Cara Menjaga Kesehatan Gigi; Oleh-Oleh dari Field Trip Online di ReOpening Medikids Kemang

Selalu hepi deh kalau bisa melibatkan anak-anak dalam kegiatan saya. Tentunya, pada kegiatan yang memang mereka pun bisa menikmatinya juga.

Makanya, sewaktu komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis mengadakan acara Field Trip Online di ReOpening Medikids Kemang, whoaaa … saya antuasias banget buat mendaftar. Alhamdulillah, dapat kesempatan buat mengikuti acara ini bareng mas sulung dan adik bungsu di rumah. 

 

Field Trip Online Bareng Medikids

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pas banget, siang itu, nggak ada agenda belajar melalui zoom di kelasnya anak-anak. Jadi, mereka berdua bebas deh ngikutin ibunya ini bersenang-senang bareng teman-teman di IIDN dan Medikids Kemang. Apalagi, putri bungsu saya jauh-jauh hari – sejak paket mungil dari Medikids tiba – sudah berulangkali mengajukan pertanyaan yang sama.

“Kapan sih aku bisa ketemu dokter gigi online? Terus, kapan bisa pakai krayonnya?”

Jadi, kami memperoleh paket berisi masker anak bergambar Mister , satu kotak krayon, dan beberapa lembar gambar gigi untuk diwarnai.

Sempat senam bersama dulu, loh ...
Mewarnai masker kain

Anak-anak memang sudah beberapa kali dibawa bertemu dokter gigi. Waktu itu, untuk keperluan mencabut gigi yang sudah bergoyang atau menambal gigi yang berlubang. Tapi, di masa pandemi begini, lumayan susah juga sih mau bertemu dokter gigi. Informasinya, dari PDGI, satu dokter gigi hanya boleh menerima maksimal tiga pasien saja per hari.

Duh, duh, duh … Repot juga. Sekarang sih gigi anak-anak baik-baik saja. Tapi apa iya, untuk konsultasi pun sulit? Apalagi, nggak mudah juga menemukan dokter gigi yang pas banget di hati anak-anak.

Ngobrol Kesehatan Gigi Bareng drg. Saskia

Di acara ini, kami dan anak-anak ngobrol banyak sama drg. Zaskia yang cantik dan ramah banget. Beliau memberitahu anak-anak kebiasaan baik yang harus dilakukan selama pandemi COVID-19 ini, di antaranya:

1. Rajin mencuci tangan dengan sabun

2. Berjaga jarak dengan orang lain

3. Mengenakan masker saat keluar rumah

4. Istirahat yang cukup

5. Membawa hand sanitizer saat keluar rumah

6. Makan makanan bergizi

7. Usahakan tetap di rumah apabila tidak ada keperluan penting

drg. Saskia (Sumber: IIDN)

Bagian yang paling membuat mata anak-anak nggak berpaling dari layar adalah saat drg. Saskia menyampaikan penjelasan tentang lapisan gigi, terutama proses pembentukan lubang di gigi. 

Lubang pada gigi dimulai pada lapisan terluar gigi (enamel). Jika tidak segera dilakukan tindakan, maka lubang akan terus bergeser ke bagian dentin, terus ke arah pulpa gigi. Di bagian inilah, lubang pada gigi bisa menyebabkan sakit yang teramat sangat. Bagian pipi jadi membengkak. Apalagi kalau lubang mengenai syaraf gigi, rasa sakitnya sulit banget diungkapkan lewat kata-kata. 

Saya sudah pernah, sih, dan jangaaan sampai anak-anak merasakan juga. Berkali-kali saya bilang itu ke anak-anak. Mereka lihat sendiri gimana saya uring-uringan saat itu. Makanya, penjelasan drg. Saskia ini betul-betul mereka simak. Apalagi, drg. Saskia juga memberikan penjelasan faktor-faktor yang membuat terbentuknya lubang pada gigi.

Ini yang menyebabkan terbentuknya lubang pada gigi (Sumber: MedikidsXIIDN)

Belajar bareng drg. Saskia begini membuat anak-anak jadi sadar buat nggak terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis. Atau, selesai mengonsumsi makanan atau minuman manis, buru-buru menggosok gigi deh, ya. Seperti guru, kadang anak-anak tuh suka nggak percaya kalau bukan langsung dari ahlinya. Seperti urusan gigi juga, nih. Baru percaya deh kalau drg. Saskia yang bicara.

Membahas menggosok gigi, anak-anak juga belajar cara menggosok gigi yang baik dan benar bareng drg. Saskia. Sambil belajar, mereka malah ribut sendiri, “Aku udah tahu, nih. Gosok giginya kan pertama memang berputar-putar gini.”

Senangnya, anak-anak menikmati banget kegiatan ini. 

Medikids Kemang

Sebenarnya, apa sih Medikids Kemang itu? Klinik gigi anak?

Jadi, Medikids Kemang merupakan salah satu cabang dari MHDC Group (Mulia Dental & Healthcare) yang berada di kawasan Jakarta Selatan. Didirikan pada tahun 2017, Medikids Kemang menawarkan pilihan cerdas untuk para orangtua dalam memilih klinik gigi di sekitar Kemang. 

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, nggak mudah loh menemukan dokter gigi yang ramah anak. Kadang, anak-anak bukan hanya takut melihat peralatannya saja, tapi juga rasa tidak nyaman karena harus terus-menerus membuka mulut saat gigi tengah dibersihkan. Ini juga bisa membuat anak jadi rewel, loh. 

Nah, Medikids Kemang menyediakan tenaga medis yang profesional dan ramah serta layanan edukasi kepada anak yang tentunya menjadi privilege tersendiri bagi pengunjung. 

Medikids Kemang (Sumber: Website Resmi Medikids Kemang)

Medikids Kemang merupakan one stop clinic yang menyediakan layanan kesehatan gigi, kesehatan umum, dan vaksin. Didukung oleh tim dokter gigi spesialis anak dan dewasa, dokter umum, dan vaksinasi.

Seperti yang saya idam-idamkan, Medikids menyediakan layanan kesehatan fisik dan mental yang prima serta ramah anak. Baru jalan-jalan secara virtual aja, wah anak-anak sudah nggak sabar ingin berkunjung ke Medikids Kemang ini. Coba aja perhatikan, gimana nyamannya suasana di sini. Interiornya didesain dengan suasana yang playful, unik, dan nyaman.

Anak-anak seperti tengah bertualang di berbagai negara di dunia saat memasuki ruangan-ruangannya. Ada Africa Safari Dental Room, Paris Dental Room, Japan Dental Room, Turkey Dental Room, America General Room, dan London Play Hospital. 

Mengusung tema Around the World dan dilengkapi dengan fasilitas London Play Hospital, anak-anak juga bisa loh merasakan keseruan menjadi dokter gigi dan tenaga medis lainnya. Wah, mana nih suaranya anak-anak yang katanya takut jarum suntik? Bisa tiba-tiba kepengen jadi dokter, nih!

Oya, salah satu hal yang membuat orang-orang enggan berada di layanan kesehatan adalah harus antri panjang. Duh, menghabiskan waktu banget ini, sih. Di Medikids Kemang, kita bisa antisipasi ini dengan melakukan reservasi sebelumnya. Bebas dari berlama-lama menunggu, deh.

Reusable Bag dari Medikids yang Memikat

Anak-anak senang sekali loh mengikuti Field Trip Online bersama Medikids Kemang ini. Selain mendapatkan masker kain dengan bahan yang lembut dan boleh diwarnai sesuai warna kesukaan, krayon, sikat gigi, dan pasta gigi, kami juga memperoleh reusable bag yang keren banget. 

Ini sih putri bungsu yang hepi banget. Di kota kami kan memang sudah nggak menyediakan kantong plastik saat berbelanja, jadi memang harus menyiapkan kantong sendiri dari rumah. Asyiknya, reusable bag dari Medikids Kemang ini bisa dilipat kecil hingga menyerupai dompet tipis.

Tulisannya pun keren banget! 

My doctor is cooler than yours!

Iya dong, dokter-dokter di Medikids memang super cool!

Reusable bag ini kelihatannya tipis tapi dimasukkan buku-buku banyak, kuat loh. Anak bungsu saya suka banget bawa-bawa reusable bag dari Medikids ini buat main sekolah-sekolahan di rumah atau pergi berbelanja ke minimarket dekat rumah. Duh, begini resiko rumah dekat minimarket. Anak-anak jadi doyan shopping di sana.

Akhirnya, berakhir sudah jalan-jalan virtual kami mengelilingi Medikids Kemang. Puas? Belum, dong. Saya masih kepengen banget bisa mengajak anak-anak datang langsung ke Medikids Kemang. Pertama, tentu untuk berkonsultasi mengenai kesehatan gigi anak dan memberikan mereka kesempatan mengenal dunia kesehatan. Soalnya, sampai saat ini, keduanya masih minim wawasan tentang profesi di bidang kesehatan ini. Mungkin karena memang sedikit banget anggota keluarga yang bekerja di bidang ini, ya.

 

Buat kamu yang ingin merasakan layanan kesehatan anak yang profesional dan ramah anak di Medikids Kemang, berikut informasi seputar one stop clinic ini, ya. Sebaiknya kamu reservasi dulu deh, supaya terhindar dari menunggu berlama-lama di sana. 

Alamat:

Jl. Ampera Raya No. 5A, RW 8, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Telp: 021-22715917/ 0811-1895531

Instagram: https://www.instagram.com/medikidsclinic

Facebook: https://www.facebook.com/mhdcclinic

Youtube Channel: MHDC Clinic

Nggak rugi deh ikutan Field Trip Online bareng Medikids. Anak-anak makin bertambah wawasannya dan semakin sadar nih buat menjaga kesehatan gigi mereka. Saya pun jadi semakin hati-hati juga dalam mengawasi asupan harian anak-anak supaya gigi mereka tetap tumbuh sehat. 

Jadi, kapan nih datang beneran ke Medikids Kemang?

 

Salam,

Melina Sekarsari

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like