Bosan Liburan di Rumah; Ayo Membuat Kudapan dan Minuman Enak

Source: Pexels

Buat saya, salah satu perempuan beruntung di dunia adalah mereka yang dianugerahi tangan-tangan terampil di dapur dengan hasil masakan yang lezat. Apakah saya termasuk salah satu di dalamnya? Sayangnya bukan. Tangan saya hanya terampil memasukkan makanan ke dalam mulut lalu menggilasnya sampai habis, wkwkwk

Ada sih masa-masa saat saya kepengen banget terjun ke dapur untuk membuat sesuatu. Kalau mood-nya tengah bagus, biasanya hasil masakannya enak. Tapi kalau sebaliknya, ya sebaliknya juga. Tapi itu biasanya lho ya, sering juga kok mood-nya bagus tapi rasa masakannya ke delapan penjuru mata angin. Buat saya sih, memasak itu soal ketrampilan yang harus sering diasah. Semakin sering memasak, semakin lezat hasil masakannya. Iya nggak, sih? Sayangnya lagi, saya sepertinya terlalu sibuk gitu buat memasak yang ribet-ribet. Halah.

Salah satu keberuntungan saya adalah anak-anak selalu suka masakan saya, wkwkwk … Entah memang enak betulan, takut saya marahi, atau mereka menjunjung tinggi asas menghargai hasil karya orang lain apalagi orang itu adalahnya ibunya, hahaha

Mengisi Liburan dengan Menjadi Koki Cilik

Mengisi waktu liburan anak-anak yang nggak kemana-mana, salah satu strategi orangtua agar mereka nggak rewel adalah menyediakan makanan dan minuman enak. Punya banyak waktu, kenapa juga bukan mereka saja yang membuat sendiri. Saya tinggal membantu menyiapkan bahan-bahan saja.

Apa saja sih yang kami sempat buat?

Sulung tuh penyuka roti. Sangat suka roti. Buatnya, hidup rasanya belum makan kalau belum ketemu roti. Kalau isian roti memakai selai, mentega, coklat butir, parutan keju, rasanya sudah biasa banget. Apalagi saya jadi menambah daftar makanan manis mereka. Padahal mereka membutuhkan asupan protein yang tinggi dibandingkan gula.

Baiklah, untuk mengakomodir kesukaan sulung pada roti dan pemenuhan protein, oprek-oprekan kami di dapur berarti harus berbahan dasar roti dan isian berupa protein.

Kudapan Enak; Egg Bread Chicken Aroma dan Crunchy Cheesy Fish

Pada kesempatan liburan kali ini, kami membuat Egg Bread Chicken Aroma dan Crunchy Cheesy Fish. Namanya keren ya, halah … itu biar yang baca tulisan ini tertarik gitu, wkwkwk

A. Egg Bread Chicken Aroma

Bahan-bahan:

  1. Sebungkus roti tawar dengan kulit
  2. Dua butir telur ayam, pisahkan antara bagian putih dan kuningnya
  3. Suwiran ayam
  4. Daun bawang, cincang halus
  5. Dua siung bawang putih, haluskan
  6. Lada bubuk
  7. Kaldu ayam bubuk

 

 

Mau digoreng atau dipanggang, sama enaknya.

Cara membuat:

Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan suwiran ayam, lada bubuk, dan kaldu ayam bubuk sesuai selera. Setelah harum dan tercampur rata, sisihkan.

Potong bagian kulit roti tawar, jangan dibuang.  Pipihkan roti, oleskan putih telur di atasnya, masukkan suwiran ayam yang sudah dibumbui. Lipat roti menjadi bentuk segitiga, tekan bagian pinggir untuk memastikan suwiran ayam nggak berhamburan keluar. Baluri bagian luar roti dengan kuning telur, goreng hingga kekuningan, lalu angkat dan tiriskan.

Taraaa! Egg Bread Chicken Aroma siap dinikmati.

Moms juga bisa memanggangnya, ya. Silakan dipilih saja mana yang lebih disukai.

B. Crunchy Cheesy Fish

Bahan-bahan:

  1. Sebungkus roti tawar dengan kulit
  2. Dua butir telur ayam
  3. Suwiran ikan
  4. Keju yang sudah diparut
  5. Daun bawang, cincang halus
  6. Dua siung bawang putih, haluskan
  7. Lada bubuk
  8. Kaldu ayam bubuk
Kelihatannya menul-menul, tapi digigit langsung krenyes.

Cara membuat:

Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan suwiran ikan, lada bubuk, dan kaldu ayam bubuk sesuai selera. Setelah harum dan tercampur rata, sisihkan.

Potong bagian kulit roti tawar, jangan dibuang. Pipihkan roti, oleskan putih telur di atasnya, masukkan suwiran ikan yang sudah dibumbui, beri taburan keju di atasnya. Lipat roti menjadi bentuk segiempat, agak menyerupai amplop gitu, sih. Bentuk segitiga lagi juga boleh. Pokoknya suka-suka deh ya, wkwkwk … Baluri bagian luar roti dengan kuning dan putih telur yang telah dikocok.

Yeay! Crunchy Cheesy Fish siap disantap. Mak krenyes, enak deh.

Nah, kesukaan roti sulung terpuaskan, pemenuhan protein dari ayam dan telur juga ada.

Lho kok, dari tadi selera sulung terus yang dibahas. Adiknya, gimana? Nona Kecil sih amaaan, dia mirip saya soalnya. Pemakan serigala segala, wkwkwk

C. Strawberry Smoothies with Goji Berry

Selain makanan, saya juga mengajak anak-anak membuat minuman. Mereka tuh suka kepengen ya beli aneka minuman manis di luar yang warna-warni tapi saya kurang sreg. Jadi, kenapa nggak membuat minuman enak saja dari rumah. Pilihan jatuh pada smoothies, nih. Yuk, kita bikin sama-sama.

Bahan-bahan:

  1. Susu cair segar atau susu UHT
  2. Stroberi segar
  3. Goji Berry
  4. Wafer rasa stroberi
  5. Gula pasir
Harum goji berry-nya menari-nari di ujung hidung

Cara membuat:

Tuangkan 200 ml susu cair atau susu UHT ke dalam gelas blender. Masukkan lima buah stroberi, setengah genggam goji berry, enam keping wafer rasa stroberi, dan satu sendok makan gula pasir, dan es batu. Haluskan dengan kecepatan tinggi. Saya biasa memutar dua kali supaya hasilnya lebih halus. Nyam nyam, smoothies-nya sudah jadi.

Ambil gelas, masukkan potongan dadu kulit roti tawar, tuangkan smoothies, lalu hias dengan wafer dan taburan goji berry. Yummy! Rasanya enak banget.

Jadi ya, semua bagian dari roti tawar terpakai, kan.

Asyiknya Mengajak Anak-Anak Turut Serta ke Dapur

Berbeda dengan ibu saya dulu, saya nggak mau melarang anak-anak ikutan berjibaku di dapur. Mungkin dulu saya dinilai ngerepotin ya kalau masuk dapur. Padahal sih memang iya, wkwkwk

Ya memang sih, saat mereka ikutan terjun, proses memasak jadi lebih lama, dapur menjadi lebih kotor, dan bahan masakan terpakai lebih banyak. Soalnya suka sambil mainan gitu.

Tapi mereka jadi mengetahui proses memasak, bahan-bahan apa saja yang diperlukan, termasuk tanggungjawab bahwa setelah memasak wajib membereskan, membersihkan, dan mencuci semua peralatannya.

Dengan mengenal dapur, anak-anak jadi tahu kalau proses membuat makanan itu nggak mudah. Tentunya mereka jadi belajar untuk bisa lebih menghargai makanan dan minuman yang tersedia di atas meja. Enak atau nggak, pokoknya makanan Mom wajib dimakan. Ealah balik lagi, wkwkwk

Oiya, anak-anak juga saya biarkan berkreasi sendiri dengan mengganti bahan-bahan yang digunakan. Wislah, yang penting senang dan bisa makan minum enak. Sementara dari balik meja, saya lanjut sibuk bekerja, hihihi

Sebagai ibu yang sangat nggak jago masak, boleh dong Moms sekalian share kudapan yang suka dibuat untuk ananda di rumah. Tapi yang gampang-gampang aja ya, wkwkwk

Salam,

Melina Sekarsari

20 Shares:
34 comments
  1. Wiiih minimalis sekali resepnya, jadi pengen coba mumpung bahannya ada semua 😀 saya mau coba yang fish tapi cuma ada tuna kaleng. Wish me a good luck ya mba!

    Thank you for sharing <3

    1. Hahaha … Dibilang saya nggak lihai di dapur. Jadi ya seminimalis mungkin deh biar sayanya juga nggak sakit kepala, wkwkw …

      Selamat mencoba, yaaa …

  2. Yeayyy, sukaaak banget kalo ada resep snack berbahan dasar roti tawar, karena anakku juga demen buangeettt serba roti tawar gini
    Kapan hari bikin french toast ala-ala, ya cuma roti tawar celup telor, lalu digoreng pake minyak dikit 😀
    Abis gini mau upgrading filling-nya, pake resep di artikel ini
    Makasiiii

  3. Tanganku ini malah mahirnya pesan GoFood atau GrabFood, jadi pas anak tak tawarin, belajar masak yuk, Za…jawaban dia bikin malu gitu “emang mami bisa masak? Kan daddy yang masaknya enak…” .

  4. Hihihi asyik banget
    Saya setuju, ga ada orang yang ngga bisa masak
    Karena itu seorang Ibu sebaiknya belajar masak atau masak bareng anak anak
    Yang akan diingat hingga mereka tua kelak

  5. Waduh, kenapa baru baca sekarang nih sayanya hihihi.
    Liburan kemaren saya juga di dapur mulu sepanjang hari, anak-anak maunya mengunyah mulu, kasian juga beli camilan pabrik mulu.

    Akhirnya mamak kudu jadi koki di dapur, dibantuin anak-anak, meski tambah kacau, tapi happy 🙂

  6. Sepertinya resep anti gagal ya, Mbak ? cocok sekali untuk camilan di sore hari. Thanks for share, ya. Next ti e bakal oba diaplikasikan.

  7. Daku suka banget ini bahan kudapannya adalah roti tawar dengan kulit. Soalnya daku demen pas dimakan itu bersama kriuk-kriuk mengena di hati, eaaa.

    Simple kak Mel menu-menu yang ditampilkan. Selain bisa jadi kudapan, kek nya juga cocok buat bekal sarapan, karena nggak ribet banget.

  8. Kalo kudapannya kayak gini sih di rumah, dijamin anak2 ga kepingin lagi liburan jalan2 kemana-mana ? enak semuanya ? thank you resep nya mbak, bisa aku praktekin di rumah, mumpung masih liburan ?

  9. Asli bikin ngiler nih mbak. Asyiknya anak-anak jadi bisa eksekusi bareng ya, itung-itung kayak ikut cooking class gitu. Tapi kalau ini gratis karena semua bahan dan membuatnya di rumah saja.

  10. waini kelihatannya gampang sekali. Pas dua hari ini enggak kemana-mana, bisa coba dieksekusi sama dua anak yang sudah gede nih di rumah, ibuk tinggal makan saja..haha
    Makasih resepnya Mba Mel:)

  11. Serunya liburannya. Betul banget, mengajak anak memasak bersama akan mengajari mereka untuk menghargai makanan. Karena mereka jadi tahu bahwa memasak membutuhkan proses yang lama.

  12. Aku juga termasuk pemakan segala. Hehehe

    Kudapannya asli terlihat enak. Bahannya juga mudah didapat dan proses mengolahnya juga nggak rumit. Kapan-kapan bisa yuni contek nih resepnya.

    Hehehe

  13. Qadarallah, saya juga termasuk emak-emak yang hanya bisa jago makan. padahal, pengen banget bisa jago masak kayak emak-emak yang lain. Tapi untungnya, anak-anak selalu suka dengan masakanku yang pas-pasan itu. Alhamdulillah, disyukuri aja., hehehe

  14. Resepnya mudah dan pakai bahan yg ada di rumah saja. Goji berry itu apa ya? Kayaknya sehat nih minuman. Aku engga pakai roti deh, nanti gendut…hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like