya. Biar hemat, hihihi …

  • Juli Dwi Susanti May 31, 2019 at 9:21 am Reply

    Alhamdulillah sudah sekian tahun ditemani cosmos, bikin tiga jagoan semangat dan sampai dewasa ini tetap semangat berpuasa

    • melinase May 31, 2019 at 10:35 am Reply

      Wah, Miss Juli keren pengguna Cosmos jugaaa.

  • Haeriah Syamsuddin May 31, 2019 at 10:19 pm Reply

    Produk Cosmos udah terkenal awet sejak dulu. saya juga memiliki beberapa produk bermerk cosmos. Udah jaminan, sih.

    • melinase June 1, 2019 at 5:45 pm Reply

      Nah … Sudah terpercaya ya, Bun.

  • Enni Kurniasih May 31, 2019 at 10:41 pm Reply

    Anakku yang bungsu juga anti banget dengan bawang, bahkan sampai muntah segala. Mungkin bisa nyoba pake blender Cosmos, ya. Biar halus banget bawangnya.

    • melinase June 1, 2019 at 5:45 pm Reply

      Wah, samaan ya ternyata. Padahal apalah rasanya masakan tanpa bawang.

  • bundaeniq June 1, 2019 at 8:59 am Reply

    enak ya sekarang bumbu udah gak pakai ngulek, bikin jus juga gampang banget jadi yang gak bisa masak kayak kita cukup terbantu dan bisa berkreasi. Btw aku juga suka cosmos nih selain ekonomis juga awet lho. Mampir ya ke bundaeni[dot]com

    • melinase June 1, 2019 at 5:47 pm Reply

      Iyaaa … Enak banget. Habis ini mau eksplor ke ranah perkuehan, ahhh … Punya mixer dan oven pasti enak, yaaa …

  • Bety Kristianto June 1, 2019 at 12:09 pm Reply

    Wah samaan dong kita mba, aku juga suka pake merk Cosmos. Blender dan mixer di rumah pake cosmos.
    Ngomong-ngomong selamat yes, bisa menghasilkan menu masakan yang Ok buat nak kanak.. 🙂

    • melinase June 1, 2019 at 5:47 pm Reply

      Asyiiik … Udah pakai Cosmos jugaaa. Makasih, Simbok … Semoga aku berjaya di dapur, hahaha …

  • Nyk Note June 1, 2019 at 2:20 pm Reply

    Wah senengnya punya blender baru yang mndukung aktivitas kita di dapur. Apalgi bl anak jd smngat puasa krn bs menikmati hasil olahan blender. Keren ya produknya. Suiipp deh smngat ya mba…

    • melinase June 1, 2019 at 5:48 pm Reply

      Iya, Mbak. Emaknya jadi semakin semangat belajar memasak juga, hahaha …

  • hani June 1, 2019 at 2:40 pm Reply

    Keren ada safety lock system. Harus benar-benar aman terpasang baru bisa nyala mesinnya. Seringkali kan tak sengaja kita ceroboh di dapur. Semangat berburu resep deh, uji coba menu baru selalu. Selamat memasak Mbak…

    • melinase June 1, 2019 at 5:49 pm Reply

      Iya, aman deh Bun, nggak ngeri blendernya jalan-jalan.

  • Evalina June 1, 2019 at 5:42 pm Reply

    Keren ya, Cosmos, bisa berhenti sendiri dan bisa tetap di tempatnya, tidak bergeser

    • melinase June 1, 2019 at 5:49 pm Reply

      Iya, itu yang paling bikin nyaman.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.