Pengalaman Menginap di OYO 1475 Alia Matraman Syariah

Sudah lama banget rasanya nggak mengajak ibu dan anak-anak jalan-jalan. Kalau pergi di musim liburan panjang, saya suka ngeri menghadapi kemacetan dan penuhnya antrian. Belum lagi liburan di waktu seperti ini harus menyiapkan dana lebih karena harga biaya yang dibutuhkan akan lebih besar. Coba deh, mencari akomodasi saat musim liburan. Pasti harganya jauh dari diskonan. Sebagai ibu-ibu berduit terbatas, saya memang mesti perhitungan, hahaha

Seperti bulan-bulan yang sudah lewat, ada masanya saya tetap harus bekerja di akhir pekan sebagai fasilitator training. Acaranya seharian dan sudah tentu anak-anak nggak bisa ikutan. Akhir Januari lalu, saya kepikiran buat mengajak ibu dan anak-anak ikut juga. Saya mesti bekerja di hari Sabtu, jadi kami memutuskan mulai check in pada Jumat sore, kemudian check out pada Sabtu siang. Selesai check out, rencananya ibu dan anak-anak biar mengirimkan koper dan barang bawaan ke hotel tempat saya bekerja, lalu mereka pergi jalan-jalan. Malam harinya, baru deh kami pulang bersama-sama.

Salah Pilih Hotel

Di Jakarta, saya dan tim kerja sudah cukup lama menggunakan ruang meeting di Yello Hotel Manggarai. Meskipun suka dengan hotel ini makanya susah ke lain hati, saya memilih reservasi di tempat lain karena hotel ini nggak menyediakan fasilitas kolam renang. Tahu sendiri, kalau bawa anak-anak staycation, kolam renang pasti jadi yang paling dicari. Selain itu, ibu saya pun sangat suka dan jago berenang. Padahal cerita beliau, dulu cuma belajar renang di sungai saja. Beda sama saya yang mesti pakai guru berenang, hehehe

Pilah-pilih, akhirnya pilihan jatuh ke OYO 1475 Alia Matraman Syariah. Saya memilihnya karena lokasi tinggal melipir sedikit dari hotel tempat saya bekerja. Selain itu, akomodasi ini juga menyediakan family room. Sehubungan ibu saya nggak hapal Jakarta, kan kasihan juga kalau cuma jalan bertiga sama anak-anak. Jadilah saya mengajak serta kakak. Total berlima, otomatis kami membutuhkan family room. Lebih enak satu kamar barengan kan ya, dibandingkan memesan dua kamar. 

Bangunan depan OYO 1475 Alia Matraman Syariah

Dua hari sebelumnya, saya baru sadar kalau salah pilih hotel. Saya bekerja di Yello Hotel Manggarai tapi memesan kamar di OYO 1475 Alia Matraman Syariah. Kok saya bacanya OYO 1475 Alia Manggarai Syariah, ya? Wkwkwk … Piye iki? Begini nih kalau malas membaca dengan teliti. Sewaktu cek ke maps, jaraknya sekitar 4,8 km. Nggak jauh-jauh amat, sih, tapi kan tadinya saya pikir bisa berjalan kaki, hihihi … 

Ya sudahlah yaaa, mari kita nikmati saja.

Reservasi akomodasi ini saya lakukan melalui aplikasi OYO yang sebelumnya sudah diunduh melalui ponsel. H-1, anak-anak sudah ramai memasukkan pakaian yang mereka pilih ke dalam koper. Kami hanya membawa satu koper saja yang diisi pakaian untuk lima orang. Kan cuma semalam juga. Tapi masih membawa tas tangan yang isinya perbekalan. Ya Allah, Ibuku … nasi dan lauk pauk semuanya komplit.

Hari yang dinanti-nanti telah tiba. Hari Jumat, anak-anak belajar di sekolah sampai pukul 13.45. Sulung ada kegiatan tambahan tapi saya mintakan ijin untuk nggak ikut dulu. Khawatir sampai sana malah kemalaman. Kami berangkat ba’da Dzuhur dengan riang gembira. 

Sebenarnya kami bisa saja langsung naik transportasi online ke hotel tujuan. Berhubung ibu belum pernah naik MRT, jadilah kami memilih rute berputar. Dari Terminal Baranngsiang Bogor naik bus ke Terminal Lebak Bulus, lanjut MRT sampai Stasiun MRT Bundaran HI, baru deh naik transportasi online dari sini ke hotel. Berhubung sudah sore dan bersamaan dengan jam pulang kantor, macet di mana-mana. Ongkos transportasi online pun jauh membengkak. Nggak papa lah ya, yang penting misi ibu naik MRT sudah kesampaian.

Setibanya di hotel, kami langsung melakukan proses check in. Cukup menunjukkan KTP dan diminta meninggalkan deposit Rp 100 ribu untuk jaminan kunci. Berhubung saya kehabisan uang tunai, eh saya diperbolehkan masuk tanpa pakai deposit. Alhamdulillah …

Proses check in. Petugasnya haluuus banget ngomongnya. Kalah saya.

Fasilitas di OYO 1475 Alia Matraman Syariah

Kami mendapatkan kamar di lantai 5. Anak-anak sudah nggak sabar masuk ke dalam kamar, berebutan mau membuka kuncinya. Begitu pintu terbuka, yeay! Kamarnya luas!

Akomodasi ini menyediakan fasilitas yang lumayan lengkap. Ini beberapa fasilitas yang kami nikmati dengan nyaman:

  • Kamar tidur yang luas dengan dua tempat tidur, satu Queen Bed dan satu Single Bed. Saya, kakak, dan anak-anak menempati Queen Bed, sedangkan Single Bed untuk ibu. Tempat tidurnya sangat nyaman, linen yang lembut, dan bantal yang empuk. 
Sekali lihat, langsung menghitung dalam hati, siapa tidur di mana
  • Ruang tamu dengan sofa yang luas dan nyaman. Kami bisa duduk bercengkrama di sini. Rasanya nggak sumpek karena cuma umpel-umpelan di tempat tidur.
Bisalah bincang-bincang dari hati ke hati di sini
  • Teko pemanas air, teh, kopi, gula, lengkap dengan cangkir dan sendok tersedia. Cocok lah untuk menghangatkan tubuh karena sewaktu kami di sana, hujan turun nyaris tanpa henti.
Di luar hujan, di dalam kita ngopi
  • Toilet lengkap dengan handuk, sabun, shampoo, sikat, gigi, pasta gigi, dan body lotion. Ukuran kamar mandi nggak terlalu luas, warna dindingnya yang coklat bikin saya nggak nyaman, jarak antara shower dengan kloset terlalu dekat, jadi kalau mandi klosetnya langsung basah kuyup. Tapi nggak papa lah ya, aktivitas di kamar mandi kan cuma sebentar. 
Saya nggak suka dinding toilet warna ini, suram gitu.
  • Meja dan kursi makan. Berhubung kami rombongan, dua makan di sini, tiga lainnya di sofa, huehehe
  • Sajadah dan Al Qur’an. Mengusung konsep akomodasi syariah, selain di mana-mana tertera papan pengumuman bahwa dilarang membawa pasangan beda jenis yang tidak terikat pernikahan atau sesama jenis yang memiliki orientasi seks menyimpang, akomodasi ini juga memfasilitasi kami dengan sajadah dan Al Qur’an. MasyaAllah … Di hotel suka bingung kan pakai alas sholat apa kalau nggak bawa sendiri.
Jangan lupa sholat dan mengaji
  • Kulkas mini. Lumayan lah menyimpan buah-buahan di sini.
Baru ngeh besok paginya kalau ada kulkas di sini.
  • Kolam renang indoor. Sayangnya saya nggak ambil gambarnya karena anak-anak berenang sewaktu saya sudah berangkat kerja. Ibu dan kakak saya pun sibuk mengasuh, hahaha
  • Lokasi strategis. Akomodasi ini nggak berada di daerah elitnya Jakarta. Jauh juga dari tempat-tempat wisata Kami nggak butuh melihat gedung-gedung bertingkat atau piknik juga, sih. Hanya butuh leyeh-leyeh, santai-santai, makan-makan, dan aw aw aw … Ternyata hotel ini berseberangan dengan City Plaza Jatinegara dan cukup berjalan kaki sepanjang kurang lebih 50 meter menuju Pasar Jatinegara. Di depannya, berjejer penjual makanan enak dan murah. Makanya, pada bolak-balik jajan. Ibu saya saja belanja buah Kiwi di pasar karena murah banget.
  • Televisi. Ukurannya 32inchi saja tapi salurannya lumayan banyak, kok. Anak-anak nggak terlalu rewel sih. Lha wong tontonan mereka paling Upin Ipin lagi dan lagi.

Bikin ruang nonton sendiri

Catatan Khusus Buat OYO 1475 Alia Matraman Syariah?

Secara keseluruhan semuanya nyaman, sih. Paling curhatan kakak saya saja yang kurang puas dengan kondisi kolam renang yang terlalu kecil sehingga harus bergantian dengan tamu lain.

Jadi ya, kalau menginap di sini dan mau berenang, kita harus telepon ke resepsionis dulu untuk booking kolam renangnya. Satu keluarga diberi waktu maksimal satu jam. Nanti kalau kolam renang kosong, boleh kok balik lagi. Kolam renang dibuka mulai pukul 08.00-18.00.

Agak repot sih ya kalau begini. Kalau mau masuk lagi, kan baju sudah keburu basah. Nggak nyaman juga mengenakan baju renang basah dari kamar ke kolam renang. Ya, kaaan?

Jadi gimana? Oke Nggak Nih OYO 1475 Alia Matraman Syariah Ini?

Kamar bersih dan luas, fasilitas lengkap dan dalam kondisi baik, lokasi strategis ke pusat jajanan (ini penting banget), jadi oke nggak nih staycation di OYO 1475 Syariah ini?

Saya sih okeee …

Itu kan saya, kalau keluarga saya gimana? Apalagi ibu saya itu tipe yang ini itu dikomentari, ini itu ada kurangnya. Makanya, suka was-was kalau ajak beliau. Khawatir nggak suka gitu. Buat orangtua, saya maunya membuat mereka senyaman mungkin, dong.

Anak-anak sih nggak usah ditanya, ya. Hepi semua. Kakak saya juga sama. Apalagi dia malah senang pulang kerja hampir tengah malam, pulangnya nggak usah jauh-jauh ke Bogor, hihihi …

Yeay! Bersambung ...

Alhamdulillah … Ibu saya, eyang utinya anak-anak, suka diajak staycation di sini. Terbukti, sewaktu saya mau berangkat bekerja, beliau menyampaikan sesuatu.

“Nginepnya nggak bisa ditambah semalam lagi?”

Wokeh, Buuu … Kita nambah semalam lagi, yaaa. Jadilah, rencana check out Sabtu siang mundur ke Minggu siang. Kami semua cuma menikmati makan tidur di kamar, dong. Nggak ada yang kepengen jalan-jalan di luar karena Jakarta basah oleh guyuran hujan.

Ngobrol-ngobrol, kalau lapar, turun ke bawah lalu jalan kaki berpayungan ke pasar deh beli jajanan.

Nggak disangka, salah pilih hotelnya ternyata berbuntut nyaman.

Doa saya semoga senantiasa diberikan kesehatan dan rezeki yang berlimpah agar lain waktu bisa mengajak keluarga staycation lagi. Aamiin.

Salam,

Melina Sekarsari 

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

41 Comments

  • Uli Hartati February 11, 2020 at 4:15 pm Reply

    senang sih ya ada banyak aplikasi seperti OYO jadi bikin impian berlibur ke hotel jadi nyata. Tapi harus cek benar-benar deh soalnya gak banyak juga yang reviewnya bagus ya

    • melinase February 11, 2020 at 4:42 pm Reply

      Wah, aku beruntung banget dapat akomodasi yang nyaman. Makanya nih diulas di sini, Kak. Paling kolam renang aja sih yang kurang oke. Habis, cuma bisa satu jam. Mana puas, yaaa …

  • Nurhilmiyah February 11, 2020 at 10:25 pm Reply

    Wow happy banget bisa ngajak ibu dan kakaknya ya Mbak.. Selalu mupeng deh liat anak yg bs menyenangkan ortunya terutama ibu, huhuu… Nyaman banget kamarnya ya Mbak Melina. Apalagi anak² bisa main sepuasnya di kolam renang. Mantul deh Mbak

    • melinase February 12, 2020 at 12:21 am Reply

      Iya, Mbak. Namanya orangtua selalu senang kalau diajak keluar rumah. Pastinya mereka jenuh, ya. Sayangnya untuk saat ini nggak bisa sering-sering. Budget aku terbatas, huhuhu …

  • Maria G Soemitro February 11, 2020 at 10:44 pm Reply

    Masih bingung dengan ini :
    , kalau menginap di sini dan mau berenang, kita harus telepon ke resepsionis dulu untuk booking kolam renangnya. Satu keluarga diberi waktu maksimal satu jam. Nanti kalau kolam renang kosong, boleh kok balik lagi. Kolam renang dibuka mulai pukul 08.00-18.00.

    Jadi ga leluasa ya?

    • melinase February 12, 2020 at 12:20 am Reply

      Betul, Ambu. Kolam renangnya tuh nggak terlalu besar. Makanya, mesti gantian per keluarga. Nggak enaknya di sini. Misalnya sore kosong lalu kita boleh masuk lagi, lha kan pakaian renang udah kadung basah, ya? Apa iya mau pakai pakaian renang basah dari kamar ke kolam renang? Netes-netes atuh airnya, hehehe …

  • Yasinta Astuti February 12, 2020 at 3:20 am Reply

    Aamiin semoga sehat terus ya mbak Mel jadi bisa jalan-jalan terus bareng keluarga. Kalau staycation di Bandung sekalian kita bertemu, aku juga pecinta OYO nih soalnya di Bandung ini properti OYO banyak tinggal klik yang sesuai sama isi dompet. Harganya juga terjangkau ya mbak Mel jadi bisa sering-sering ajak keluarga

    • melinase February 12, 2020 at 7:40 am Reply

      Aamiin Ya Robbal Aalamiin … Wah, mauuu … Sekalian ajakin ke hutan yang waktu itu Teh Sintha ceritain yak, hehehe …

  • NurulRahma February 12, 2020 at 6:32 am Reply

    Baguuusss bangett! Kamarnya soo spacious. OYO ini propertinya jauuuhhh lebih kece, kalau dibandingkan pemain lainnya ya. Beneran pengin coba!

    • melinase February 12, 2020 at 7:40 am Reply

      Iya, Mbak. Tapi tetap baca-baca review dong ya sebelum reservasi. Buat jaga-jaga, gitu …

  • Dian Restu Agustina February 12, 2020 at 7:27 am Reply

    Wah ini kayak family room ya tipe kamarnya
    Pas nih uat saya sekeluarga
    Ada kolam renang pula meski harus pesen kalau mau privasy..cuss biasa staycation di 1475 Alia Matraman Syariah nanti

    • melinase February 12, 2020 at 7:39 am Reply

      Iya, Mbak. Family room-nya mantep. Kolam renang aja sih nih yang pakainya agak kurang puas.

  • Mutia Ramadhani February 12, 2020 at 8:27 am Reply

    Itu hotelnya dekat Polsek Matraman ya mba? Strategis dong lokasinya. Saya jadi ngebayangin sendiri itu persisnya di mana hotelnya karena dulu sering wara-wiri depan sana pakai transjakarta. Udah bagus banget berarti ya karena direnovasi dan dikelola oleh OYO.

    • melinase February 12, 2020 at 3:43 pm Reply

      Sebelahan, Mbak. Wah, sudah tahu lokasinya berarti. Cuzzz cobain aja. Hotelnya sih seperti bangunan lama, ya. Tapi fasilitas kamarnya meskipun jadul juga, nyaman kok.

  • Naqiyyah Syam February 12, 2020 at 8:33 am Reply

    Suka banget deh kalau nginap dapat fasilitas beginian bakal seru abis nih ngajak anak-anak. Emaknya juga bisa menghilangkan penat dalam semalam bisa fresh lagi deh. Uhuy.

    • melinase February 12, 2020 at 3:42 pm Reply

      Iya ya, Mbak … Butuh ini itu sudah tersedia. Kita mah pokoknya cuma diem di kamar. Eh, bolak-balik ke pasar juga ding buat jajan, hehehe …

  • nyi Penengah Dewanti February 12, 2020 at 8:59 am Reply

    Bahagianya liburan dan plesiran bareng ya kak Melin.
    luas banget kasurnya pula OYO memang andalan

    • melinase February 12, 2020 at 3:41 pm Reply

      Iya, Mbak. Apalagi ibu suka jenuh pastinya. Aku kerja, eh beliau jagain anak-anak di rumah.

  • Siska Dwyta February 12, 2020 at 9:11 am Reply

    Hotelnya keliatannya nyaman ya, fasilitasnya juga lumayan lengkap gitu meski ada minusnya dikit. Btw enaknya zaman sekarang mau cari hotel yang recommended nggak susah ya karena udah ada OYO. Pesan hotelnya juga bisa langsung lewat aplikasi aja nih

    • melinase February 12, 2020 at 3:41 pm Reply

      Nyaman banget, Mbak. Makanya ibu minta nambah satu malam lagi, hihihi … Pesan lewat apapun, selalu perhatikan review sih ya kalau menurut aku. Suara hati kebanyakan orang biasanya akan sama dengan kita, hihihi …

  • Nanik Nara February 12, 2020 at 9:14 am Reply

    hahaha begitulah ibu kita ya, nggak mau anak cucunya kelaparan di hotel, jadi deh bekal nasi dan lauk lengkap.

    Seneng ya bisa mengajak ibu dan anak-anak untuk nginap di hotel. Jadi ingat ibu saya nih, berulangkali bilang pengen ngerasain nginap di hotel, tapi tiap saya ajak selalu bilang “sayang duitnya”

    • melinase February 12, 2020 at 3:39 pm Reply

      Beberapa kali aja sih aku ajak Ibu staycation. Senang banget beliau. Kalau sering-sering aku pun belum sanggup duitnya, hahaha …

  • Muyassaroh February 12, 2020 at 9:42 am Reply

    Harus booking dulu yaa mbak kolamnya.. Agak merepotkan memang kalau mesti basah-basahan dari kamar ke kolamnya lagi.. BTW sy juga nggak suka dinding kamar mandi seperti itu.. Bikin sunyi senyap hihi

    • melinase February 12, 2020 at 3:39 pm Reply

      Iya, Mbak. Nah kan, sehati kita. Kalau nginep mungkin better di weekdays ya, ehhh tapi kerja ding, hahaha …

  • andyhardiyanti February 12, 2020 at 12:09 pm Reply

    Asyik yaa mbak. Kamarnya nyama, tempat tidurnya besar, fasilitasnya lengkap, dan harganya terjangkau. Met staycation mbak.

    • melinase February 12, 2020 at 3:38 pm Reply

      Iya, Mbak. Kamar terlalu kecil kalau diisi banyak orang jadi sumpek, ya. Alhamdulillah, family room di sini okeee …

  • innaistantina February 12, 2020 at 2:17 pm Reply

    Wah asik nih staycation disini, lumayan sehari dua hari gak mikir beberes rumah, wkwkwk. Nice info mbaaa, makasi sharingnya

    • melinase February 12, 2020 at 3:36 pm Reply

      Hi, Mbak … Sama-sama. Iya sih nggak beberes, tapi bawa baju kotor lho, wkwkwk …

  • Nia K. Haryanto February 13, 2020 at 3:12 am Reply

    Wuih kamarnya luas dan nyaman ya. Untuk ukuran hotel budget sih, ini udah keren. Kalo buat travelers, apalagi backpacker travelers, ini keren.

    • melinase February 13, 2020 at 3:33 am Reply

      Betul, Mbak. Ternyata OYO Hotels punya kamar seluas ini. Heran juga aku, hihihihi …

  • Tati Hidayat February 13, 2020 at 6:54 am Reply

    Wahhh hotelnya lengkapnya ada ruang tamu segala luas banget, OYO pasti murah ya nginap permalamnya.

    • melinase February 15, 2020 at 5:58 am Reply

      Iya, Mbak. Sangat terjangkau untuk ukuran family room seluas ini. Kan jadi senang ajak Ibu tanpa harus sempit-sempitan, hihihi …

  • Akarui Cha February 15, 2020 at 9:14 am Reply

    Salah pilih hotel tapi berbuntut menyenangkan ya Mba.

    Yah, kalau kolam renang harus gantian begitu, biasanya saya mengundurkan diri dari niat untuk main air, jadi bakalan memilih untuk eksplor sekitar saja.

    • melinase February 15, 2020 at 9:54 am Reply

      Betul, Mbak. Makanya, sewaktu aku tinggal kerja, anak-anak cuma main satu jam aja. Sisanya mereka jalan dan jajan di pasar, hahaha …

  • Ipeh February 15, 2020 at 11:22 pm Reply

    Sejak ada OYO sekarang lebih enak kalau nyari tempat untuk staycation yang harganya terjangkau. Terus fasilitasnya yang sesuai sama selera dsn kebutuhan ya. Tapi aku belum pernah nih nginep di tempat syariah gini

    • melinase February 16, 2020 at 12:55 am Reply

      Iya, enak nih ada OYO. Semakin beragam pilihan hotel yang bisa kita pilih.

      Menginap di akomodasi syariah sih sama saja. Cuma kalau aku perhatikan, kebanyakan tamu adalah keluarga dengan anak-anak gitu, ya.

  • Ime February 24, 2020 at 2:25 pm Reply

    Enak banget mba, dpt oyo yg lengkap isinya…semoga aku pesen oyo bisa senyaman mbaknya.

    • melinase February 24, 2020 at 4:14 pm Reply

      Iya nih, lucky sekali … Baca-baca review dan sesuaikan dengan kebutuhan aja, yaaa …

  • Ungkapkan Cinta pada yang Tercinta dengan Hadiah Istimewa - Melina Sekarsari February 24, 2020 at 5:16 pm Reply

    […] ternyata pengalaman staycation bareng OYO beberapa waktu lalu sangat berkesan buat mereka. Sampai diingetin buat pilih OYO lagi, lho. Nggak […]

  • misdar murni February 25, 2020 at 1:50 pm Reply

    kalau dulu identiknya hotel murah itu ya hotel kelas melati dengan kamar mandi bersama ternyata sekarang murah bukan berati murahan ya mba

    • melinase February 25, 2020 at 2:13 pm Reply

      Betul banget, Mbak. Akomodasi di OYO Hotels harganya terjangkau. Jauuuh dari kata murahan. Makanya aku cinta.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.