Ungkapkan Cinta pada yang Tercinta dengan Hadiah Istimewa

“Terima kasih, Mama. Mama baaaaik sebumi.”

“Terima kasih, Mama. Aku saaayang Mama.”

“Terima kasih, Mama. Mama paaaling cantik seperti bunga sakura.”

Surat cinta dari Nona Kecil sewaktu kemping beberapa hari lalu.

Kedengerannya lebay, tapi begitulah putri bungsu yang sering saya panggil dengan Nona Kecil itu, terbiasa mengekspresikan perasaannya. Perhatian atau bantuan kecil yang diberikan kepadanya, pasti akan kembali dengan kalimat-kalimat bernada ungkapan cinta yang selalu berhasil membuat perasaan siapapun melambung. Yaaa, bagi orang yang nggak sensitif, minimal nyengir atau tepok dahi, deh.

Orangtua memang menjadi contoh sejati bagi anak-anaknya. Kalau sekarang Nona Kecil begitu, mungkin mengadopsi gaya saya yang mudah sekali bilang sayang, ya. Sejak kapan saya begitu, sepertinya setelah punya anak-anak saja. Buat saya itu penting. Anak-anak harus tahu kalau orangtuanya mencintai mereka sepenuh jiwa. 

Sebenarnya ini adalah cara saya memberikan apa yang orangtua saya nggak memberikan ke anak-anaknya dulu. Tentu saja, nggak pernah mengekspresikan perasaan cinta, bukan berarti nggak cinta dong, ya. Bagaimanapun, cara setiap orang menyampaikan pesan atau ungkapan perasaan akan selalu berbeda-beda. Yah, namanya juga beda kepala.

Saya masuk barisan orangtua yang suka mengungkapkan dan mengekspresikan perasaan cinta deh pokoknya. 

Ungkapkan Cinta pada Anak-Anak dengan Hadiah

Selain kata-kata, ungkapan cinta juga bisa diekspresikan lewat hadiah. Anak-anak di rumah sih, saya sudah hapal banget, jenis hadiah yang mereka suka. Sulung bakal tersenyum sepanjang hari kalau dibelikan hewan peliharaan baru. Dia sedang ngefans berat sama ikan hias dan kura-kura. Kalau Nona Kecil yang suka bebikinan itu, bakal hepi kemudian anteng kalau dibelikan kertas lipat warna-warni, glitter, cat air, stik es krim, apapun yang memungkinkan dia untuk berkreasi.

Tapi, di momen khusus, saya kepengen juga dong mengekspresikan perasaan cinta lewat hadiah yang berbeda. 

Jadi ingat saat liburan panjang Desember lalu dan kami nggak pergi kemana-mana. Waktu itu anak-anak memang minta diajak berlibur. Selain karena bosan di rumah, rupanya mereka juga terbayang-bayang kisah seru teman-teman di kelas yang sudah berencana mau liburan ke luar kota atau luar negeri. Wadaw, emaknya auto ngecek  jadwal pekerjaan plus isi rekening.

Staycation di OYO 1475 Alia Matraman Syariah bareng keluarga

“Aku juga mau kok liburan nginep di mana gitu. Nggak jalan-jalan nggak papa.”

Huhuhu … Terharu euy. 

Maka, sewaktu ada kesempatan menginap di salah satu akomodasi, nggak pikir panjang deh buat ajak mereka. Staycation dua malam, tapi hepinya terus terbawa sampai pulang.

Tapi, saya mau meniatkan diri juga nih untuk menabung sedikit demi sedikit agar bisa membawa anak-anak pergi liburan lagi. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa hal, belajar dari pengalaman berlibur sebelumnya yang agak disisipi drama.

Ini dia beberapa karakteristik tempat liburan yang nantinya akan saya pilih:

  1. Lokasi cukup terjangkau dari kota tempat tinggal kami di Bogor. Mau pergi berlibur di musim liburan atau curi-curi kesempatan saat waktu bersekolah, mengingat saya bekerja dan mengelola usaha bersama teman-teman, nggak bijak rasanya kalau pergi berlibur terlalu lama. 
  2. Terjangkau dengan akses transportasi umum. Sejauh ini kami masih memanfaatkan akses transportasi umum untuk bepergian kemana-mana, termasuk liburan. Agar anggaran bisa ditekan, saya harus mempertimbangkan kota tujuan berlibur yang memungkinkan untuk menggunakan akses bus atau kereta api. Perjalanan domestik menggunakan pesawat rasanya belum pas deh saat ini.
  3. Daerah berhawa sejuk. Belajar dari pengalaman lalu saat anak-anak saat nggak nyaman di kota berhawa panas, saya mau ajak mereka berlibur di daerah yang berhawa sejuk. Bagaimanapun, kalau anak-anak senang, pasti pengalaman liburan akan terasa lebih menyenangkan. Bagaimana mau menjadikan liburan sebagai hadiah cinta kalau orang-orang tercinta nggak menikmati, ya kan?
  4. Akomodasi yang nyaman. Buat anak-anak, akomodasi mewah mungkin nggak akan terlalu terasa bagi mereka. Tapi akomodasi nyaman, tentunya akan sangat meninggalkan kesan. Selesai jalan-jalan, capek, tiduran di kamar dengan kasur yang empuk, linen bersih dan harum, serta udara sejuk, rasanya cukup buat mereka.
  5. Dekat dengan pusat kuliner. Anak-anak akan mudah rewel kalau mereka lapar atau butuh cemilan. Jangankan anak-anak, saya pun begitu.

Rencana Liburan ke Garut, Ada OYO Nggak, Ya?

Saya punya beberapa teman yang tinggal di Garut. Entah, sudah berapa kali ajakan liburan di sana yang belum bisa saya iyakan karena satu dan lain hal. Mungkin yang mengajak pun sampai bosan, hahaha

Tapi jauh di dalam hati, saya tuh betul-betul ingin merasakan liburan di kota ini. Saat akan melakukan sesuatu, terlebih untuk hal-hal yang terkait kebutuhan bersama, saya selalu diskusi bareng anak-anak. Sebelumnya anak-anak nggak pernah mengenal Garut karena memang kami nggak punya kerabat yang tinggal di sana. Maka, saya tunjukkan informasi mengenai kota ini dan kegiatan menarik apa saja yang bisa kami lakukan di sana.

Siapapun tahu, budget liburan itu seringkali membengkak. Makanya, daripada bawa uang yang mepet banget, mendingan ditunda deh. Kalau pergi sendirian sih saya santai banget. Istilahnya, mau nggembel juga berani. Tapi kalau bawa anak-anak apalagi ada orangtua, haduh … nggak mau ambil resiko, deh. Mesti ditimbang-timbang banget kenyamanannya. 

Mulailah saya berpikir dan berdoa agar bisa menemukan Hotel Murah di Garut. Sambil dag dig dug jeder, ada nggak ya kira-kira? Eh, tak dinyana, anak-anak malah jadi dewa penolong dengan celetukan polosnya.

“Nanti nginepnya di OYO lagi ya, Ma.”

“Kenapa gitu mau di OYO?” tanya saya penasaran.

“Enaaak, nyaman, bersih, kamarnya luas, tidur aku puleees ….”

Wah, ternyata pengalaman staycation bareng OYO beberapa waktu lalu sangat berkesan buat mereka. Sampai diingetin buat pilih OYO lagi, lho. Nggak nyangka, anak-anak love banget sama OYO.

Lokasi OYO 900 Villa Buleud yang cukup dekat ke Terminal Guntur, Garut. Strategis lah, yaaa ...

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuka aplikasi OYO dan mencari akomodasi pilihan di Garut. Semoga ada, ya? Hmmm, tapi saya yakin sih ada. OYO Hotel ini kan jaringannya luas banget se-Indonesia.

Tuh kan betul, di Garut ada banyak sekali pilihan akomodasi OYO. Pilah-pilih, pilah-pilih, hati saya jatuh cinta sama OYO 900 Villa Buleud yang berlokasi di Tarogong Kaler, Garut. Soalnya menyediakan family room dan twin bed dengan kapasitas minimal empat (4) orang. Saya memang sengaja mencari yang seperti ini. Siapa tahu, ibu saya mau ikut staycation juga seperti waktu itu. Tentunya lebih nyaman kalau saya sudah menyiapkan diri dengan mereservasi kamar yang nyaman.

Akomodasi ini jauh lebih dekat dengan Terminal Guntur dibandingkan stasiun-stasiun lainnya di Garut. Jadi, untuk transportasinya saya bisa menggunakan bus Bogor-Garut. Lebih memudahkan juga, sih. Saya nggak perlu ke Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Gambir dulu. Saya cek, cukup banyak jadwal perjalanan bus Bogor-Garut dari Terminal Baranansiang, Bogor.

Gimana, OYO 900 Villa Buleud ini terlihat nyaman dan, kan? Bersih dan lokasinya berada di tepi sawah pula. Whoaaa, sudah terbayang deh gimana rasanya bobo-bobo pulas di sini. Jangan-jangan, bangun pagi, belum mandi, anak-anak sudah ramai nih ajak jalan-jalan di pematang sawah.

Selain itu, OYO 900 Villa Buleud ini memperoleh rating 4.6 dari 5.0. Excellent!

Nah, sudah menemukan akomodasi yang pas di hati, saatnya mencari destinasi wisata yang lokasinya terjangkau dari sini. Saya mau liburan kami menyenangkan tapi nggak ribet. Jangan sampai deh ya, 

Apa Sih yang Akan Kami Lakukan Selama di Garut?

Sehubungan jadwal staycation kami yang kemungkinan besar nggak akan lama, ada baiknya saya mengatur itinerary. Mungkin saya nggak akan sedisiplin itu mengikutinya. Tapi paling nggak, ada gambaran apa saja yang bisa dilakukan di sekitar akomodasi, jalan-jalannya kemana, kalau lapar mesti kemana. Yang sudah-sudah, itinerary kami belok kanan kiri karena beberapa faktor. Hujan, anak sakit, wah … sedih deh waktu itu.

Yuk, mari kita klasifikasikan dulu poin-poin utamanya.

Transportasi dari kota asal, sesuai rencana, kami mau naik bus Bogor-Garut. Kalau memungkinkan, mau pilih perjalanan paling pagi pukul 05.00. Jadi, kira-kira waktu makan siang lebih sedikit sudah sampai di Garut. Jarak dari Terminal Guntur ke OYO 900 Villa Buleud cuma 5,4 km saja. Simpan barang bawaan, cari tempat makan, deh. Kabar baiknya, ada banyak area kuliner yang jaraknya cukup dekat dari sini. Asyik! 

Berhubung kami semua penyuka wisata budaya dan alam, plus anak-anak yang tentunya suka banget nyemplung ke air, pilihan tempat wisatanya sepertinya sudah cocok, ya. Candi Cangkuang dan Rumah Adat Kampung Pulo merupakan salah satu warisan cagar budaya di Garut. Nah, biar anak-anak sekalian belajar sejarah tuh. Pilihan Darajat Pass dan Kawah Talaga Bodas karena memang kami semua suka wisata alam yang masih alami. Nggak pakai difasilitasi dengan media apapun biar instagrammable gitu. Anak-anak bisa berenang main air di Darajat Pass.

Saya sengaja memasukkan kebun mawar juga karena Nona Kecil tuh sukaaa sekali mengibaratkan orang-orang tersayangnya seperti bunga. Tapi yang disebut bunga sakura melulu. Biar tahu kan, macam-macam koleksi bunga tuh ada apa saja. 

Nggak perlu terlalu banyak tujuan, sih. Yang penting bisa berlibur dengan santai. Kalau terlalu banyak tujuan, nanti malah stress sebentar-sebentar lihat jam. Belum lagi di badan pun capek. Nggak sempat ngobrol, cerita-cerita, dan saling mengungkapkan rasa cinta, eaaa …

Salah satu tujuan berlibur kan memperkuat bonding antar anggota keluarga, yaaa … Kalau tujuan wisata secukupnya saja, di malam hari, kami bisa rebahan di kamar nyamannya OYO sambil peluk-pelukan sekalian mendengarkan cerita seru mereka hari itu. Ini momen yang indah banget. 

Ungkapkan Perasaan Cintamu!

Ungkapan cinta kepada anak-anak akan saya berikan dalam bentuk hadiah liburan bersama OYO. Kalau bukti cinta kami ke OYO Hotels, selain tetap setia staycation bareng OYO, ada video cinta seru nih buat OYO.

Kamu wajib nonton, yaaa …

Bagaimana dengan kamu?

Pasti sama juga, punya perasaan cinta kepada keluarga, kan? Jangan pendam perasaan cinta kepada orang-orang tersayang. Ungkapkan, dong.

Begitu juga buat kamu yang cinta OYO, yuk ungkapkan dan ikut serta dalam blog competition love OYO. 

Salam,

Melina Sekarsari

~Tulisan ini diikutsertakan dalam Love Oyo Blog Competition~

About

Mom of two kids, living within good books and extraordinary people

36 Comments

  • Icha Marina Elliza February 24, 2020 at 7:31 pm Reply

    Kak Me, si sulung sama si nomer 2 ku pun begitu kak.. suka sekali ngasih surat cinta..

    Aku pun punya rencana staycation bareng krucil, tinggal eksekusi aja uang belum, hihi rencananya sudah matang nih.. tinggal pilih oyo nya aja..

    • melinase February 24, 2020 at 8:46 pm Reply

      Asyik … Rasanya deg-degan gitu nggak sih waktu buka amplopnya? Hahaha …

      Semoga kita dimudahkan ya untuk membahagiakan keluarga kita dengan staycation di OYO.

  • Wiwid Vidiannarti February 24, 2020 at 7:48 pm Reply

    Aku juga tipe orang tua yang mudah mengekpresikan perasaan, berlatar belakang sana kayak mbak Mel. Hampir nggak pernah dapat ungkapan cinta dari ortu dulu hihihi tapi sekarang beliu udah ikutan lebay hahaha
    Btw, aku juga suka nginep di Oyo Hotels, mbak. Hemat.

    • melinase February 24, 2020 at 8:43 pm Reply

      Kita generasi keharusan ungkapan cinta ya, Kak Wid … Hahaha … Tapi buatku cinta terutama sama keluarga mah harus diungkapkan.

      Suka OYO juga yaaa? Aku pun cinta sama OYO.

  • muna February 24, 2020 at 8:29 pm Reply

    Aku juga love oyo,
    Semenjak ada oyo tuh, kok jadi suka staycation yak
    Mungkin karena harga yg ekonomis ya mbak hehe

    • melinase February 24, 2020 at 8:42 pm Reply

      Harga ekonomis tapi nggak murahan. Mereka tetap memperhatikan fasilitas lengkap buat kenyamanan tamu.

  • Nurul Fitri Fatkhani February 24, 2020 at 10:18 pm Reply

    Hotel OYO yang ada di Garut keliatannya nyaman sekali ya..
    Fasilitasnya juga lengkap. Bakalan betah lama-lama di sana, deh!

    • melinase February 25, 2020 at 3:16 am Reply

      Iya, Teh. Semoga diluaskan rezekinya nih biar bisa kesana betulan. Doakan ya, Teh …

  • Helen fetrianj February 25, 2020 at 7:33 am Reply

    He he he liat kalimat awal ungkapan anak-anak keren ya mbak. Quality time nya seru banget. OYO bikin quality time keluarga makin oke.

    • melinase February 25, 2020 at 7:35 am Reply

      Keren bin hiperbola ya, Mbak … Hahaha … Iya nih, suka deh staycation di OYO.

  • Steffi Budi Fauziah February 25, 2020 at 8:44 am Reply

    Wah seru liburannya. Ada rencana mau jelajah ke garut juga. Kebetulan banget ini. Mau ijin catet tempat nginep dan jalan2nya ya mba. Sebelumnya pernah nginep di OYO jg, jadi penasaran mau coba di OYO garut hehe

    • melinase February 25, 2020 at 10:05 am Reply

      Yuk ah, jangan-jangan di sana malah kita satu penginapan tuh. Aku cek-cek ah nanti ada nama Steffi atau nggak, hahaha …

      Cuzzz dicatat. Masih banyak banget tapi tahu diri deh paling liburannya sebentar doang, hehehe …

  • Dian Restu Agustina February 25, 2020 at 9:22 am Reply

    Wah wishlist nih ke Garut. Kalau ada family room begini idaman banget nih. Pas buat sekeluargaku. Dan OYO memang jadi jujgan kalau soal penginapan. Failitas bagus, harga terjangkau. Cocok buat hadiah istimewa untuk yang tercinta

    • melinase February 25, 2020 at 10:04 am Reply

      Wah, kalau ketemu Mbak Dian piknik di Garut pasti aku auto minta foto bareng, wkwkwk …

      Iya, Mbak. Makanya nih kami cinta sama OYO, yeay!

  • Mutia Ramadhani February 25, 2020 at 10:31 am Reply

    Duh, surat cinta dari si kecil sungguh bikin emak klepek-klepek ini. Hahaha. Selalu bahagia jika bisa liburan bersama keluarga ya Mba Mel. Semua disempurnakan oleh OYO.

    • melinase February 25, 2020 at 10:40 am Reply

      Iyaaa … Jadi auto peluk-peluk nggak mau lepasin kan, tuh.

      Betul, Mbak. Liburan bareng OYO selalu menyenangkan.

  • Devi February 25, 2020 at 4:39 pm Reply

    Pentingnya liburan untuk anak-anak kita ya mbak. Seneng deh liat ekspresinya mereka. Untung sekarang ada OYO yang bisa jadi solusi penginapan hemat. Jadi bisa milih yang sesuai kantong.

    • melinase February 25, 2020 at 4:43 pm Reply

      Iya, Mbak. Apalagi sering ditinggal kerja. Kelihatan happy ya? Hahaha …

      Makanya, kami jadi cinta sama OYO. Memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan.

  • Baiq Rosmala February 25, 2020 at 4:50 pm Reply

    OYO emang keren ya mba, harga terjangkau, fasilitas lengkap dan ada dimana-mana. Seneng deh lihat anak-anak bahagia diajak liburan

    • melinase February 25, 2020 at 5:53 pm Reply

      Kebahagiaan anak pasti jadi kebahagiaan orangtua ya, Mbak. Liburan keluar kota tuh pasti itung-itungan sama biaya akomodasi. Alhamdulillah, ada OYO.

  • Mugniar February 25, 2020 at 5:25 pm Reply

    Jadi, si nona kecil sudah mengganti analogi bunga sakura menjadi bunga Mawar, ya, Mbak? ??

    • melinase February 25, 2020 at 5:52 pm Reply

      Hahaha … Jangan-jangan diganti jadi bung sepatu malahan, Mbak.

  • Bambang Irwanto February 26, 2020 at 2:27 pm Reply

    Kemarin teman saya yang tinggal di palembang juga ke Garut, Mbak Melina. Wah, jadi pengin ke sana. selama ini taunya hanya dodol garut hehehe.
    Dan sekarang jalan-jalan makin menyenangkan ya, Mbak. Tinggal nginap di OYO saja, pas di hati dan kantong hahaha.

    • melinase February 26, 2020 at 2:42 pm Reply

      Nah kan, yang di Kebumen nggak ngikut ke Garut, tuh? Hahaha … Garut tuh banyak banget destinasi wisata gunung maupun pantai. Dua minggu puas kali yaaa … Wkwkwk …

      Iya, sekarang kalau keluar kota nginepnya di OYO aja.

  • Uut fauziah February 26, 2020 at 5:58 pm Reply

    Enak ya sekrang oyo memudahkan kita minep bersama keluarga har dikantong ,kalau jalan jalan g takut minep dimana iya kan ada oyo

  • donasaurus February 26, 2020 at 8:40 pm Reply

    Aih anak – anak Mbak mel lucu – lucu banget deh, udah pinter nulis surat.Keliatanya mengikutin bakat mamanya bikin blog. Sekarang staycation bareng keluarga lebih asyik karena nginep di OYO

    • melinase February 26, 2020 at 8:45 pm Reply

      MasyaAllah … Tulisannya masih acak-acakan, Kak. Tapi anak bungsu memang suka bikin cerita. Doain ya bisa jadi penulis beneran.

      Hadiah tulis suratnya nanti staycation di OYO, yaaa …

  • Vivi February 26, 2020 at 9:06 pm Reply

    Asik nih janjalan ke Garut.
    Nginepnya pake Oyo lagi.
    Saya kapan ya janjalan lagi?

  • Nurhilmiyah February 26, 2020 at 9:51 pm Reply

    Seneng banget bs mengungkapkan cinta pada anak² ya Mbak… Dg ngasih hadiah liburan bersam OYO, makin cinta dong yaa sama OYO Hotels hehe….

    • melinase February 27, 2020 at 12:44 am Reply

      Senang bisa mencintai dan dicintai.

      Ah iya, hadiah liburan bareng OYO aja karena anak-anak juga suka.

  • Maliha February 26, 2020 at 10:14 pm Reply

    Aduh seru banget mba ceritanya staycation pake OYO, emang rekomended pake OYO ini liburan makin menyenangkan

    • melinase February 27, 2020 at 12:45 am Reply

      Seru kan, ya? Jadi pengen segera, hahaha … Betul. OYO sangat recommended buat di mana aja.

  • Annisa February 26, 2020 at 11:32 pm Reply

    Senang banget sekarang OYO ada di mana mana dan bisa nginep di tempat yang bagus dengan harga berkualitas. Lumayan nih kalau main ke Garut bisa pake OYO aja

    • melinase February 27, 2020 at 12:45 am Reply

      Betul banget. Nggak usah pusing soal fasilitas dan kenyamanan meskipun harganya terjangkau banget.

  • Mauli Fahma April 23, 2020 at 9:46 pm Reply

    Senang banget nginap di oyo hotel, fasilitas lengkap dan nyaman. Dulu saya setiap pergi liburan selalu booking oyo hotel

    • melinase April 26, 2020 at 10:38 pm Reply

      Aih … Jadi kangen liburan nih jadinya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.