Merawat Kulit Wajah yang Mudah Berjerawat

Don’t judge a book by its cover. Penampilan bukan segalanya.”

Eits, dari sudut pandang mana dulu, nih? Memang betul, kita nggak boleh menilai orang dari penampilan luarnya saja. Tapi kalau penampilan diklaim bukan segalanya, apa iya begitu?

Pernah nggak, mengalami rasa kurang percaya diri datang ke suatu acara karena penampilan kita yang dirasa berantakan? Atau, mengeluarkan seisi lemari karena pakaian yang sudah bertebaran di atas tempat tidur rasanya nggak ada yang pas di hati? Entah karena merasa pakaian yang dimiliki nggak layak untuk dikenakan ke acara yang akan dikunjungi, atau pakaian yang ada sudah terlalu sering dikenakan. Malu, kalau nanti ada yang bisik-bisik gara-gara pakaian kita yang itu-itu lagi.

Urusan berpakaian, saya sih nggak terlalu ambil pusing. Sebagai penganut gaya minimalis, mengenakan pakaian yang itu-itu lagi sah-sah saja. Yang penting, bersih, rapi, dan nyaman dikenakan.

Tapi, urusan penampilan bisa membuat saya betul-betul nggak percaya diri kalau terkait dengan urusan kulit, terutama kulit wajah. Ya dong, kulit wajah yang bermasalah bisa memengaruhi penampilan. Pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sudah oke, eh kulit wajah kusam dan berjerawat. Oh, tidak!

Mengenali Jenis Kulit Wajah

Hasil berkonsultasi dengan salah satu dokter kulit, kulit wajah saya dinyatakan sebagai kulit wajah sensitif sehingga mudah berjerawat. Wah, nggak pernah bisa lepas dari jerawat, dong. Bukan gitu juga. Tapi sekalinya jerawat muncul, duh … saya luar biasa senewen. Rasanya campur aduk, ya nyeri, ya gatal, ya malu juga kalau dilihat orang. Betul-betul menurukan rasa percaya diri, deh.

 

Kulit wajah saya yang mudah banget berjerawat

Saya sudah sering dinasehati agar memiliki tidur malam yang berkualitas. Pokoknya nggak boleh begadang. Dulu memang saya sering memaksakan diri buat begadang karena alasan pekerjaan. Tapi sekarang nggak begadang pun, kalau menjelang dan setelah menstruasi, jerawatnya datang berduyun-duyun. Kan kesal jadinya. Lebih kesal lagi karena jerawat-jerawat itu akhirnya kempes tapi meninggalkan bekas yang susah hilang. Pokoknya, saya menyatakan perang sama yang namanya jerawat! 

Tips Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Sadar diri bahwa punya tipe kulit wajah sensitif yang mudah banget berjerawat, saya harus disiplin untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Masing-masing dari kalian mungkin punya strategi sendiri-sendiri, ya. Nah, bagi yang belum, tips berikut ini semoga bermanfaat nih. Ini dia!

1. Memiliki Tidur Malam yang Berkualitas

Katanya sih, waktu tidur ideal itu setidaknya delapan jam per hari. Waktu tidur malam saya sebenarnya nggak sampai delapan jam juga. Pergi tidur rata-rata pukul sembilan malam dan saya sudah bangun di pukul dua pagi. Kadang pukul tiga pagi deh kalau mata belum mau diajak kerjasama. Jadi, rata-rata tidur malam saya cuma 4-5 jam saja. Tapi, saya mengompensasikan waktu tidur ini di jam lain.

Tinggal di Bogor dan bekerja di Jakarta dengan memanfaatkan moda transportasi commuterline, saya memang harus berangkat pagi-pagi banget. Nah, saya memanfaatkan waktu di perjalanan dengan tidur lagi. Lumayan lah, bisa dapat satu jam. Jadi dalam sehari, waktu tidur saya antara 5-6 jam. Masih terbilang kurang tapi saya tapi waktu tidur yang ada ini bisa dibilang cukup berkualitas. Terbukti, waktu membuka mata, badan tuh terasa lebih segar.

Jadi, buat kamu yang nggak bisa tidur delapan jam sehari sekaligus, mungkin bisa membagi waktu tidur seperti saya ini, ya.

2. Minum Air Putih Minimal Delapan Gelas per Hari

Mengonsumsi air putih minimal delapan gelas per hari atau setara dengan dua liter memberi banyak manfaat untuk tubuh. Dilansir dari situs resmi Laboratorium Klinik Cito, air putih yang dikonsumsi secara ideal efektif menjaga fungsi ginjal, menghindarkan tubuh dari dehidrasi, mengurangi risiko kanker kandung kemih, memperlancar pencernaan, mengontrol kalori, dan menjaga kesehatan kulit.

Nah, buat yang mau kulitnya tetap sehat, yuk ah … jangan sampai kekurangan asupan air putih, ya. Bagi saya pribadi, kalau sampai kurang minum, efeknya terasa banget saat di kantor. Sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk, dan badan terasa pegal.

3. Mengelola Stres

Siapa sih di dunia ini yang hidupnya bebas dari masalah? Rasa-rasanya nggak ada. Berat-ringan, besar-kecil, rumit-sederhananya suatu masalah tergantung bagaimana cara kita mengelolanya. Saat terjadi masalah, segera selesaikan. Kalau kamu nggak bisa menyelesaikan sendiri, bisa meminta saran dari orang yang sesuai untuk diajak bicara.

Penyelesaian dari masalah tersebut mungkin nggak selalu sesuai ekspektasi. Tapi, penerimaan itu penting. Jadi diterima saja dulu, lalu pikirkan strategi lain supaya masalah serupa nggak terjadi di kemudian hari. Ingat, ingat! Stress itu ampuh lo menciptakan jerawat.

4. Mengganti Masker Setiap Beberapa Jam

Katanya, pandemi membuat pengeluaran untuk pembelian perlengkapan make up jadi lebih terkontrol. Jadi lebih irit, gitu. Nggak perlu pakai make up lengkap karena toh wajah kita tertutup masker.

 

Sebagai pengguna masker selama setidaknya 16 jam sehari, saya merasakan sekali justru mengenakan masker malah menimbulkan masalah lain pada kulit wajah. Dilansir dari Detik Health, mengenakan masker medis yang sama lebih dari enam jam, akan menyebabkan pori-pori masker melebar. Akibatnya, masker menjadi tidak efektif untuk menahan virus dan kuman. Itu sebabnya, saya selalu membawa masker cadangan.

Nah, karena belasan jam harus mengenakan masker inilah, masalah lain timbul. Kulit wajah terasa mudah gatal dan lelah. Kalau sudah begini, yang namanya melakukan perawatan kesehatan kulit wajah jadi suatu keharusan. Mau banget dong kulit wajah kembali rileks dan bebas dari rasa gatal akibat tumpukan kuman dan bakteri.

5. Melakukan perawatan kesehatan kulit wajah

 Kulit wajah kita akan berkurang kelembapan dan kekenyalannya mengikuti perkembangan usia. Makanya, saya betul-betul memanfaatkan serangkaian perawatan supaya kulit wajah tetap sehat. Terlebih dengan anugrah special dari Tuhan berupa jenis kulit wajah sensitif dan mudah sekali berjerawat, saya nggak bisa begitu saja mengabaikan kondisi ini.

Ada beberapa harapan saya dengan melakukan perawatan kulit ini. Pertama, sebisa mungkin mencegah jerawat tumbuh. Kedua, apabila jerawat telanjur tumbuh, jangan sampai jadi meradang dan menjadi pencetus tumbuhnya jerawat lain. Ketiga, jerawat yang sudah telanjur tumbuh kemudian mengempis, jangan sampai meninggalkan noda atau bekas pada kulit wajah.

Selain itu, melakukan perawatan kulit wajah juga menjadi bagian dari rasa bersyukur kepada Tuhan. Iya dong, sudah dianugerahi wajah cantik (uhuk), masa iya dibiarkan begitu saja.

Melakukan Perawatan Kulit Wajah yang Mudah Berjerawat

Seperti yang saya bilang tadi, suka kesal kalau jerawat terus-menerus datang. Ditambah jari saya yang suka jahil pegang-pegang gara-gara rasa gatal yang ditimbulkannya. Digaruk jadi lecet, meninggalkan rasa perih. Dipencet, menyebabkan jerawat meradang, dan nodanya susah hilang. Ditambah masalah kulit wajah yang lelah akibat seharian tertutup masker, rasanya kulit wajah harus mendapatkan haknya untuk memperoleh perawatan kesehatan.

Dari salah satu channel Youtube favorit yang membahas penggunaan produk skincare untuk kulit yang mudah berjerawat, saya mengetahui bahwa jenis kulit seperti saya ini nggak boleh menggunakan produk yang mengandung fragrance. Pernah begitu tergoda dan penasaran dengan kemasan produk yang cantik dan lucu, saya memaksakan diri menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung fragrance ini. Judulnya sih anti acne, tapi yang ada jerawat malah meradang. Begitu diaplikasikan pada kulit, memang terasa banget. Seperti tajam menusuk kulit wajah baik dari tekstur maupun aromanya. Mau nangis deh rasanya.

Berkenalan dengan Rangkaian Acne Series dari Scarlett Whitening

Beberapa kali ‘bertingkah bandel’ dan ternyata hasilnya sama-sama merugikan kulit wajah, saya mulai sangat ekstra hati-hati. Betul-betul membaca komposisi produk sebelum memutuskan membelinya. Mencoba mencari informasi, saya menemukan Scarlett Whitening. Ada dua pilihan, yaitu Brightly Series dan Acne Series.

Sebenarnya tergoda banget sih buat mencoba si Brightly Series ini. Biar kulit cerah bersinar gitu, kan? Tapi setelah mempertimbangkan dengan penuh kesadaran dan membaca manfaat rangkaian Acne Series, jadilah saya memilik rangkaian Acne Series ini.

Manfaat Rangkaian Acne Series dari Scarlett Whitening

Jadi, ini loh manfaat dari rangkaian Acne Series dari Scarlett Whitening:

  • Melembapkan dan menghidrasi kulit
  • Menyamarkan pori-pori dan garis halus pada wajah
  • Membantu meredakan peradangan jerawat dan menyembuhkan jerawat

Tuh kan, pas banget sama kebutuhannya kulit wajah saya. Tapi, gimana ya sama komposisinya? Apa aman buat kulit wajah saya yang sensitif banget ini?

Produk, Komposisi, dan Testimoni Acne Series dari Scarlett Whitening

Kenapa sih mau mencoba rangkaian produk dari Scarlett Whitening? Jawabannya, karena komposisinya yang nggak mengandung fragrance! Dari catatan terpenting ini aman, ya. Kulit wajah saya bisa terbebas dari rasa tertusuk dan hidung saya pun bebas dari aroma tajamnya. Bagaimana dengan kemasan dan komposisi lainnya? Yuk ah, saya kulik saja.

Lihat dari foto-fotonya di media sosial, mata saya sudah tertarik sama bentuk dan warna kemasan produk dari Scarlett Whitening. Begitu paketnya tiba di rumah, wah, visual saya dimanjakan banget! Saya baru menggunakan rangkaian produk ini selama dua minggu. Tapi sudah ada beberapa perkembangan baik, jadi saya coba saya review satu persatu, ya.

A. Brightening Facial Wash

Dikemas dalam botol dengan netto 100 ml. Kemasan botol selangsing tubuh saya, jadi terlihat cantik gitu. Brightening Facial Wash ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, loh.

Testimoni:

Brightening Facial Wash ini tergolong encer. Ada bintik-bintik pink kemerahan dan serpihan berwarna merah keunguan – sepertinya ini dari komposisi Rose Petals-nya, ya. Saat digosokkan, hanya mengeluarkan sedikit busa. Bagus dong karena busa sabun terlalu banyak bisa menyebabkan polusi tanah. Diaplikasikan ke wajah, memijatnya perlahan, kemudian dibilas dengan air bersih, terasa banget kesegarannya pada kulit wajah.

Sempat ada satu jerawat di dagu, dan saat saya membersihkan wajah, nggak ada rasa perih akibat terkena cairan sabunnya. Glutathione yang berfungsi mencerahkan, bekerja sedikit demi sedikit pada kulit wajah saya. Namanya juga baru dua minggu. Mungkin kalau digunakan secara rutin untuk jangka waktu yang lebih lama, tingkat kecerahan pada kulit wajah akan semakin meningkat.

Saat ini saya rutin menggunakan Brightening Facial ini saat bangun tidur, siang hari – saat tengah ngantuk-ngantuknya di kantor (biar segar lagi, hahaha …), dan malam hari setelah pulang bekerja dan sudah membersihkan wajah dengan make up remover.

B. Acne Essence Toner

Dikemas dalam botol plastik dengan netto 100 ml. Bagian atasnya menggunakan aplikasi model pump yang disertai tutup.

Komposisi dan Manfaat Acne Essence Toner
Acne Essence Toner; ada titik-titik ungunya

Testimoni:

Saya cukup menyemprotkan 2-3 kali ke atas kapas lalu menempelkannya perlahan pada kulit wajah. Rasanya segar banget, cairan toner-nya terasa masuk ke dalam pori-pori. Wajah segar seketika. Ditempelkan pada kulit yang ada jerawatnya, sama sekali nggak terasa perih. Ada rasa trecep-trecep masuk ke dalam kulit, tapi bukan rasa perih.

Jadi saat kulit sedang ada jerawat, saya nggak pakai acara parno saat mengaplikasikan toner ini ke kulit wajah. Acne Essence Toner ini juga baru saya gunakan selama dua minggu. Sehari-hari saya menggunakan Acne Essence Toner ini setelah membersihkan wajah dengan Brightening Facial Wash. Sejauh ini, sangat efektif menenangkan kulit wajah yang tengah berjerawat. Saya mau teruskan supaya hasilnya lebih optimal.

C. Acne Serum

Sama seperti serum pada umumnya, kemasannya jauh lebih kecil dibandingkan Facial Wash dan Toner. Hanya berukuran 15 ml saja. Menggunakan botol kaca dengan tutup berbentuk pipet yang digunakan untuk mengambil toner guna diaplikasikan pada kulit wajah.

Komposisi dan Manfaat Acne Serum
Saya pakai tiga tetes serum sekali pakai, di dahi, tulang pipi kanan, dan tulang pipi kiri.

D. Acne Cream Day dan Acne Cream Night

Sama seperti Acne Serum, Acne Cream Day dan Acne Cream Night ini menggunakan kemasan botol kaca yang tentunya terlihat elegan. Sebagai pembeda, ada perbedaan warna stiker pada kemasan supaya nggak tertukar saat akan menggunakan.

Testimoni:

Selesai memutar tutupnya sampai terbuka, cuping hidung saya langsung disodori aroma wangi yang segar namun lembut. Enak banget deh di hidung, sama sekali bukan aroma yang tajam. Krimnya berwarna putih dengan tekstur yang lembut. Saat diaplikasikan ke kulit wajah, terasa ringan sekali di kulit dan mudah meresap.

Sama seperti produk lainnya, saat krim diaplikasikan ke kulit wajah dan mengenai jerawat, sama sekali nggak menimbulkan rasa perih pada jerawat itu. Jadi kulitnya nggak terasa tersiksa gitu. Tiga minggu pemakaian, kulit wajah terasa sedikit lebih kenyal dan cerah. Kalau dilanjutkan lebih lama dan tetap rutin, hasilnya pasti lebih optimal, nih.

Lanjut Memakai Rangkaian Acne Series Ini atau Nggak?

Setelah tiga minggu memakai rangkaian Acne Series dari Scarlett Whitening ini, kira-kira saya akan melanjutkan nggak, ya? Sebelum dijawab, saya rangkum dulu ya perubahan kulit wajah saya sebelum dan sesudahnya.

  1. Kulit wajah menjadi lebih lembab dan cerah. Sebelumnya kulit wajah saya cenderung kering dan kusam.
  2. Biasanya jerawat yang muncul mudah sekali meradang. Merah dan besar-besar. Sekarang, jerawat yang muncul nggak sampai meradang. Beberapa hari saja, sudah mengempis, tanpa rasa gatal berlebihan.
  3. Biasanya jerawat mudah sekali muncul di berbagai tempat, mulai dari dahi, pelipis, pipi, sampai dagu. Selama memakai rangkaian Acne Series ini, jerawat di dahi sudah hilang dan nggak muncul lagi. Mudah-mudahan, seterusnya jangan muncul lagi, ya. Aamiin.

Saat ini, saya masih bermasalah dengan noda atau bekas jerawat yang dulu-dulu. Berhubung masalah kulit wajah sudah jauh berkurang, saya masih mau melanjutkan pemakaian supaya hasilnya lebih optimal. Apalagi, selama ini saya kesulitan banget menemukan produk skincare yang nggak mengandung fragrance. Sekarang sudah ketemu, cocok, ya lanjut dong.

Sebelum dan setelah pemakaian dalam tiga minggu

Tentunya pemakaian rangkaian Acne Series ini harus rutin dan penuh ketelatenan. Kalau kadang pakai kadang nggak, yakin hasilnya juga mungkin iya mungkin nggak, hehehe

Di antara kalian apa ada yang punya masalah kulit wajah yang sama dengan saya? Kalau iya, kalian bisa mencoba rangkaian Acne Series dari Scarlett Whitening ini, nih. Di mana sih belinya? Tenang, pemesanan bisa secara online saja melalui https://linktr.ee/scarlett_whitening.

Jadi, masih mau musuhan sama jerawat? Kemrungsung dan uring-uringan saat jerawat datang? Nggak lah, namanya juga kulit sensitif, kan. Jadi memang pastinya mudah jerawatan. Tinggal cara kita menangani saja saat jerawat itu datang.

Produk ini aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Tapi tetap disarankan agar berkonsultasi dengan dokter sebelum pemakaian, ya.

Salam sayang,

Melina Sekarsari

Sumber Berita:

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4881413/dokter-paru-tegaskan-penggunaan-masker-tak-boleh-lebih-dari-6-jam

3 Shares:
114 comments
  1. Sepakaatt banget, Mba
    Jerawat tuh mungkin kesannya “sepele” ya, tapiii bisa mensabotase rasa percaya diri.
    Sooo, memang kita kudu memilih perawatan kulit yg paling cocok dan mantab jiwa.

  2. Wow, efeknya nyata ya mbak! Aku juga termasuk yang mudah berjerawat nih, terutama kalau masa-masa PMS datang. Aduh, rasanya ganggu banget. Scarlett yang aku pakai cuma bodycare aja, ternyata sekarang ada facecare juga ya, jadi tertarik mencoba

  3. Ternyata jumlah jam tidur berpengaruh besar terhadap kesehatan kulit kita ya.. Dan setuju mba, kontinyuitas pemakaian memang sangat penting! Terima kasih sharingnya ya..

    1. Wah jerawatnya lngsung bisa kempes ya mba pakau acne seriesnya Scarlet jadi kepingin cobain nih secara kulit wajahku tuh selain sensitif gampang bngt buat berjerawat apalagi kalau lagi kurang istirahat

  4. jadi inget sobat deket saya pernah ngrasain ketidakpedean karena masalah kulit wajah yg sensitif dan mudah berjerawat. Semoga artikel ini aku bisa aku share ke sobatku itu

  5. Baca judulnya jadi flashback ke masa muda, jerawatan itu SMP kayaknya, ampe sekarang udah nggak lagi ha ha ha, dulu belum paham juga ya klo jerawat kaitan ke hormon, stress bisa jadi pemicu

  6. Bener Mbak. Punya kulit wajah kusam bikin nggak pede banget even yang lain mendukung tapi kalau kulit wajah nggak ya sama doang jadi emang penting banget nih rawat kulit wajah biar tetap sehat dan cantik. Btw saya juga pake skincare dari Scarlett Whitening tapi yang varian brighteningnya

  7. Kemaren saya rutin pake acne serum + scarlett facial wash dan alhamdulillah ada perubahan di kulit wajah aku. Jerawat di bagian bawah rahang membandel sebelah kiri saya hilang total, dan sebelah kanan masih ada tapi berkurang. Menurutku harus rutin dipake sih kedua scarlett ini, kalo gak pake lagi bisa kulit balik item.

      1. Waaah hasilnya nyata benar ya, mbak. Setelah 3 minggu pemakaian rutin. Btw, ini jerawatku di sebels garis hidung di di bawah mata, kayaknya karna keseringan pakai masker, berarti ya🙈🙈
        harus coba acne seriesnya nih. Terima kasih informasinya mbak

  8. Kalau wajah sudah tipenya berjerawat mau diapain saja tetap susah y mbak. Meski sudah d jaga pola hidupnya tetap saja dia akan muncul. Tapi kalau sudah ketemu jodoh skin carenya, rasa hati tenang ya mbak. Meski si jerawat muncul, bisa lgs bisa teratasi.

  9. saya pakai Scarlett Brightly Series karena wajah kusem dan banyak flek

    Alhamdulilah flek menipis

    Asyiknya, kulit terasa lembut dan kenyal, pertanda bahannya yang alami sukses memperbaiki kulit wajah

  10. Perawatan kulit bisa menunjukkan hasil bagus jika pengguna telaten melakukan, di sisi lain faktor aktifitas cukup padat maka meluangkan waktu untuk pemilihan produk perawatan kulit seperti tulisan kakak akan membantu pembaca di mana pun. Mantap

  11. Seneng banget ada skin care yg komplit ya mba. Saya juga pakai scarlett tapi utk kulit normal. Dulu sya berjerawat tapi skrng tinggal bekasnya aja. Rutin pakai scarlet juga bagian dr self love kita ya mba

  12. Aku sejujurnya sangat abai mengenai pola tidur yang baik.
    Tapi jarang mengabaikan alarm ngantuk. Karena dirumahaja, ya jadinya santai gitu.. Alhamdulillah, merawat kulit wajah menggunakan produk Scarlett face care ini sudah yang paling tepat.

  13. Rajin dan konsisten membersihkan wajah menurut saya adalah kunci penting untuk kesehatan kulit wajah. Selain tentu saja beberapa poin yang sudah disebutkan di atas. Faktor makanan (apa yang kita konsumsi) juga sepertinya mempengaruhi deh. Makanan sehat dengan sedikit minyak biasanya bisa membantu. Apalagi jika diikuti dengan konsumsi sayur dan buah yang cukup.

    Semoga dengan menggunakan SCARLETT Acne Series nya, permasalahan jerawat-jerawat menggemaskan itu segera teratasi.

    1. Kalau makanan nggak terlalu berpengaruh di aku, Mbak. Tapi jerawat, panas matahari, dan malas membersihkan wajah kalau habis pergi-pergi, nah ini mujarab banget ngundang jerawat.

      Setujuuuu… Buah dan sayuran penting banget. Jangan gorengan melulu yak, hehehe…

  14. Acne Series Scarlett emang keceeee. Dulu aku sempat share pengalaman sama. Aku kira aku doang yg merasa beneran ampuh serumnya buat mengusir jerawat dan memperbaiki kondisi kulit pascajerawat. Eh, pas lihat IG-nya Hito dan Fely ternyata testimoninya buanyakkkkk yg sama.

  15. Kalau aku nih kena efek sering pakai masker, bagian mulut dan dagu sensitif berjerawat karena lebih lembab dan tertutup 🙁 Meang ternyata kita harus rajin merawat kulit wajah rutin ya. Pakai produk SCarlett Whiteng pasti bermanfaat banget dan memudahkan kita mengatasi jerawat, komedo dll. Ada anti aging-nya lebih oke nih supaya makin bersih dan glowing kayak mbak Mel hehehe 😀

    1. Aaaa… Belum sampai tahap glowing, Teteh. Tapi masalah jerawat teratasi banget. Senang banget aku. Kalau Teh Nurul tuh, emang udah dari sananya kinclong, xixixi…

  16. Daku meski bukan jenis kulit berjerawat, kalau udah stres sama kerjaan muncul dah jerawatnya. Apalagi iya, kelupaan ganti masker penutup hidung/mulut hihi.
    Pernah pas beruntusan, pakai yang varian brightly Alhamdulillah cocok daku Kak Mel. Facial washnya juga asik, ada rose petalnya

  17. Masalah jerawat ini memang ga bisa dianggap enteng ya, bener-bener harus jadi perhatian. Segala kemungkinan penyebab harus dicari solusi. Rangkaian produk Scarlett Acne Series ini sudah banyak dibuktikan ampuh mengatasi masalah jerawat. Syukurlah kalau cocok. Btw aku baru tahu sekarang ada essence toner nya, makin lengkap produk perawatannya.

    1. Essence Toner-nya tergolong baru juga, Mbak Rina. Betuuul, judulnya jerawat, tapi efeknya banyaaak. Syukurlah, akhirnya ketemu yang cocok. Semoga aku pun telaten melakukan perawatan kulit wajah ini.

  18. Duh penasaran deh sama tonernya Scarlett, so far aku sih sama facial wash dan creamnya tapi saya pake yang seri brightly ever afternya nih mba

    1. Wah hasilnya mantul juga ya, Mbak Mel. Jerawatnya tersamarkan ni.

      Anyway memang bener ni ya, mbak. Pikiran dari pengelolaan stres yang kurang baik bisa lo menyebabkan munculnya jerawat, hmmm

  19. Produk scarlet lagi booming dimana mana, baru kemarin ke.rumah adik ipar eee dia make.scarlet juga jadi iseng cobain tapi di body lotionnya ternyataa enakk wangiii dan halus di.kulit

  20. Pas remaja dulu, kulit wajah saya termasuk yang punya ‘bakat jerawat’. Selain karena hormon, iya sih waktu itu suka begadang juga. Ga bagus emang buat kesehatan kulit.
    Sekarang masih punya bekas jerawat, sih karena emang ga ke salon khusus buat treatment. Cuma perawatan, khususnya pake serum anti acne. Iyes, perlu waktu lama dan kudu telaten.
    Eh, Scarlett punya acne series skin care rupanya. Dari review banyak teman, rata-rata cocok katanya. Sip lah yaa… Perubahan juga nampak tuh di wajah Mbak Mel 🙂

    1. Hihihi … Teman-teman juga bilang kelihatan banget perubahannya, Mbak. Sukaaa sekali pakainya. Berkali-kali ganti skincare, akhirnya menemukan jodohnya juga, hahaha …

  21. Pola makan juga perlu diperhatikan mak. Perbanyak makan sayuran dan buah setiap hari niscaya kulitnya jauh lebih sehat, kinclong bebas dari jerawat.

  22. Belum pernah pakai acne series tapi udah pernah coba sabun wajahnya Scarlett dan Alhamdulillah cocok di aku yg berminyak kombinasi 😄 bikin lembab tapi ga berminyak, love banget!

  23. Iya pengaruh banget memang mba kalau tidurnya gak berkualitas dan kurang, saya juga ngalaminnya, wajah jadi gak segar dan jerawatan di mana2 huhu sekarang perbaiki kualitas tidur gak semudah dulu

  24. Penasaran sama rangkaian facecare-nya Scarlett ini, baru nyoba yang bodycare-nya aja. Scarlett memang skincare sejuta umat 🥰

  25. Wah kebetulan nih saya lagi jerawatan. Jerawatnya di dahi besar lagi, bikin gak percaya diri kalau lagi keluar rumah. Tapi memang akhir-akhir ini tidur saya kurang berkualitas. Jadi mungkin harus diperbaiki kualitas tidurnya. Selain itu sepertinya kulit wajah saya juga butuh perawatan. Baca review ini saya jadi ingin perawatan wajah pakai produk dari Scarlett hehe…

  26. Hasilnya keliatan banget, Mbak. Lebih fresh. Aku pribadi cocok banget sama Acne Series dari Scarlett. Khususnya serumnya ya, karena produk lain aku belum coba. Jerawat cepet mateng, kemudian keluar isinya, Habis itu cepet kering terus mengelupas. Pokok asal tanganku gak gatel pengin mencet dijamin gak berbekas kalau pakek serumnya Scarlett.

  27. Wajahku juga dulu mudah banget jerawatan mbak, sampai2 takut pakai macam2 make up, biar gak tambah parah gitu. Alahamdulillah sekarang sudah mulai berkurang dan agak bersihan wajahnya. Scarlett lengkap banget ya produk perawatan wajahnya, cocok untuk segala jenis kulit kah? Karena pengalaman punya kulit wajah yang sensitif, jadi harus benar2 selektif kalau pilih perawatan untuk wajah.

  28. Sejak kembali WFO, aku jadi jerawatan mba. Hiks…mungkin karena keringat yang menempel di masker medis itu ya? Padahal aku juga selalu bawa beberapa masker untuk ganti, ternyata jadi pemicu jerawat karena kotoran mudah menempel di kulit wajah yang berkeringat. Padahal dulu saya jarang banget muncul jerawat, kecuali menjelang haid. Tapi aku belum berani pake skincare acne sih, takut malah gak cocok hehe…

  29. Sejak kembali WFO, aku jadi jerawatan mba. Hiks…mungkin karena keringat yang menempel di masker medis itu ya? Padahal aku juga selalu bawa beberapa masker untuk ganti, ternyata jadi pemicu jerawat karena kotoran mudah menempel di kulit wajah yang berkeringat. Padahal dulu saya jarang banget muncul jerawat, kecuali menjelang haid.

  30. Ternyata varian scarlett banyak ya mba. Btw ini bisa buat remaja cowok ga sih? Si sulungku mulai berjerawat nih mba. Dan aku bingung mau kasi dia perawatan apa. Apalagi krn dia cowok dan msh remaja. Kurang telaten klo banyak skali rangkaiannya. Sprtnya klo scarlett ini simple gt loh. Bisa ga ya?

  31. Rangkaian produk Scarlett emang tak ada duanya sekarang ini mbak, banyak banget yang cocok termasuk saya dan si bungsu Nabila. Mba Melina juga pas banget tuh, kelihatan perubahan kulitnya makin fresh setelah pemakaian tiga minggu. Tidak sia-sia deh pakai Scarlett.

  32. Aku tim Scarlett yang selalu suka sama produk-produk mereka yang kece dan pastinya kantong friendly banget. hehehe.. Liat hasilnya sekece itu, aku jadi makin cintaaaa… tambah ayu loh mbaa uhuui!

  33. Penampilan bukan segalanya, tapi tetep sih Kita juga engga bisa abai terhadap diri sendiri. Dari tips di atas, tidur malam sepertinya kadang kurang kalau lagi ada DL hehe, terus minum juga kalau dihitung sih engga sampai 8 gelas per hari. Ini kudu diperbaiki sih. Lihat afternya lebih fresh Dan makin cakep deh Mba Melina setelah pakai Scarlett

  34. Hai mbak Mel, kok sama ya kulitnya dengan saya yang mudah berjerawat. Saya setuju banget dengan tips yang mbak Mel tuliskan itu. Kalau sering begadang jerawat saya pasti deh muncul, dan kalau bisa menerapkan tips yang mbak Mel sebutkan itu alhamdulillah jerawat bisa dikontrol.
    Tapi saya belum pernah coba pakai scarlet, kebetulan skincare saya udah cocok, hehehe

    1. Wah, masa sih? Kayaknya kulitnya Mbak Eni mulus-mulus aja, loh. Kalau udah ada yang cocok, lanjutin aja, Mbak. Kulit sensitif begini tuh susah banget nemu yang cocok. Sekalinya ketemu, jangan deh kita main hati, eh … wkwkwk …

  35. jerawat memang suka bikin nggak pede, ya, mbak. mau itu banyak atau sedikit. aku juga kalau pas lagi ada jerawat langsung berasa jelek gitu muka. heu. untung sekarang sudah banyak ya produk perawatan untuk kulit berjerawat kayak scarlett acne series ini

  36. Perawatan wajah kini semakin lengkap menggunakan produk Scarlett face care.
    Jerawat memang bikin gak nyaman banget yaah.. Aku pun kalau mau waktunya suka BT, mood swing, jadi nyalahin jerawat deh… hehhee…

  37. Sesama penyuka pakaian minimalis (eh kalau saya memang punyanya itu-ptu saja hihi), toss dulu, Mbak.
    Iya, sih kadang memang perlu memperhatikan penampilan ya. Setidaknya jangan sampai juga orang lihat kita jadi gak nyaman sementara kitanya juga gak bisa bohong kalau sedang gak nyaman, makan perlu skin care ya.

  38. Wah iya, harusnya sulungku pake acne serum Scarlett yang ini deh, biar pas. Soalnya dia gampang jerawatan. Selama ini dia pake punyaku, yang Scarlett Brightening Serum. Tapi untungnya cocok juga. Alhamdulillah deh, akhirnya aku jadi nemu produk cocok yang harganya terjangkau. Jadinya pake gak pelit-pelit. Bisa repurchase kapan aja 😀

  39. Aku juga mudah berjerawat mba mukanya. Kayaknya aku juga sensitif deh nih. Apalagi kalo sering keluar pake masker, duh makin banyak jerawat dan gede gede pula. Pengen coba pake Scarlett tapi takut gak cocok. Hehe udah pake rangkain bodycare Scarlett sih tapi belum pernah nyoba yang facecare nya… Baca review mba Melina aku jadi pengen nyoba deh. Gimana yaaa enaknya … Hihihi

  40. Wah, baru tau kalau masker harus diganti setidaknya setelah 6 jam. Dan ternyata masker juga bisa jadi penyebab kerawat, yaa.. Saya kebetulan bukan acne fighter, tapi saya pemakai scarlett juga Mbak, yang brightly series. Bagus memang, harganya juga terjangkau banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like