Sembilan (9) Akomodasi Pilihan di Bogor Half Marathon 2020

Sudah lima hari ini badan saya rasanya nggak enak banget. Awalnya hidung meler jadi kepala tuh bawaannya pusing, disusul hidung yang mulai mampet, lalu dilanjutkan dengan rasa gatal di tenggorokan dan batuk kering sedikit demi sedikit mulai datang. Dibilang kecapekan atau kurang tidur ya nggak juga. Apalagi dibilang kurang makan dan minum. Ini sih cukup banget. Tapi sudah lumayan lama nih saya nggak olahraga. Sepertinya badan ini butuh segera diajak lari pagi.

Olahraga menjadi bagian dari kebutuhan hidup yang nggak boleh dilewatkan. Olahraga nggak harus dilakukan di pusat kebugaran saja, dari rumah pun bisa, seperti jogging, yoga, atau senam. Saya pribadi suka melakukan senam di rumah atau berlari.

Sehubungan saya pernah mengalami cedera di tulang ekor, jadi senam dengan gerakan yang dinamis nggak direkomendasikan karena berpotensi membuat tulang bergeser kembali. Senam yang saya lakukan di rumah lebih ke latihan kekuatan dan keseimbangan saja.

Lalu, bagaimana dong dengan latihan untuk kardionya? Yes, saya pilih berlari. Ada beberapa kelebihan olahraga berlari yang akhirnya menjadi pertimbangan dalam memilihnya (Sumber: Hallo Sehat). Apa sajakah itu?

Manfaat Berlari

  1. Menyehatkan jantung.

Saat berlari, detak jantung akan berdegup lebih cepat dari biasanya. Ini merupakan cara melatihan kekuatan jantung. Kalau sudah terbiasa, saat berlari degup jantung nggak akan secepat saat pertama kali latihan. Ini menandakan bahwa jantung kita sudah kuat dalam menghadapi kondisi yang melelahkan.

2. Menguatkan otot dan tulang kaki

Berlari akan melatih kekuatan otot dan tulang kaki. Saat otot dan tulang kaki kita kuat, berjalan kaki jarak jauh akan menjadi salah satu kegiatan menyenangkan karena kaki kita nggak mudah lelah. Makanya dulu waktu liburan ke Semarang lalu kecapekan dan kaki terasa kaku, saya malah mencoba mengembalikan kondisinya agar lemas kembali dengan berlari.

3. Meningkatkan stamina

Berlari membuat tubuh sehat dan bugar. Aliran darah di dalam tubuh bekerja dengan lancar, sehingga energi yang kita miliki menjadi lebih baik. Stamina yang bagus tentunya sangat membantu kita dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

4. Memperbaiki Kualitas Tidur

Saat berolahraga, suhu tubuh akan meningkat lalu kemudian perlahan menurun saat olahraga selesai dilakukan. Perubahan suhu tubuh ini akan membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Saat tidur malam kita berkualitas, tentunya produktivitas kerja kita juga akan meningkat.

Pernah nggak teman-teman mengalami rasa kantuk yang teramat sangat seusai berolahraga? Saat dibawa tidur, tidur kita pasti terasa nyenyak. Kemudian kita terbangun dengan kondisi yang lebih bugar dibandingkan sebelumnya.

Tapi pastikan ngantuknya karena olahraga yang benar, bukan karena kekenyangan jajan, ya.

5. Mudah dan Murah

Setuju nggak kalau berlari adalah olahraga yang ekonomis? Cukup mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, berlari bisa dilakukan di mana saja. Mau di halaman rumah, keliling komplek, bisa juga mengelilingi alun-alun atau taman kota.

Berlari juga menjadi olahraga yang mudah sekali dilakukan. Saking mudahnya, para orangtua bisa membawa serta anak-anaknya. 

Berlari di Udara Segar

Kota Bogor sudah memiliki Lapangan Sempur yang dijadikan sarana olahraga publik. Di sana sudah tersedia jogging track yang bersih dan nyaman. Kalau merasakan lapar dan haus seusai berolahraga, banyak tersedia lapak-lapak yang menjual makanan dan minuman.

Saya pribadi, lebih suka berlari di kawasan pedesaan dekat komplek perumahan tempat saya tinggal. Alasannya bukan hanya karena lebih dekat, melainkan juga udaranya masih segar. Saya hanya akan bertemu sedikit debu dan polusi. Kekurangannya, kadang kurang asyik juga kalau berlari sendirian.

Ada nggak di antara teman-teman yang sudah nggak ketulungan sibuknya sampai nggak sempat berolahraga, termasuk sekedar berlari? Coba deh diingat-ingat, nggak sempat atau memang malas nggak menyempatkan diri?

Atau, punya waktu tapi nggak semangat kalau berlari sendirian? Kuy lah … Ikutan aja berlari bareng di ajang ini. Dijamin kamu akan menemukan bukan hanya satu atau dua teman, melainkan ribuan.

Bogor Half Marathon

Yeay! Bogor Half Marathon akan kembali digelar di kota hujan. Tahun lalu saya pernah mengikutinya juga. Tahun ini, InsyaAllah ikutan lagi. Running Event di Bogor buat saya selalu menarik. Jelaaas, karena udaranya masih segar, jadi enak dibawa berlari. Beda dari running event di Jakarta atau Tangerang, misalnya. Kotanya diisi dengan berdiri saja sudah panas, apalagi diisi dengan berlari, huaaa …

Tahun lalu, Bogor Half Marathon kabarnya diikuti oleh hampir 5000 orang. Kabar yang berseliweran sih begitu. Kalau mau membuktikan dengan menghitung sendiri ya terima kasih banget. Mendingan saya isi waktu dengan pemanasan dan foto-foto.

Tahun ini, Bogor Half Marathon akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2020. Saya sudah sempat mencari informasi mengenai biaya dan kategori yang tersedia.

Tahun lalu, sebagian peserta Bogor Half Marathon berasal dari luar Bogor. Ada yang dari Depok, Jakarta, Tangerang, Bekasi, sampai Bandung. Tak ketinggalan, peserta dari mancanegara juga turut serta, lho. Tahun ini, saya perkirakan juga sama. Bayangkan sejuknya berlari di dalam Kawasan Kebun Raya Bogor. Adem, udara sejuk, jadi acara lari-lariannya juga tetap asyik.

Ingat kejadian tahun lalu sewaktu saya mulai capek lalu bersiap cheating dengan jalan santai, eh dari arah berlawanan Bapak Walikota lewat sambil semangat berlari. Wah, nggak jadi deh cheating-nya. Lanjut berlari lagi, hahaha … Malu soalnya. Padahal tetap jalan santai juga nggak papa. Wong beliau juga nggak kenal saya, kan? 

Ikutan Bogor Half Marathon, Menginap di Mana?

Nah, buat teman-teman yang mau ikutan dan datang dari luar kota Bogor, pastinya menginap di Bogor bisa menjadi salah satu pertimbangan. Event ini dimulai pukul 05.00 jadi kalau begitu tiba di Bogor langsung berlari rasanya kurang bijak. Mau berangkat pukul berapa coba ya dari rumah masing-masing?

Menginap di Bogor sejak sehari sebelumnya bisa jadi solusi. Tapi, pilihan menginapnya di mana, nih?

Berdasarkan informasi dari bagian pendaftaran, garis start berlari ini akan dimulai di pintu Masuk 3 Kebun Raya Bogor, maka teman-teman bisa memilih akomodasi yang lokasinya cukup terjangkau dari pintu masuk ini. Jadi, jangan memilih yang terdekat dari Kebun Raya Bogor saja, tapi pastikan dekat dari Pintu Masuk 3 Kebun Raya Bogor. Kan nggak asyik, kalau ternyata akomodasi yang dipilih masih harus memutari lingkarannya kebun raya ini. 

Pintu Masuk 3 Kebun Raya Bogor sendiri persis berseberangan dengan Lippo Plaza Keboen Raya, ya.

Berikut ini akomodasi yang bisa dipilih dengan jarak maksimal 1,3 km dari Pintu Masuk 3 Kebun Raya Bogor:

  1. Amaris Pajajaran Hotel

Beralamat di Jl. Pajajaran No. 25, Kota Bogor. Posisinya persis bersebelahan dengan Lippo Plaza Keboen Raya. Bisa dibilang, ini akomodasi terdekat dari Pintu Masuk 3 Kebun Raya Bogor. Buat yang mau jalan kaki manja saja menuju pintu masuk, cuzzz pilih hotel ini segera, ya. 

Hotel milik Santika Group ini sudah terjamin soal kenyamanan kamarnya. Sayangnya, belum ada fasilitas kolam renang. Jika membawa keluarga dan keluarga akan tinggal di hotel selama teman-teman ada di Bogor Half Marathon, silakan dipertimbangkan lagi, ya. Biasanya kolam renang paling ampuh sih membuat anak-anak anteng.

2. Grand Savero Hotel

Beralamat di Jl. Pajajaran No. 27, Kota Bogor. Posisinya kurang lebih 50 meter saja dari Amaris Pajajaran Hotel. Ya, tinggal melompat sedikit sudah sampai, deh. Bagi yang ingin staycation sekalian, hotel bintang empat ini bisa menjadi pilihan. Menyediakan fasilitas kolam renang, pastinya keluarga akan sangat senang jika diajak serta.

Menemukan hotel ini mudah banget. Bangunannya paling megah di antara bangunan lain di sisi kiri maupun kanannya. 

3. Permata Hotel

Beralamat di Jl. Pajajaran No.35, Kota Bogor. Berjarak kurang lebih 100 meter saja dari Grand Savero Hotel. Hotel ini juga menyediakan fasilitas kolam renang. 

Biasanya, hotel ini banyak digunakan untuk pertemuan dalam skala besar. Jadi memang lebih sering digunakan untuk keperluan bisnis. Tapi tentunya tamu yang mau staycation di sini pun ada juga.

4. Malabar Park Hotel

Beralamat di Jl. Malabar, Babakan, Kota Bogor. Akomodasi ini berjarak kurang lebih 500 meter saja dari Pintu Masuk 3 Kebun Raya Bogor. Bisa dijadikan pilihan bagi teman-teman yang mau menginap dengan suasana tenang karena akomodasi ini nggak berlokasi di pinggir jalan raya. 

Teman-teman bisa menjangkau akomodasi ini dengan melalui jalan di samping Lippo Plaza Keboen Raya atau Rumah Sakit PMI.

Meskipun termasuk budget hotel, tapi review-nya bagus-bagus, lho.

5. Santika Hotel 

Beralamat di Botani Square Bogor, Jl. Pajajaran, Kota Bogor. Berjarak kurang lebih 1 km dari Lippo Plaza Keboen Raya.

Akomodasi ini berada di dalam area Botani Square Bogor. Jika teman-teman meninggalkan keluarga di sini untuk ikut di Bogor Half Marathon, mereka bisa menikmati suasana hotel sekaligus berjalan-jalan di dalam pusat perbelanjaan utama di kota Bogor ini. Fasilitas kolam renang tersedia, ya.

6. IPB Convention Hotel

Beralamat di Botani Square Bogor, Jl. Pajajaran, Kota Bogor. Berjarak kurang lebih 1,1 km dari Lippo Plaza Keboen Raya.

Akomodasi ini berada di dalam area Botani Square Bogor. Jika teman-teman meninggalkan keluarga di sini untuk ikut di Bogor Half Marathon, mereka bisa menikmati suasana hotel sekaligus berjalan-jalan di dalam pusat perbelanjaan utama di kota Bogor ini. Nggak ada fasilitas kolam renang, ya.

7. Fave Hotel Pajajaran

Beralamat di Jl. Cidangiang No. 1, Kota Bogor. Berjarak kurang lebih 1,3 km dari Lippo Plaza Keboen Raya.

Akomodasi ini berada persis di seberang Terminal Baranangsiang. Bagi teman-teman yang datang ke Bogor dengan menggunakan transportasi umum berupa bus, akomodasi ini bisa menjadi pilihan. Nggak ada fasilitas kolam renang, ya.

Untuk urusan mencari tempat kuliner, akomodasi ini juaranya dibandingkan yang lain. Lokasinya paling strategis untuk berwisata kuliner. 

8. Royal Amaroossa Hotel

Beralamat di Jl. Otto Iskandar Dinata No. 84, Kota Bogor. Berjarak kurang lebih 1,2 km dari Lippo Plaza Keboen Raya.

Sebagai akomodasi bintang empat, teman-teman yang memilih menginap di sini akan memperoleh kenyamanan ekstra, dari dalam hotel dan pemandangan di luar hotel. Posisinya yang persis berada di depan Tugu Kujang, akan memungkinkan teman-teman memperoleh pemandangan malam nan cantik.

9. Royal Pajajaran Hotel

Beralamat di Jl. Pajajaran No. 12, Kota Bogor. Berjarak kurang lebih 1 km dari Lippo Plaza Keboen Raya.

Salah satu akomodasi bintang empat yang bisa menjadi pilihan. Sebagai informasi, akomodasi No. 1 sampai dengan No. 8 di atas mudah ditemukan karena lokasinya bisa dikatakan berjejer.

Khusus Royal Pajajaran Hotel ini, posisinya berada di arah berlawanan. Dari Pintu Masuk 3 Kebun Raya Bogor, teman-teman nggak perlu menyeberang, ya. 

Persiapan Jelang Bogor Half Marathon

Bagi teman-teman yang sudah terbiasa mengikuti running event, mungkin sudah mengerti apa saja yang harus disiapkan. Tapi bagi teman-teman yang baru pertama kali, ada tips-tips dari saya yang bisa dijadikan panduan.

Melakukan Persiapan Fisik

Teman-teman bisa mencoba berlatih berlari jarak pendek setidaknya seminggu 2-3 kali, ya. Tujuannya agar stamina tetap terjaga dan otot kaki sudah terlatih.

Membaca Petunjuk Pelaksanaan

Saat pertama kali mendaftar, pastikan teman-teman sudah membaca seluruh Syarat dan Ketentuannya. Jangan lupa mencatat dengan baik waktu dimulainya acara, ya. Kan nggak asyik kalau datangnya terlambat. Meskipun tujuan berpartisipasi ini bukan untuk menjadi juara, disiplin waktu itu penting sekali, ya. Waktu start untuk setiap jarak akan berbeda-beda. Pastikan teman-teman tahu harus tiba pukul berapa.

Satu lagi, medali akan diberikan untuk seluruh finishers. Tentunya dengan catatan peserta tiba di garis finish tidak melebihi waktu yang diberikan. Biarlah nggak memperoleh gelar juara, tapi kalau medali, wajib, dong. Kalau nggak salah ingat, dulu untuk jarak 5K diberikan waktu maksimal 90 menit. Bisa banget dong kalau ini, ya.

Jangan Lupa Menjemput RacePack

Saat teman-teman mendaftar, ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan, sesuai dengan kewarganegaraan dan jarak tempuh yang dipilih. 

Teman-teman akan memperoleh informasi melalui email dan WA mengenai tanggal dan waktu pelaksanaan, termasuk jadwal pengambilan racepack.

Biaya yang kita bayarkan sudah termasuk fasilitas racepack. Di dalam racepack tersebut, biasanya panitia telah menyiapkan kaos seragam, minuman, dan voucher-voucher potongan harga produk olahraga dari sponsor. Jangan sampai terlewat tanggal dan waktu pengambilan racepack karena apabila lewat, maka teman-teman nggak bisa memperoleh racepack ini. 

Tahun lalu, pengambilan racepack dilakukan di Botani Square Bogor.

Mengenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Teman-teman bisa memilih pakaian berolahraga yang berbahan dryfit. Sama sekali nggak disarankan mengenakan kaos berbahan katun. Kaos jenis ini memang adem dan menyerap keringat, tapi sebatas itu saja. Sedangkan kaos berbahan dryfit, adem, menyerap keringat, dan mengeringkannya dengan cepat. Jadi, kita bisa berlari tanpa perlu membawa-bawa keringat di dalam kaos.

 

Seperti ini ya dryfit ...

Seragam yang disediakan di dalam racepack sudah berbahan dryfit dan biasanya berlengan pendek. Teman-teman yang mengenakan hijab, bisa mengenakan manset berbahan dryfit juga. Saya biasa membelinya di toko perlengkapan pendakian. Dibeli secara online pastinya juga bisa.

Sepatu memang disarankan mengenakan khusus running shoes. Biasanya bagian bawahnya agak tebal. Saya sendiri nggak punya running shoes, jadi kalau berlari hanya mengenakan training shoes. Kalau sudah jago banget lari dan yakin bisa juara, nggak papa deh saya beli running shoes, hahaha

*****

Jadi, gimana? Sudah siap untuk ikut bergabung di Bogor Half Marathon? Kepoin saja ya akun IGnya di @bogorhalfmarathon2020.

Sampai ketemu di sana, ya …

 

Salam,

Melina Sekarsari

1 Shares:
57 comments
  1. Ku akan terus berlari, mengikuti matahari, angan dan harapan ku luas terbentang tinggi ….
    Itu bait lagu ya.., emang olah raga ni kl bisa dijadikan pasion ato lifestyle, dan marathon paling simpel.
    Sukses yaa

  2. Saya sudah pernah menginap di 4,5,6, dan 9. Yang paling hemat di kantong dan lokasinya strategis itu Malabar Park. Enak banget deh nginap di sana. Tinggal jalan kaki ke Lawang Salapan, Botani Square, pokoknya gampang kemana-mana. Hehehe. Serunya mba bisa ikut lagi. Saya jadi kangen Bogor euy. Ditunggu cerita lengkapnya mba.

  3. Wah…lari2an di hatimu aja yak mbak wkwkwkwk 🙂 Mungkin kalau aku join pilih yg 5km aja hahahah udah ngos2an. Lengkap amat nih tulisan ada hotel2 pesiapan kita menginap pula. Siapa tau berminat ya nanti aku ajak suami dan anak2 hihii Maret mendatang kan?

    1. Iyaaa, pengalaman tahun kemarin ternyata banyak yang dari luar kota dan pilih hotelnya pada kejauhan gitu. Jadi ditulis aja ah buat info teman-teman, hihihi …

  4. Wah mbak mel jujur ajh ya. aku tuh kl lari ga bisa, bisa nya lari dr kenyataan hahahaha. Ehhh tp ini serius mbak, kl lari tuh aku ga kuat. Yg lain lari aku palingan jalan santai ajh, Krn ga kuat menahan beban hidup ehhh beban badan mbak mel.

  5. Wah senangnya bisa ikutan Bogor Half Marathon lagi ya, Mbak. Sy jadi kepikiran buat rajin olahraga supaya kualitas tidur lebih baik, karena akhir-akhir ini tidur kayak kurang bener aja, bangun masih capek.. Lelah mata. Padahal perasaan tidur juga cukup..

    1. Kalau jarang olahraga memang di badan rasanya nggak enak sih, Mbak. Mudah lelah, pegal-pegal, mungkin karena peredaran darah nggak lancar gitu, ya. Coba aja dimulai dari olahraga yang ringan-ringan dulu.

      Sehat-sehat ya, Mbak …

    1. Dryfit itu bahannya tipis tapi nggak menerawang, Mbak. Beli di perlengkapan olahraga atau pendakian aja. Bilang aja beli yang bahan dryfit. Kalau beli online, kemungkinan tinggal searching aja ya pakai kata kunci dryfit.

  6. Saya belum pernah sama sekali nih ikut event lari-larian gini, lari di kompleks aja sekali putaran udah pulang duduk dan sibuk garukin paha, nggak tahu kenapa kalau saya olahraga mau pakai pakaian jenis apapun selalu bikin gatal kena keringatnya.

    Selain itu, mana kuat saya lari hahahaha.
    Tapi asyik banget tuh eventnya 🙂

    Akomodasinya lengkap pula untuk support eventnya 🙂

    1. Oh, setahu saya memang ada orang-orang yang kulitnya mudah gatal kalau berkegiatan lari di outdoor seperti ini. Kalau seperti itu, jangan dilanjutkan aja, Mbak. Mungkin kulitnya memang alergi terhadap keringat yang bercampur debu, ya. Larinya cukup di treadmill aja, hihihi …

  7. Saya belum pernah ikut event semacam ini. Padahal menyehatkan yah tapi saya orangnya emang nggak kuat lari, hehe. Jadi ingat suami pernah sampai ke Bali untuk ikut event lari yang full marathon. Kali aja dia mau ikut half Marathon yang di Bogor ini so nggak perlu pusing-pusing lagi cari penginapan, tinggal pilih satu dari bebeberapa rekomendasi tempat penginapan yang Mbak sebutkan di atas

    1. Cuzzz ikutan, Mbak. Biar kita bisa kopdaran di sini, hihihi …

      Mantap banget itu sampai ke Bali. Ada memang teman-teman yang jago banget ngacirnya. Aku sih kategori pelari manjah aja, Mbak … Hahaha …

  8. Seru dan juga sehat pastinya ya, Mbak?
    Enak banget ini aku kangen jogging, g sih sehebat mbak sampai ikutan marathon paling banter jogging 😀

    Aku ini termasuk malas olahraga, olahraganya cuma stretching doang tapi lumayanlah emang tanoanolahraga kita gampang sakit.

    1. Iya, seru dan sehat. Ahahahay … Aku mah pelari manjah. Dapat medali 5K aja udah pamer-pamer, wkwkwk … Suka takjub sama teman-teman yang usianya jauh di atasku, tapi sanggup ikutan yang 21K. Terbuat dari apa itu kaki dan jantungnya, hihihi …

      Yaaa, stretching doang ya? Bisalah bisalah … Olahraga juga itu, hahaha …

  9. Artikel ini membuat saya sangat ingin ikut. Hiks.
    Bulan maret, ya. Masih ada waktu untuk mendandani badan. Saya ha cuma ngos-ngosan kalau lari, tapi juga pembuluh di bawah kepala rasa nya punya jantung yg berdetak kencang. Cukup menyiksa.
    Karena memang tak pernah olahraga, jadi kaget saat ada lonjakan aliran darah ke otak, kali ya. Benar tidak, aih? Malah memberi PR pertanyaan

    1. Yuk, Mbak … Lari bareng kita. Aku juga sangat santai kok larinya. Pilih 5K saja, hahaha …

      Kalau nggak terbiasa olahraga memang badan akan terkejut sih, Mbak. Makanya dimulai dari yang ringan dulu aja, kalau pun lari,jangan ngebut ya, Mbak. Khawatir pingsan, huhuhu …

      1. Iya ya, itu namanya shock tubuh. Huhuhu. Memang menyiksa sih.

        Saya pengen ikut karena pastinya event ini akan memorable banget.
        Uhuk. Benar-benar pengen eksplore jalur yng digunakan untuk Half Marathon 2020

  10. Waduh, lari ya? Duh, udah lama banget gak melakukan aktivitas ini. Jadi sekarang nngejerin anak-anak aja sudah ngos-ngosan. BTW semangat ya mbk, moga berhasil di bogor half marathon 2020 ini.

  11. keren euy! lama banget ga lari. padahal zaman sekolah jadi pelari, sering ikut lomba. huuuffftt.. *tarik nafas.. baca ini jd kepikir buat lari lagi. butuh brp lama ya latihan biar bisa ikut acara2 lari begini?

    1. Wahhhh … Keren banget. Hayuuuk, pasti sisa-sisa kejayaan semasa sekolah masih ada tuh, hehehe … Saya malah pelari manjah. Yang penting dapat medali, hahaha …

  12. Lari emang olah raga murah meriah yang banyak sekali manfaatnya ya mbak. Cuman kalau ikut marathon, nggggg… Saya harus pikir berulang kali. Hehe. Fisik saya kurang memadai ditambah jarang latihan pula, nanti malah tambah jadi penyakit, hehe.

  13. Mbak dirimu juwaraa..pelari tenyata!
    Aku mesti infoin suamiku ini. Terakhir dia finisher di event lari di BSD November lalu. Biasa yang 10 km.
    Kalau aku, antar ambil jersey pack aja biasanya …atau aku coba juga aja ya..hmmm

  14. Aku jadi kepingin ikut 5K lagi lhoo… seru banget apalagi kalo rame2 dengan rombongan. Bisa puas foto2 di spot2 keren, loh kok salah fokus hehe aku emang pilih spot2 yang unik. Aku baru ikut 2 kali sih. Pertama event Jawa Pos di Jembatan Suramadu, tahun 2017. Lalu di Singkawang, event lari Cap Go Meh, tahun 2018. Waduh lama banget yak! Baru sadar kalo 2019 absen lari. Mungkin aku bisa coba lagi ya buat mengawali 2020 ini ?

  15. Mbak Mel mah rajin banget olahraganya, terutama lari. Sering deh aku lihat Mbak Mel lari. Kalo aku, mungkin karena jarang lari, yaaa lari dikit ngos-ngosan mbak… ahhahaha… Kudu pelan-pelan sih yaaa. Bertahap kalo aku emang mau mulai rajin olahraga. hihihi
    Btw, ulasannya lengkap banget nih sampe disediain akomodasi segala.

    1. Kalau lagi keluar malesnya, males banget sih Mbak, huhuhu …

      Kalau yang jarang olahraga, jangan ngebut pastinya. Bisa oleng lalu pingsan nanti, hehehe …

      Iya, aku sisipkan akomodasi yang sesuai juga. Pengalaman tahun lalu, banyak teman-teman dari luar kota yang lokasi penginapannya jauh dari pintu start. Kan kesian mereka cari-cari pintunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like