Melina Sekarsari

Menuliskan Masa Lalu, Hari Ini, dan Masa Depan
Tidak Ingin Lagi Tersiksa Akibat Mata Kering; Bisa Bersama Insto Dry Eyes

Tidak Ingin Lagi Tersiksa Akibat Mata Kering; Bisa Bersama Insto Dry Eyes

Pernah merasakan sakit luar biasa di mata kanan sampai mengira saat itu akan kehilangan penglihatan, saya berjanji pada diri sendiri untuk lebih menjaga kesehatan mata ini.

Saya nggak pernah menduga pagi itu harus menerima bantuan dari orang lain saat akan turun dari bus. Dibantu dua orang penumpang, saya berjalan pelan menuju pintu keluar. Beberapa waktu terakhir, mata saya memang bermasalah. Cepat lelah, terutama kalau berhadapan dengan layar laptop. Tadinya saya mengira minus di mata bertambah, atau mungkin sudah ada silinder juga.

Merasa sudah dalam kondisi serius, setibanya di kantor saya langsung menghubungi salah satu rumah sakit mata di Jakarta. Siang harinya, saya datang lalu berkonsultasi dengan salah satu dokter mata di sana. Menyampaikan keluhan yang terjadi beberapa waktu terakhir, termasuk kejadian di bis saat mata saya sakit banget sampai di bagian mata kanan nggak bisa terbuka. Terasa lengket dan seperti ditusuk-tusuk. Mata kiri berair cukup banyak karena perih.

Sekitar dua puluh menit berada di ruangan dokter, saya dinyatakan mengalami mata kering. Kondisinya sudah cukup serius karena gejalanya seringkali saya abaikan. Selembar resep diberikan untuk ditebus di apotek. Saya memperoleh dua jenis obat tetes mata. Alhamdulillah, tiga hari kemudian mata saya kembali berfungsi dengan baik.

Peristiwa itu terjadi sekitar tiga tahun lalu saat saya masih berstatus sebagai pekerja kantoran. Sejak saat itu, saya berjanji pada diri sendiri untuk lebih memerhatikan kesehatan mata. Juga waspada apabila gejala-gejalanya mulai muncul.

Mengenal Mata Kering dan Penyebabnya

~~Mata kering merupakan kondisi saat mata kita kekurangan air mata sehingga proses pelumasan pada mata tidak berjalan sempurna ~~

Mata kering dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, yaitu:

Penuaan; mata kering umum terjadi seiring bertambahnya usia, terutama terjadi pada usia di atas 65 tahun. Mata kering lebih berpotensi terjadi pada kaum wanita karena adanya perubahan hormon, terutama dari proses kehamilan dan penggunaan alat kontrasepsi.

Konsumsi obat-obatan tertentu seperti: antihistamin, dekongestan, obat tekanan darah, dan anti depresan yang dapat mempengaruhi produksi air mata.

Kondisi medis tertentu, seperti: rheumatoid arthritis, diabetes, dan masalah tiroid.

Kondisi lingkungan seperti paparan asap, angin, serta iklim yang kering dapat meningkatkan penguapan air mata.

Aktivitas bekerja di depan layar yang disertai dengan kurang berkedip. Ini juga dapat meningkatkan penguapan air mata.

Operasi Lasik

Laptop dan Insto menjadi nyaman bekerja

Ketika saat ini statusnya saya berubah menjadi working mom from home, aktivitas yang berhadapan dengan layar bukan berarti menjadi berkurang. Intensitasnya malah lebih tinggi dari sebelumnya. Menjadi working mom from home membuat saya memanfaatkan setiap peluang yang bisa dilakukan mulai dari urusan pekerjaan sampai menikmati hobi menulis.

Bersama-sama dengan rekan satu tim, kami mengelola sebuah lembaga yang menyediakan jasa pelatihan pasar modal, khususnya pelatihan analisa saham. Menghabiskan banyak waktu untuk menganalisa saham di depan laptop? Sudah pasti.

Dalam kondisi ini, pastinya saya pasti serius menatap layar. Mengamati chart, angka-angka berukuran kecil, dan berpindah dari satu fitur ke fitur lainnya. Malam dan dini hari, waktunya saya menulis. Baik yang menjadi bagian dari profesi, maupun sebagai penyaluran hobi.

Nah, dengan kondisi seperti ini, saya rentan banget ya terpapar mata kering lagi karena banyaknya aktivitas di depan layar itu.

Gejala-Gejala Mata Kering; Apa Saja, Ya?

Gejala-gejala mata kering sebenarnya mudah sekali dideteksi. Kemungkinan teman-teman juga pernah atau mungkin malah tengah mengalaminya saat ini. Yuk, kita telusuri satu-persatu.

Usai bekerja lama di depan laptop, teman-teman pernah nggak merasakan mata terasa sepet, gitu? Kalau saya sih sering. Mata terasa nggak bisa melihat sekitar dengan warna yang jernih. Seperti ada selaput yang menutupi pandangan mata. Sepet gitu rasanya.

Ibarat tubuh yang kalau diajak bekerja sejak bangun tidur hingga tidur lagi lalu terasa pegel dan butuh minum jamu, mata kita pun demikian. Kalau terus-menerus diajak beraktivitas di depan layar sehari penuh, pasti terasa pegel juga. Rasanya ingin dibawa merem, tapi pekerjaan belum selesai. Suka begitu kan, ya?

Pencahayaan di layar bekerja kita memang bisa diatur sedemikian rupa agar bisa menyesuaikan dengan mata kita. Saya juga melakukan hal yang sama. Tapi tetap lho, karena durasi aktivitas di depan layar yang panjang, yang namanya mata perih nggak bisa dihindari. Tiba-tiba berair padahal saya nggak sedang menangis.

Dari ketiga gejala di atas, ada nggak satu saja yang pernah dialami juga oleh teman-teman? Apppa? Malah tiga-tiganya? 

Itu berarti teman-teman sudah mengalami juga lho yang namanya mata kering. Jangan diabaikan, ya.

Langkah Cerdas Menghadapi Mata Kering

Sehubungan aktivitas saya saat ini memang berpotensi besar memicu timbulnya kembali kondisi mata kering, harus ada tindakan nyata dong dalam menghadapinya. Pastinya saya kapok, nggak mau lagi peristiwa sakit mata tiga tahun lalu itu terulang kembali.  

Makanya, menjaga dan memelihara kesehatan mata itu penting banget. Selain menjaga mata kita tetap sehat agar dapat beraktivitas secara optimal, ini menjadi bagian dari rasa syukur kita karena sudah dianugerahi dua mata dari-Nya kan, ya?

Langkah-langkah di bawah ini bisa teman-teman lakukan untuk meminimalisir terjadinya mata kering:

Jangan lupa berkedip; saat teman-teman beraktivitas di depan layar atau tengah membaca buku. Ingat ya, berkedip akan membantu menjaga kelembapan mata.

Meningkatkan kelembapan udara di rumah atau tempat bekerja. Ini membantu mata kita dalam kondisi tetap lembap.

Mengenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan agar dapat melindungi mata dari paparan angina dan sinar matahari.

Mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas per hari untuk menghindari dehidrasi.

Gejala mata kering? Ahay, di Insto-in Dry Eyes aja.

Selain itu, saya sudah tahu nih kalau harus selalu menyediakan Insto Dry Eyes di dalam tas. Insto Dry Eyes merupakan varian baru dari Insto yang memiliki bahan aktif ampuh untuk mengatasi mata kering. Ukurannya yang kecil fleksibel banget untuk dibawa-bawa. Tetes mata dari Combiphar ini sudah terbukti nyata sejak saya kecil dulu.

Insto Dry Eyes; Solusi Mata Kering

Insto Dry Eyes diproduksi oleh perusahaan farmasi ternama, Combiphar. Insto sendiri sudah lama banget ya dikenal di Indonesia. Sejak saya kecil dulu sudah ada, nih.

Di era digital ini penggunaan gadget sudah nggak bisa lagi dihindari karena akan mendukung kegiatan sehari-hari. Selain itu, kondisi lingkungan kita saat ini juga sudah tidak sebersih dulu. Ditambah paparan sinar matahari yang lebih panas dari hari ke hari. Mata kering sangat mungkin dialami oleh sebagian besar orang.

Kalau sudah merasakan mata teras sepet, pegel. dan perih, ini artinya mata kering sudah mulai terjadi. Jangan diabaikan karena mata adalah organ tubuh yang vital. Bahaya banget kalau sampai terganggu apalagi rusak. Nggak usah bingung, selesaikan masalah mata kering ini dengan  Insto Dry Eyes.

Oleh karena itu, penting banget nih untuk selalu menyediakan Insto Dry Eyes. Dikemas dalam botol mungil dengan ukuran 7,5 ml, Insto Dry Eyes tampil mungil, praktis dibawa kemana-mana. 

Teman-teman bisa memperolehnya di apotek, minimarket, atau supermarket. Saya sendiri biasanya membeli di apotek. Harganya pun cukup terjangkau. Terakhir saya beli, cukup mengeluarkan uang Rp 14 ribuan saja.

Yuk, kita syukuri salah satu karunia dari-Nya dengan cara menjaga kesehatan mata kita.

 

 

Salam,

Melina Sekarsari

96 comments found

  1. Pengalaman aku banget nih! Pernah ngalamin soalnya, karna keseringan pakai laptop dan hp, kalau sudah fokus lupa ngedipin mata, akhirnya mata perih dan pegal. Syukur dapat infonya di sini cara ngatasinnya pake insto ya, entar aku coba deh

  2. Setuju…Mensyukuri salah satu karunia-Nya dengan cara menjaga kesehatan mata kita. Caranya, diantaranya dengan sedia Insto Dry Eyes, sehingga ketika mata terada kering, dan kurang nyaman tinggal teteskan

  3. Whaa kalo aku pas nyetir mba, kadang klo lagi fokus kaya keasikan melek, padahal AC nyembur itu bikin mata kering juga ya. Siaaap insto dry eyes deh!

  4. Separah itu yaa mba efek dari mata kering. Kita sering banget menyepelekan gejala-gejalanya. Untung ada produk yang membantu dalam penanganan pertama mata kering ya. Mudah pula didapatnya.

  5. Insto Dry eyes ini beneran membantu banget khususnya bagi kita-kita para blogger yang lama terpapas layar laptop ya, mata jadi kering dan tidak nyaman.
    Kudu nyetok mah ini 🙂

  6. akupun tidak ingin lagi merasakan mata kering yang menyiksa pandangan dan batin mba.. hehe.. aku juga pake insto dry eyes nih biar mata selalu lembab

  7. Pas tau gejala2nya kek gitu kayaknya mata saya termasuk kering deh. Besok deh cari insto dry eyes mau coba pake

  8. Bener banget ini mbak, saya termasuk orang yang suka mengabaikan mata kering saat sudah asyik baca. Ternyata kebiasaan buruk ini harus segera dirubah. Mulai deh sedia Insto di rumah biar nggak kena gangguan mata lagi.

  9. Wah, sampai separah itua ya mba cuma karena mata kering. Saya juga nih sering acuh dan lalai menjaga kesehatan mata. Kadang mata sudah sepet pun dipaksakan natap layar laptop.

  10. wiih klo mata sudah iritasi, kering atau lelah itu sangat mengganggu aktifitas yo mba. Tapi dari dulu sampe sekarang insto memang nomor satu yak, klo ke apotik cari obat mata, mulut pasti langsung nyebut insto hihihi ga ada yg lain.

  11. Biasanya emamng mata kering krn dipaksa kerja keras kyk liat gadget terus dll. Emang kudu sedia obat tetes mata gtu ya supaya mencegah mata dari kering dan iritasi. Insto ini brandingnya udah ok banget sebagai obat tetes mata yang berkhasiat 😀

  12. Wah Mba Mel kebayang deh mata sakit harus bepergian itu rasanya gimana. Untung ya segera dapet pengobatan yang tepat. Dan insto ini salah satu cara yang mudsh dan praktis ya. Aku juga pake ini.

  13. Kalau aku rajin-rajin berkedip kalau menatap layar televisi atau handphone terlalu lama. Mata jadi enggak tegang. Kalau mata kering, obat tetes mata juga mujarab untuk mengatasinya.

  14. Aku juga selalu pake kacamata hitam kalo di luar rumah. Karena matahari Sekayu luar biasa panasnya, walau nggak sepanas di Maluku. Tapi, tetap aja bikin mata silau dan berair.

    1. Wah, Bun kolektor kacamata hitam nih kayaknya. Bogor juga sudah mulai panas nih, Bun. Tapi masih suka merasa aneh di kota sendiri pakai kacamata hitam, hahaha …

  15. Emang yahh… Yg namanya mata alat vital sekali bagi kita. Secara sebagai indera yang membuat kita bs melihat keindahan dunia ini dan amat sangat dibutuhkan utk apa saja. Kalau saya bilang sih, sayangi mata ya . Salah satunya ya dengan Insto Dry eyes inihh

  16. Duh ..jangan sampai diabaikan gejala mata kering itu ya, Mbak. Kejadian saat turun dari bus, jangan sampai terulang lagi, hiks kebayang bingungnya :((
    Apalagi kita perempuan lebih besar resikonya dibandingkan kaum pria, harus hati-hati, deh!

  17. aduh untung cepat ke dokter mata kalo berlarut larut bisa jadi bahaya .Kita tuh rata rata emang suka mengabaikan kesehatan mata ,padahal yang pertama kali dilakukan setiap hari ya buka mata.

  18. Catat.. jangan lupa berkedip ya mbak? Karena dengan berkedip air mata keluar dan menjadi pelumas bagi mata. Sederhana tapi kadang terlupa, terlalu asik dan terlalu berkonsentrasi

  19. Mata adalah anugrah yang tidak terkira. Dengannya kita bisa menikmati indahnya ciptaan-Nya, dan memperoleh banyak pengalaman dan pengetahuan kemudian merekamnya. Sudah seharusnya kita jaga. Salah satunya dengan insto Dry eyes Ini…

  20. Dulu kalau mata terasa pegal dan sepet gitu, aku suka di meremin sebentar, katanya sih istirahatkan mata, kalau sekarang enak nih tinggal di tetesi dengan insto

  21. Mata kering bikin menghambat kerjaan, karna kalau mata sepet taunya ya karna ngantuk, jadinya kerjaan terbengkalai

  22. Ya, aku banget ini, kalau sudah fokus di depan laptop atau di hp, suka lupa kedipan mata, akhirnya matanya suka sepet, pegel dan kadang-kadang perih, wah untung ada insto dry eyes, entar dicoba deh

  23. Samaan nih, Mbak Melina. Saya juga sedia Insto Dry Eyes.
    Soalnya bukan hanya aktivitas di depan laptop dan smartphone bikin mata kering, tapi pas naik motor, bahkan jalan-jalan bisa bikin mata kering.

  24. Gak enak banget sama yang namanya mata kering, atau merah. Apalagi kalau udah dikejar deadline kerjaan. Bawaannya resah mulu, jadi aku pribadi selalu siap sedi yang namanya Insto Dry Eyes ini

  25. Kalau habis berenang di siang hari mata biasanya terasa perih dan sepet buat berkedip. Memang enak sich kalo habis ditetesi dengan insto. Rasanya dingin ..

  26. Wuih kece banget mbak, kyk apa tu mainan saham? Sharing donk 😀
    Iya mbak risiko kebanyakan di depan laptop atau gadget lainan gtu ya mata jd pedih dll, ternyata itu tanda mata kering ya? Kalau udah gtu gak bisa dibiarin khawatir malah parah jd kudu segera tetesin Insto ya mbak 😀

    1. Boleeeh … Dirimu sibuk ngider, sih. Kapan-kapan ketemu, ngobrolin saham yook hehehe …

      Iya, nih. Laptop membuat pekerjaan jadi mudah, tapi ada bahaya mengintai, nih. Makanya, mesti kenal gejala penyakit mata dan solusinya.

  27. untuk menyiasati mata kering, setuju banget kalo kita harus paham penyebabnya dulu, supaya kita jadi paham cara pengobatan yang tepat, yaitu dilembabkan dengan tetes mata khusus mata kering, seperti Insto Dry Eyes..

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.