Melina Sekarsari

Menuliskan Masa Lalu, Hari Ini, dan Masa Depan
Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB); Semakin Istimewa dengan Orasi Ilmiah dari Tokoh Penting Ini

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB); Semakin Istimewa dengan Orasi Ilmiah dari Tokoh Penting Ini

Upacara wisuda menjadi momen yang pastinya ditunggu-tunggu oleh segenap mahasiswa dan mahasiswi, terutama mereka yang telah melalui masa sidang yang dipenuhi degup jantung tak beraturan. Sudah terbayang di depan mata, langkah selanjutnya yang akan diambil untuk meniti masa depan. Tentunya, dengan harapan bekal ilmu yang ditimba selama berada di bangku kuliah dapat diaplikasikan ke dalam dunia kerja dan bermanfaat bagi orang banyak.

Apa pemandangan yang biasa hadir pada momen wisuda tersebut? Sudah pasti akan mudah sekali kita temukan wajah-wajah haru dan bahagia menyelimuti wisudawan dan wisudawati serta orangtua yang hadir di sana. Betapa tidak, para wisudawan dan wisudawati tentunya telah melewati perjuangan yang panjang dalam tempaan. Mengerahkan segenap waktu dan tenaga untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Tentunya bukan hanya untuk bekal mereka sendiri di masa depan, tetapi juga sebagai bakti kepada kedua orangtua yang telah mengiringi masa belajar mereka dengan peluh dan doa.

Sekilas Tentang Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB)

Siapa yang belum mengenal Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) yang biasa disingkat STTB/STT Bandung ini? Berdiri pada 5 Oktober 1991 dengan nomor SK Dirjen DIKTI No. 197/DIKTI/Kep/1992, perguruan tinggi ini berlokasi di Jl. Kartini No. 10 Bandung, dengan jurusan Teknik Industri di jenjang pendidikan strata satu. Baru 24 tahun, tetapi jurusan Teknik Industri di STT Bandung memiliki sejarah panjang di bidang pendidikan dan ilmu Teknik Industri di Indonesia, khususnya di provinsi Jawa Barat.

STT Bandung didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang kompeten di bidangnya dan mampu menghadapi tantangan global, mampu memanfaatkan peluang yang ada di sekelilingnya, dan memiliki jiwa kewirausahaan yang tinggi dengan harapan dapat menjadi pengusaha yang sukses serta dapat menciptakan lapangan kerja bagi lingkungannya.

Source: STT Bandung

STT Bandung telah berhasil menerapkan pola dan metode yang tepat sehingga dapat diserap oleh berbagai perusahaan, industry maupun wirausaha. Perguruan tinggi yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No. 378 Bandung ini memiliki tiga program studi, yaitu:

 

  1. Teknik Industri
  2. Teknik Informatika
  3. Desain Komunikasi Visual

Wisuda XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB)

Seperti upacara wisuda sebelumnya, Wisuda ke-14 STT Bandung kembali digelar di Harris Hotel and Conventions. Acara dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Januari 2020 dimulai pada pukul 09.00.

Lagu Indonesia Raya yang dikumandangkan bersama-sama sangat menyentuh rasa nasionalisme siapapun yang mendengarnya. Disusul dengan Mengheningkan Cipta yang membawa siapapun yang mendengarnya untuk merenungkan segala jasa dan perjuangan para pahlawan kita di masa lalu. Mars STT Bandung kembali membawa suasana haru saat mengeningkan cipta kembali bersemangat.

Ketua STT Bandung, Muchammad Naseer, S. Kom, MT, memberikan sambutan pertamanya. Beliau didampingi oleh Dr. Dadang Hermawan selaku Ketua Yayasan. Disampaikan bahwa pada kesempatan tersebut, STT Bandung akan melahirkan 209 wisudawan/wisudawati dari ketiga program studi yang tersedia, masing-masing sebagai berikut:

 

  1. Program Studi Teknik Industri sebanyak 113 orang
  2. Program Studi Teknik Informatika sebanyak 70 orang
  3. Program Studi Desain Komunikasi Visual sebanyak 26 orang

Pada kesempatan ini, STT Bandung memberikan penghargaan khusus kepada wisudawan dan wisudawati berprestasi dengan kategori yang telah ditentukan, antara lain:

Skripsi Terbaik Teknik Industri

  1. Virgiawan Candra Bhakti, S. T dengan judul “Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Beda dengan Pendekatan Karakuri.”
  2. Indra Rukmana, S. T dengan judul “Optimasi Produk Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Programming.”
  3. Zaenal Uyun, S. T dengan judul “Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering.”

Wisudawan Terbaik Teknik Industri

Dheyu Laksmi Wulandari, ST

Skripsi Terbaik Teknik Informatika

  1. Deri Hermawan, S. Kom dengan judul “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android.”
  1. Regina Sukma Citra, S. Kom dengan judul “Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naïve Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web.”
  1. Yanti Aisyah Primianjani, S. Kom dengan judul “Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler.”

Wisudawan Terbaik Teknik Informatika

Muhammad Rizal Mutaqin, S. Kom

Skripsi Terbaik Desain Komunikasi Visual

  1. Andri Setiawan, S. Ds dengan judul “Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah.”
  1. Bagus Arya Suseno, S. Ds dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah, Kab. Bandung.”
  1. Luthfi Alfaritzi, S. Ds dengan judul “Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat untuk Anak (usia 8-12 Tahun) di Kota Bandung.”

Mahasiswa Terbaik Desain Komunikasi Visual

Tiffani Zeta D, S. Ds

Usai memberikan penghargaan, STT Bandung kemudian menandatangani MoU dengan ketiga pihak yakni PT. Dirgantara Indonesia, PT. Jasarmarga (Persero) dan PT. Bio Farma (Persero).

Orasi Ilmiah dari Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA

Upacara wisuda ini semakin istimewa dengan kehadiran Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA sebagai keynote speaker. Putra dari almarhum Presiden RI ke-7, Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie, ini menjabat sebagai Ketua Dewan TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) Nasional. Kehadiran beliau dan orasi ilmiah yang akan disampaikan sudah sangat dinantikan oleh semua yang hadir, termasuk siapapun yang menyimak jalannya pelaksanaan wisuda ini melalui media sosial.

Beliau membahas mengenai Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era Industri 4.0. Dalam orasi tersebut, beliau memaparkan bahwa ekonomi di masa mendatang harus mengandalkan inovasi. Selain itu, ada empat hal yang harus diperhatikan oleh negara manapun di dunia untuk mencapai potensi maksimal di masa depan, yaitu:

  1. Berinvestasi ke Human Capital
  2. Berinvestasi ke Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  3. Membina dan Mendukung Inovasi dan Kewirausahaan
  4. Meminimalkan Kemiskinan

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi paparan beliau mengenai inovasi. Hal ini untuk menjawab beberapa megatrends global yang mengubah dunia, yakni:

  1. Urbanisasi yang tumbuh begitu cepat
  2. Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya
  3. Pergeseran kekuatan ekonomi global
  4. Perubahan demografi dan sosial
  5. Gebrakan teknologi

Ada keterkaitan antara lahirnya inovasi yang dimulai dari tercetusnya ide ke dalam suatu produk atau jasa. Inovasi mempunyai peran khusus yakni sebagai penghubung antara Teknologi dan Kewirausahaan. Ada mata rantai yang menghubungkan keduanya yakni melalui Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Inovasi, dan Kewirausahaan.

Source: Wantiknas

Materi orasi terasa semakin berisi apalagi beliau menyajikannya dengan intonasi yang penuh semangat. Tentunya sangat ampuh dalam mengobarkan semangat generasi muda wisudawan dan wisudawati. Apalagi mereka berasal dari Fakultas Teknik yang tentunya sudah sangat akrab dengan inovasi. 

Berbicara mengenai inovasi, ini dia sifat-sifat para inovator yang harus ditanamkan dan dibentuk ke dalam diri generasi muda:

Selain itu, tidak dapat dipungkiri pula bahwa pendidikan memegang peranan penting dalam membentuk pribadi yang gigih berinovasi.

Source: Wantiknas

Dari sisi Kewirausahaan, kehadiran UKM memegang peranan penting pada ekonomi inovasi di masa depan, yakni sebagai:

  1. Penyedia lapangan pekerjaan
  2. Aktor dalam proses Teknologi, Informasi, dan Kewirausahaan
  3. Kontributor substansial terhadap peningkatan ekspor, daya saing, dan produktivitas
  4. Agregator pemerataan kesejahteraan
  5. Stabilisator dan pendorong pertumbuhan

Dari orasi yang disampaikan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:

  1. Inovasi harus dilakukan dalam mendukung perekonomian di masa mendatang agar produk atau jasa yang dibuat mempunyai daya saing tinggi.
  2. Untuk mencapai hal ini, maka masyarakat terutama berusia muda perlu aktif di UKM rintisan (start up) diberdayakan dengan teknologi (informasi dan komunikasi).
  3. Proses inkubasi perusahaan rintisan akan menghadapi tantangan, di antaranya dari sisi pendanaan dan sumber daya manusia terutama di bidang teknologi.
  4. Membentuk SDM mutlak dilakukan karena ini adalah kunci. Perubahan pada system dan proses pendidikan juga perlu diubah dalam rangka mencapai tujuan.
  5. Memahami rantai teknologi dan kewirausahaan.

Di akhir, kita diingatkan kembali pada pesan dari Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie:

“Kalau bukan anda yang membangun bangsa ini, siapa lagi?”

Selamat kepada wisudawan dan wisudawati. Perjuangan belum selesai, tetapi malah baru dimulai. Semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dalam membangun bangsa dan negara ini serta segala pencapaian selama ini tidak membuat lahirnya rasa tinggi hati.

Sukses terus untuk STT Bandung. Semoga terus melahirkan generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha dan inovatif.

 

Salam,

Melina Sekarsari

44 comments found

  1. Senang sekali melihat para wisudawan yang berprestasi di bidangnya masing-masing.
    Semoga kelak menjadi harapan bangsa untuk kehidupan yang lebih cerah.

    STT Bandung ini satu lokasi dengan ST INTEN kah?

  2. Nah lho, kalau bukan kita siapa lagi? Kalimat sederhana yg menjadi cambuk utk berkarya lebih baik lagi. Selamat para wisudawan STTB. Sukses yaa

  3. Merinding rasanya kalau ikut menyaksikan proses wisuda, campur haru juga. Semoga wisudawan dan wisudawati bisa membangun lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan

  4. “Kalau bukan Anda yang membangun bangsa ini, siapa lagi”
    Wah, semoga para wisudawan bisa mengamalkan pesan dari Bp BJ habibie..mengamalkan imu agar bermanfaat bagi sesama.
    Selamat dan sukses buat para wisudawan dan STT Bandung!

  5. Dulu, aku sempat menyesal nggak jadi sekolah di informatika. Tapi its oke. Semua ada jalannya masing-masing. Mungkin kelak anakku bisa kuliah di sini. Di STTB. Selamat para wisudawan dan wisudawati. Selamat mengamalkan ilmu. Apalagi sudah mendapat bekal dari orasi ilmiahnya putra sulung eyang habibie. Pasti makin semangat dong.

    1. Wah, pernah kepengen kuliah di Informatika ternyata, ya? Kalau aku cita-cita masuk Arsitektur eh malah kuliahnya di Sastra, hahaha …

      Apapun itu, semoga kita senantiasa memerikan yang terbaik ya, Mbak.

  6. Istimewa sekali ini orasi ilmiah di wisudanya STTB. Kata- kata yg disampaikan oleh bapak Ilham Habibi sungguh istimewa sekali.
    Setuju sekali bahwa yg penting dalam negara ini adalah human capital nya. Menjadi pribadi trampil tangguh berwirausaha.
    Semoga wisudawan wisudawati ini juga akan menjadi salah satu asset human capital hebat di negara kita.

  7. momen wisuda memang mengharukan banget. liat wajah-wajah orang tua yang bangga itu bikin hati meleleh. btw STTB ini keren banget ya. aku jadi keingat dulu gagal masuk sekolah teknik hihihi
    jadi pengen sekolah lagi

  8. Aku tuh, penasaran dengan program studi Desain Komunikasi Visual. Zaman-ku dulu, kayaknya belum ada, yaa? Atau aku aja yang kudet. Selamat buat adik-adik STT Bandung yang di wisuda kemarin.

  9. Semoga para wisudawan/wisudawati dapat menerapkan ilmu yang telah didapatkan sewaktu duduk dibangku kuliah.
    Dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar ya.
    Karena sudah mendapat gelar sesuai bidang studi yang di ambil

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.